Ketentuan Jatah Bagasi Lion Air Cabin dan Tercatat




Maskapai Lion Air - www.liputan6.com
Maskapai Lion Air - www.liputan6.com

Bagi Anda yang ingin bepergian menggunakan maskapai Lion Air ke luar kota atau luar negeri, jatah menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Ada ketentuan dan syarat yang harus Anda penuhi jika ingin mendapatkan jatah bagasi Lion Air dengan biaya terjangkau, bahkan gratis.

Jenis Bagasi Lion Air

Sebelumnya, ada dua jenis bagasi yang perlu Anda ketahui saat menggunakan maskapai Lion Air atau maskapai penerbangan yang lain. Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang penerbangan, ditetapkan ada dua jenis bagasi, yakni bagasi tercatat dan bagasi kabin.[1]

Bagasi kabin adalah tempat penyimpanan di dalam kabin untuk menyimpan tas kecil atau barang-barang yang tidak perlu dimasukkan ke dalam bagasi tercatat. Sementara itu, bagasi tercatat adalah tempat penyimpanan yang dipakai untuk menyimpan barang-barang penumpang di luar kabin. Barang milik penumpang yang disimpan dalam bagasi tercatat akan diangkut dengan yang sama, tetapi di bagian lain pesawat yang dikhususkan untuk menyimpan barang-barang bawaan besar seperti koper penumpang.

Setiap jenis bagasi Lion Air, entah itu bagasi tercatat atau kabin, memiliki aturannya masing-masing. Khusus bagasi kabin, Anda dilarang membawa barang-barang berat dan hidup, seperti koper, hewan peliharaan, bekal makanan dalam jumlah banyak, benda tajam, obat-obatan yang mencurigakan, dan oleh-oleh. Untuk lebih jelas mengenai ketentuan bagasi kabin Lion Air, Anda bisa melihat rincian berikut.

Jatah Bagasi Lion Air - mediaindonesia.com
Jatah Bagasi Lion Air – mediaindonesia.com

Ketentuan Jatah Bagasi Kabin Lion Air

  • Setiap penumpang, kecuali bayi diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dengan berat maksimal tujuh kg dan satu barang pribadi, seperti tas laptop/perlengkapan bayi/bahan membaca/kamera, dan tas jinjing wanita.
  • Ukuran hand carry yang boleh dibawa maksimal 40 cm x 30 cm x 20 cm.
  • Semua bentuk cairan yang dibawa tidak boleh lebih dari 100 ml.
  • Diperbolehkan membawa barang bawaan untuk diletakkan di rak (kompartemen) di atas kepala berpenutup atau di bawah kursi bagian depan.
  • Diperbolehkan membawa alat elektronik seperti smartphone, tablet, dan laptop, tetapi tidak diperbolehkan untuk dipakai selama penerbangan.
Lihat Juga:   Tarif MRT Singapore dan Cara Membeli Tiketnya

Khusus untuk bagasi tercatat, mulai tahun 2019 hingga saat ini, Lion Air menetapkan adanya jatah bagasi gratis. Ini berlaku untuk Anda yang hanya membawa barang dengan berat tidak lebih dari 15 kg. Jatah bagasi gratis ini bisa Anda pesan secara maupun langsung di . Meskipun begitu, untuk mendapatkan jatah bagasi gratis ini, Anda perlu mengetahui ketentuan dan cara mendapatkannya berikut.

Ketentuan Jatah Bagasi Gratis Lion Air

  • Jatah bagasi gratis Lion Air 15 kg berlaku khusus pemesanan awal sebelum keberangkatan (prepaid baggage) pada semua jadwal penerbangan dimestik yang dilayani pergi pulang (PP), meliputi – Batam – Jakarta dan Batam – Jakarta – Batam.
  • Pelaksanaan jatah bagasi gratis Lion Air tahun 2021 berlaku pada periode pemesanan 22 Februari 2021 hingga seterusnya.
  • Proses mendapatkan bagasi gratis 15 kg Lion Air bersamaan dengan pembelian atau pemesanan (issued ticket).
  • Secara online, Anda bisa mendapatkan bagasi gratis dengan menghubungi call center Lion Air, melalui online agent, dan mengakses www.lionair.co.id.
  • Secara offline, Anda bisa mendapatkan jatah bagasi gratis secara langsung ke kantor penjualan tiket Lion Air dan kantor agen mitra Lion Air.
  • Proses mendapatkan bagasi gratis Lion Air dilakukan maksimal enam jam sebelum keberangkatan.
  • Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air, tetapi belum mendapatkan jatah bagasi gratis, maka bisa mendapatkannya dengan mengisi atau memasukkan kode pemesanan tiket (booking ticket) pada tahap pemilihan bagasi 15 kg melalui situs resmi Lion Air.
  • Sebagai alternatif untuk mendapatkan bagasi gratis bagi Anda yang belum mendapatkannya saat memesan tiket, bisa menunjukkan kode pemesanan tiket melalui kantor penjualan Lion Air Group.
  • Saat mendapatkan jatah bagasi gratis, petugas check-in akan melakukan pengukuran bagasi untuk menentukan apakah Anda berhak atas jatah ini atau tidak.
  • Apabila barang yang Anda bawa melebihi kapasitas bagasi, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan sesuai persyaratan yang berlaku, supaya barang Anda bisa terangkut.
  • Penumpang dilarang mendaftarkan barang bawaan berbahaya dalam pesawat, di antaranya bahan peledak, magnetik, zat beracun, kompor, zat radioaktif, dan semprotan oksigen.
Lihat Juga:   Villa Kidang Kencana, Akomodasi Unik di Ciwidey Harga Reasonable

Ketika check-in di counter, pastikan tanda bagasi dan barang Anda memiliki data penerbangan dan destinasi yang tepat. Pastikan juga nomor tanda terima bagasi dan bagasi terdaftar sama.

Petugas Mengecek Barang Penumpang Pesawat - kaltim.tribunnews.com
Petugas Mengecek Barang Penumpang Pesawat – kaltim.tribunnews.com

[1] Prayuda, Hilman. 2015. Tanggung Gugat Maskapai Penerbangan terhadap Bagasi Tercatat pada Pengangkutan Udara Domestik (Studi di Bandara Internasional Lombok) (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Mataram.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan