Referensi Penginapan di Desa Tenganan, Karangasem Bali




Bali Purana Homestay - @Bali Purana Homestay
Bali Purana Homestay - @Bali Purana Homestay

Mencari penginapan di kawasan Karangasem, Bali sebenarnya tidak terlalu susah. Pasalnya, sebagai salah satu favorit, Karangasem sudah didukung dengan menginap yang berlimpah. Anda bisa menemukan akomodasi di kawasan Amed, Desa Pesedahan, atau Candidasa. Lalu, bagaimana dengan wilayah lain seperti Desa Tenganan? Sayangnya, hingga saat ini, di daerah tersebut tergolong minim.

Menjadikan Karangasem sebagai salah satu destinasi ketika berkunjung ke Pulau Dewata memang tidak salah. Berdasarkan catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karangasem, kawasan ini setidaknya memiliki tidak kurang dari 20 objek wisata, baik yang sudah berkembang maupun yang masih belum dikelola.[1] Potensi wisata Karangasem memang berlimpah, seperti Tulamben yang populer sebagai spot diving favorit atau Sibetan yang punya kebun salak sangat luas.[2][3]

Sementara, untuk mereka yang ingin lebih mengenal lebih dekat dengan budaya masyarakat Bali, bisa berkunjung ke Desa Tenganan. Ini adalah sebuah desa adat atau tradisional yang terletak di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, berjarak sekitar 10 km dari Candidasa. Merupakan salah satu dari desa Bali Aga, bentuk dan besar bangunan serta pekarangan, pengaturan letak bangunan, hingga letak pura masih dibuat dengan mengikuti aturan adat yang dipertahankan secara turun-temurun.

Sayangnya, meskipun menarik dijadikan lokasi refreshing serta menambah khazanah kebudayaan, belum banyak ditemukan tempat bermalam di Desa Tenganan. Menurut penelusuran penulis, setidaknya baru ada tiga tempat yang dapat dikategorikan sebagai penginapan, yakni Sisin Bukit, Bali Purana Homestay, dan Villa Honeymoon. Lalu, apa saja fasilitas yang ditawarkan dan berapa harga sewa kamarnya?

Lihat Juga:   Info Terbaru, Tarif Losmen dan Penginapan Murah di Kediri, Jawa Timur

Bali Purana Homestay

Penginapan ini berada di Desa Tenganan, Dauh Tukad, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Seperti bangunan di Desa Tenganan pada umumnya, Bali Purana Homestay juga mengusung arsitektur tradisional Bali yang kental, dengan material bangunan sebagian besar terbuat dari kayu dan . Selain lebih berkesan natural, saat menginap di tempat ini, wisatawan tentu akan merasakan suasana yang lebih adem dan nyaman.

Menurut ulasan sejumlah tamu, Bali Purana Homestay didesain apik sebagai sebuah penginapan, dengan fasilitas yang cukup baik. Nilai plus lainnya adalah pelayanan pengelola yang ramah dan hangat. Tidak hanya itu, ketika di sini, wisatawan juga berkesempatan mencicipi kopi luwak lokal yang cukup lezat. Jika berminat, informasi mengenai kamar atau melakukan pemesanan dapat menghubungi nomor ponsel 0831 1908 8944 atau email di nyomanpuri9412@gmail.com.

Bali Purana Homestay - @Bali Purana Homestay
Bali Purana Homestay – @Bali Purana Homestay

Villa Sisin Bukit Tenganan

Tempat inap ini juga berlokasi di Desa Tenganan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Anda jangan sampai salah alamat, karena ada properti dengan nama serupa yang berada di kawasan Ubud, yakni Sisin Ubud View Bali. Villa Sisin Bukit berlokasi tidak terlalu jauh dari Pura Batu Koek dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 menit berkendara menuju Pancoran Sapta Gangga.

Sayangnya, tidak banyak informasi yang dapat diperoleh mengenai akomodasi yang satu ini, termasuk apa saja fasilitas yang ditawarkan dan berapa harga sewa kamarnya per malam. Meski demikian, seperti properti di Desa Tenganan lainnya, Villa Sisin Bukit pun mengusung desain arsitektur tradisional yang sangat kental. Jika Anda penasaran, Anda bisa datang langsung ke lokasi penginapan yang bersangkutan.

Lihat Juga:   Villa Kusuma Pinus M41, Penginapan di Batu dengan Lanskap Menawan & Tarif Affordable

Villa Honeymoon Tenganan

Namanya penginapan ini memang demikian dan berada di Desa Tenganan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Sayangnya, seperti Villa Sisin Bukit, informasi mengenai Villa Honeymoon di Desa Tenganan ini pun dapat dikatakan masih sangat minim. Bahkan, belum ada informasi mengenai fasilitas dan harga sewa kamar yang disediakan untuk para tamu.

Namun, menurut penelusuran yang dilakukan penulis, Villa Honeymoon menawarkan pemandangan bukit dan pegunungan yang elok. Bahkan, melansir foto-foto yang dipublikasikan sejumlah pengunjung, villa ini sudah menyediakan fasilitas kolam renang dengan pemandangan bukit di kejauhan. Nah, apabila Anda penasaran dengan properti ini, bisa langsung meluncur ke Desa Tenganan.

Jika rekomendasi penginapan di atas belum cukup memadai, Anda bisa berburu akomodasi yang berada tidak terlalu jauh dari Desa Tenganan. Beberapa yang berlokasi cukup dekat antara lain Villa Melanting di Desa Pesedahan, sekitar 891 meter menuju Desa Tenganan, dengan tarif mulai Rp250 ribuan per malam, Dana Bali Ricefield Villa di Bebandem, atau Bali Palm , Bayshore Villas, dan Bali Santi Bungalows di kawasan Candidasa.

Villa Honeymoon Tenganan - @INDRI MAK JEBENG
Villa Honeymoon Tenganan – @INDRI MAK JEBENG

[1] Lokantara, I Gede Wyana dan Muhammad Rafi’i. 2017. Identifikasi Tipologi Destinasi Wisata dan Strategi Pengembangnya sebagai Upaya Mewujudkan Pariwisata Kabupaten Karangasem Berbasis Wisata Konservasi. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call of Papers UNISBANK ke-3.

[2] Subhan, B. 2015. Kehidupan Laut Tropis Tulamben. Bogor: IPB Press, hlm. 3-19.

[3] Darmadi, A. A. K., A. Hartana, J. P. Mogea. 2002. Perbungaan Salak Bali. Hayati, Vol. 9(2): 59-61.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan