Tarif Penyeberangan ke Gili Trawangan, Bisa dari Lombok atau Bali




Fast boat alat transportasi ke Gili Trawangan (sumber: kompas)

Jika sedang merencanakan liburan ke Lombok, salah satu yang tidak boleh terlewatkan dari daftar adalah Gili Trawangan. Selain menghadirkan panorama alam yang indah dan menakjubkan, pulau tersebut juga sudah didukung fasilitas wisata yang memadai, termasuk penginapan. Untuk bisa menuju daerah ini, traveler dapat memanfaatkan layanan penyeberangan dari Pelabuhan Bangsal atau langsung dari Bali menggunakan atau public boat.

Pesona Gili Trawangan

Gili Trawangan satu dari tiga pula yang terletak di sebelah barat laut Lombok, selain Gili Meno dan Gili Air. Namun, jika dibandingkan dua pulau tersebut, Gili Trawangan memang memiliki ukuran yang lebih besar, dan mungkin itulah salah satu alasan kenapa daerah ini lebih populer. Selain itu, ke Gili Trawangan juga cuma dua jam dari Kota Mataram, membuat banyak traveler yang akhirnya tertarik berwisata ke pulau ini.

Daya tarik utama kawasan Gili Trawangan adalah kehidupan desa yang tenang, kondisi perairan pantai yang cocok untuk aktivitas berenang, snorkeling, diving, olahraga kano, memancing, serta punya sumber daya hayati laut yang dicirikan dengan ekosistem terumbu karang dan kehidupan makhluk air lainnya.[1] Kondisi oseanografi Gili Trawangan  secara umum punya pantai datar dan berpasir putih dengan kedalaman perairan pantai sekitar 1 sampai 3 meter pada batas 20 meter.[2]

Transportasi ke Gili Trawangan

Untuk menuju ke Gili Trawangan, biasanya para turis memilih menyeberang lewat Pelabuhan Bangsal atau Teluk Nara, keduanya berada di Kabupaten Utara. Jika Anda termasuk orang yang enggan repot, maka pilihan yang cukup masuk akal adalah dengan naik travel dari Bandara Internasional Lombok ke Pelabuhan Bangsal. Saat ini, sudah terdapat travel berupa sharing shuttle atau private shuttle yang menyediakan jasa transportasi point to point dari Bandara Internasional Lombok ke Gili Trawangan/Bangsal dan sebaliknya (PP), yakni Lombok Car Transport. Setibanya di Pelabuhan Bangsal, Anda bisa naik cepat (fast boat) yang memiliki jadwal penyeberangan ke Gili Trawangan setiap jam walaupun hanya satu penumpang yang berangkat.

Lihat Juga:   Info Rute, Fasilitas, & Harga Tiket Bus Agra Mas

Apabila Anda kebetulan sedang rekreasi di Bali dan ingin melanjutkan wisata ke Gili Trawangan, Anda tidak usah ke terlebih dahulu. Pasalnya, saat ini sudah ada sejumlah fast boat yang melayani langsung dari Pulau Dewata ke Gili Trawangan. Biasanya, perjalanan ini berangkat dari Pelabuhan Serangan atau Pelabuhan Padang Bai. Untuk penyeberangan yang lebih murah, traveler dapat memilih bertolak dari Pelabuhan Padang Bai.

Tarif Penyeberangan ke Gili Trawangan

Ilustrasi: antrian penumpang hendak menyeberang ke Gili Trawangan (sumber: tribunnews)
Ilustrasi: antrian penumpang hendak menyeberang ke Gili Trawangan (sumber: tribunnews)
Rute Tarif
Pelabuhan Bangsal – Gili Trawangan Public Boat : Rp20.000
Private Speed Boat : Rp120.000
Teluk Nara – Gili Trawangan Private Speed Boat : Rp361.300
Pelabuhan Padang Bai – Gili Trawangan Eka Jaya Fast Boat : Rp375.000
Gili Gili Fast Boat : Rp451.410
FreeBird Express : Rp499.980
Golden Queen Fast Boat : Rp525.000
Bluewater Express : Rp656.250
Marlin Fast Boat : Rp685.680
Pelabuhan Serangan – Gili Trawangan Bluewater Express : Rp718.750
Gili Gateway : Rp760.000
Sanur – Gili Trawangan Scoot Fast Cruises : Rp510.000
Lihat Juga:   Tempat Wisata Populer dan Wajib Kunjung di Jawa Tengah

Informasi tarif penyeberangan menuju Gili Trawangan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk website resmi fast boat yang bersangkutan dan juga sejumlah situs pemesanan tiket online. Perlu Anda catat bahwa tarif tersebut merupakan tarif untuk sekali dan berlaku untuk satu orang tanpa kendaraan, juga tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Apabila Anda tidak mau repot, Anda dapat membeli tiket untuk pulang pergi. Eka Jaya Fast Boat, dikutip langsung dari situs resminya, menawarkan tarif Rp725 ribu untuk penyeberangan Padang Bai menuju Gili Trawangan PP. Sementara itu, Marlin Fast Boat mematok harga tiket Padang Bai-Gili Trawangan PP mulai Rp1,49 juta sampai Rp1,718 jutaan, tergantung waktu keberangkatan.

Jadwal Penyeberangan ke Gili Trawangan

Dilansir dari salah satu jasa penyedia tiket penyeberangan online, dari Pelabuhan Padang Bai menuju Gili Trawangan paling pagi pukul 08.30 waktu setempat dan membutuhkan durasi waktu sekitar 1,5 jam untuk tiba di lokasi. Sementara itu, perjalanan dari Pelabuhan Serangan paling pagi pukul 09.00 waktu setempat dan membutuhkan durasi waktu paling cepat 2 jam 15 menit, sedangkan jadwal penyeberangan dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan tersedia mulai pukul 07.00 sampai 17.00 waktu setempat.

[1] Yulianto, Gatot, Achmad Fahrudin, Nellyana Kusmaningsih. 2007. Analisis Permintaan Rekreasi dan Strategi Pengembangan Wisata Bahari di Gili Trawangan Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Buletin Ekonomi Perikanan IPB, Vol. VII(2): 72-98.

[2] Ibid.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan