Pilihan dan Harga Tiket Sleeper Bus Jakarta-Jogja




Menikmati Layanan Sleeper Bus - www.istockphoto.com
Menikmati Layanan Sleeper Bus - www.istockphoto.com

Dibandingkan dengan pesawat udara, durasi waktu yang dibutuhkan bus untuk menjangkau satu tempat dari tempat yang lain memang jauh lebih lama. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak orang yang enggan naik ini. Nah, untuk memberikan kenyamanan ekstra dan meminimalkan rasa capek selama perjalanan, sekarang sudah tersedia sleeper bus. Melayani berbagai relasi, termasuk Jakarta-Jogja, sleeper bus ini memang lebih mahal dibandingkan kelas eksekutif, terlebih kelas ekonomi.

Dari sekian banyak umum yang sudah beroperasi, bus merupakan salah satu jenis yang masih sering dipakai masyarakat umum. Tidak hanya melayani perjalanan antar-wilayah di daerah yang sama, ada banyak bus yang juga menyediakan rute yang menghubungkan satu provinsi dengan provinsi yang lain, dikenal sebagai AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Bus AKAP ini memiliki ciri-ciri antara lain mempunyai jadwal tetap, pelayanan cepat, dilayani bus umum, tersedia terminal tipe A, dan prasarana yang dilalui memenuhi kelas jalan.[1]

Pengertian Sleeper Bus

Untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi perjalanan jarak jauh penumpang, sejumlah PO (perusahaan otobus) saat ini menghadirkan apa yang dinamakan sleeper bus. Sleeper bus ini mulai eksis di jalanan Indonesia pada tahun 2016 silam. Kala itu, PO Brilian menghadirkan sleeper bus AKAP untuk rute Jakarta menuju Purwokerto dan Purbalingga, sekaligus diklaim sebagai sleeper bus pertama di Indonesia.

Lalu, apa sebenarnya sleeper bus? Ini adalah sebuah bus yang dimodifikasi sedemikian rupa, menyediakan kasur untuk dipakai duduk atau tidur. Dikatakan sebagai kelas tertinggi, setidaknya untuk saat ini, sleeper bus biasanya menyediakan konfigurasi kursi 1-1 dengan kursi yang bisa direbahkan dengan kabin privasi tersendiri.

Lihat Juga:   Info Tempat Wisata Menarik yang Layak Dikunjungi di Bandungan-Salatiga
Sleeper Bus PO Sinar Jaya - (YouTube: Andriawan Pratikto)
Sleeper Bus PO Sinar Jaya – (YouTube: Andriawan Pratikto)

Kabin bus sleeper dibuat mirip kabin pesawat, memiliki seat atau tempat tidur yang berasal dari kursi dengan sandaran kaki panjang serta sandaran punggung yang dapat direbahkan hingga 150 derajat.[2] Kelas ini juga menyediakan fasilitas yang memanjakan penumpang, seperti media hiburan sehingga dapat merasakan posisi duduk dan tiduran seperti di kamar sendiri.

Saat ini ada banyak sleeper bus yang telah beredar di Indonesia, termasuk untuk melayani relasi Jakarta menuju Jogja maupun sebaliknya. Dilansir dari berbagai sumber, sudah ada sejumlah PO yang menyediakan sleeper bus relasi Jakarta-Jogja PP, termasuk PO Murni Jaya, PO Sinar Jaya, dan PO Safari Dharma Raya. Lalu, apa saja fasilitas yang disediakan dan berapa tarif perjalanannya?

Varian Sleeper Bus Jakarta-Jogja

  • PO Murni Jaya, merupakan salah satu bus yang berbasis di Jakarta Timur dan telah populer melayani rute ke Jawa Tengah dan Yogyakarta. Khusus untuk double decker atau sleeper bus, PO Murni Jaya menyediakan fasilitas kelas wahid, termasuk media hiburan, reclining seat, bantal dan selimut, hingga pendingin ruangan.
  • PO Sinar Jaya, sering disebut-sebut sebagai pionir dalam penggunaan sleeper bus sebagai armada transportasi. Bus yang disediakan sudah didukung 21 tempat duduk atau sleeper yang terbagi menjadi beberapa kelas. Saat menumpang bus ini, traveler akan mendapatkan fasilitas seperti audio video on demand, TV LED, bantal, selimut, mobile restroom, USB charger, cup holder, tirai, full AC, hingga lampu baca dan seat belt.
  • PO Safari Dharma Raya, di dalam situs resminya, sebenarnya yang diberikan tidak diberi nama sleeper bus, tetapi super executive. Meski demikian, fasilitas yang ditawarkan memang dapat dikatakan sekelas sleeper bus.
Lihat Juga:   Info Traveling: Biaya Perjalanan dari Malang ke Bali Terbaru

Harga Tiket Sleeper Bus Jakarta-Jogja

Nama BusHarga Tiket
PO Murni JayaDek Bawah : Rp200.000
Dek Atas : Rp250.000
PO Agra MasRp210.000 – Rp320.000
PO Safari Dharma RayaRp270.000
PO Sinar JayaRp370.000

Informasi tarif sleeper bus relasi Jakarta-Jogja di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi PO yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa besaran harga tiket bus tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Biasanya, perusahaan akan menaikkan tarif perjalanan saat momen-momen tertentu, seperti libur sekolah, libur Lebaran, atau pergantian tahun. Jadi, jika ingin mendapatkan informasi terbaru, Anda harus rajin-rajin mengecek situs resmi atau media sosial PO yang bersangkutan.

Sleeper Bus PO Safari Dharma Raya - otomotif.kompas.com
Sleeper Bus PO Safari Dharma Raya – otomotif.kompas.com

[1] Widiyanti, Dwi. 2016. Analisis Kinerja Pengoperasian dan Pelayanan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) (Studi Kasus pada Biro Perjalanan Umum (BPU) “Rosalia Indah”). Jurnal Penelitian Darat, Vol. 18(1): 63-78.

[2] Firmansyah, Rizal dan Hamdan Bahalwan. 2021. Desain Interior Bus Tingkat Sleeper. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri dan Arsitektur, Vol. 9(2): 109-115.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan