Update Area Tidur & Menginap di Bandara Soekarno-Hatta Fasilitas Lengkap




D’primahotel Airport Jakarta - www.traveloka.com
D’primahotel Airport Jakarta - www.traveloka.com

Ada beberapa hal yang menyebabkan harus menginap di bandara, entah ketinggalan pesawat atau takut telat. Kebanyakan bandara sendiri telah menyediakan memadai bagi para traveler untuk beristirahat, salah satunya Bandara Soekarno-Hatta. Di bandara yang berlokasi di kawasan Cengkareng tersebut, terdapat beberapa spot nyaman yang bisa dijadikan lokasi tidur.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta sendiri adalah pelabuhan udara yang berlokasi di kawasan Cengkareng, Tangerang, Banten. Dikelola oleh PT Angkasa Pura II, ini adalah bandara terbesar dan utama di Indonesia. Untuk menuju bandara ini, Anda perlu melakukan perjalanan sejauh 20 km jika berangkat dari Kota Jakarta.

Pertama kali dioperasikan pada tahun 1985 untuk menggantikan bandara lama di Kemayoran, perkembangan Bandara Soekarno-Hatta tergolong cepat. Pada tahun 1991, bandara ini membuka Terminal 2. Kemudian, pada tahun 2016, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta resmi beroperasi dengan fasilitas yang serba canggih.

Terminal 1 memiliki 3 sub-terminal, masing-masing didukung 25 loket check-in, 5 loket bagasi, dan 7 gerbang. Sementara, Terminal 2 terletak di sisi utara bandara, memiliki 3 sub-terminal, masing-masing dilengkapi dengan 25 gerai lapor-masuk, 5 pengambilan bagasi, dan 7 gerbang. Terakhir, Terminal 3 merupakan terminal yang khusus melayani penerbangan internasional, dengan Garuda Indonesia sebagai maskapai pertama yang beroperasi di terminal ini.

PT Angkasa Pura II selaku operator terus meningkatkan dan fasilitas Bandara Soekarno-Hatta. Bandara tersebut saat ini tercatat sudah dilayani jalur rel kereta yang menghubungkan bandara dengan beberapa stasiun di kawasan Jabodetabek, fasilitas skytrain untuk perpindahan penumpang antar-terminal, hingga robot canggih di lounge Terminal 3.

Airy Eco Bandara Soekarno Hatta – www.traveloka.com

Spot Menginap di Bandara Soekarno-Hatta

Jika Anda kebetulan ketinggalan pesawat atau harus menunggu penerbangan lanjutan, daripada susah-susah mencari penginapan, tidur di Bandara Soekarno-Hatta bisa menjadi opsi yang menarik. Pasalnya, di pelabuhan udara ini, terdapat banyak spot yang bisa dijadikan lokasi bermalam dengan tenang dan nyaman, tanpa takut ketinggalan penerbangan selanjutnya.

Anda bisa mampir ke Terminal 1A, tepatnya ke area bernama Red Corner, semacam food court yang menyediakan beberapa restoran mini. Biasanya, di titik ini, banyak penumpang yang memanfaatkan Red Corner untuk istirahat sambil makan atau minum kopi. Nah, untuk Anda yang Muslim, selesai beribadah, Anda juga bisa istirahat di musala.

Sementara, bagi mereka yang risih atau enggan tidur di musala, masih ada beberapa yang bisa dijadikan lokasi menginap. Anda bisa tiduran di kursi panjang yang disediakan oleh Red Corner untuk istirahat. Sebenarnya, tidak hanya Red Corner yang menyediakan fasilitas kursi panjang, tetapi hampir semua waiting spot juga tersedia kursi-kursi panjang yang bisa Anda gunakan untuk beristirahat.

Selain di Terminal 1, Anda pun bisa mencoba menginap di area Terminal 2F. Di ruangan ini, Anda bisa memilih tidur di kursi panjang di ruang tunggu atau di dekat taman. Sekadar tips, jika Anda memutuskan menginap di sini, disarankan untuk menggunakan pakaian yang hangat, minimal jaket. Pasalnya, kondisi malam hari di Bandara Soekarno-Hatta cenderung dingin karena pengaruh AC.

Lalu, bagaimana dengan Terminal 3? Menurut pengakuan beberapa wisatawan, area terminal anyar ini menjadi lokasi yang paling nyaman dijadikan tempat menginap dibandingkan dua terminal lainnya. Ada banyak tempat untuk istirahat, terlebih jika Anda sudah check-in dan masuk ke ruang tunggu. Anda bisa menginap di ruang tunggu terminal atau musala.

Meski banyak yang bilang bahwa Bandara Soekarno-Hatta menyajikan kenyamanan bagi para tamu untuk beristirahat (dibandingkan dengan KLIA, misalnya), tetapi Anda tetap harus berhati-hati. Pasalnya, kejahatan bisa datang tanpa Anda sadari. Nah, berikut kami sajikan tips untuk kenyamanan Anda selama menginap di bandara.

Red Corner Bandara Soekarno Hatta - jejakmerlin.blogspot.com
Red Corner Bandara Soekarno Hatta – jejakmerlin.blogspot.com

Tips Menginap di Bandara Soekarno-Hatta

  • Bawa tali pengikat agar dapat menyatukan koper dan barang bawaan yang lain. Kalau Anda hanya membawa 1 ransel dan 1 koper, manfaatkan saja kedua benda tersebut menjadi alas kepala atau alas kaki saat tidur.
  • Letakkan barang bawaan di tempat yang selalu terlihat dari jangkauan.
  •  Kenakan pakaian yang nyaman dan tebal karena AC di bandara sangat dingin. Jika masih kurang hangat, Anda bisa menggunakan kain pantai Bali atau sarung sebagai pengganti selimut.
  •  Anda bisa membawa bantal leher agar bisa tidur dengan nyaman.
  •  Bawa camilan untuk mengganjal perut.
  •  Bawa buku bacaan atau video games agar tidak bosan.
  •  Jangan lupa pasang alarm agar Anda bisa bangun tepat waktu.
  •  Jika diperlukan, bawa odol, sikat gigi, dan sabun cuci muka agar penampilan tetap segar.
  •  Taruh paspor di tempat yang mudah dijangkau agar dapat diperlihatkan kepada petugas bandara yang berkeliling di bandara.
  •  Selalu waspada, terlebih jika Anda traveling sendirian. Pastikan agar koper dan tas selalu terkunci.

Hotel Dekat Bandara Soekarno-Hatta

Nama Penginapan per Malam (Rp)
D’primahotel Airport JakartaTerminal 1A, arrival gate, Bandara Soekarno-Hatta200.000
Digital Airport Hotel (Hotel Kapsul)Terminal 3 Domestik Bandara Soekarno-Hatta190.000
Airy Eco Bandara Soekarno-HattaJl. Marsekal Suryadarma 56-58, Tangerang250.000
Keluarga Bandara 4Jl. Rawa Bokor, Kompleks Taman Mahkota Bandara Blok C1 53, Benda, Tangerang143.000

Daftar tarif penginapan di dekat Bandara Soekarno-Hatta di atas kami rangkum dari berbagai situs online. Daftar tarif kamar di atas tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung tanggal pemesanan kamar. Untuk lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke alamat penginapan yang bersangkutan.

Area Tunggu Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta - @Alfalegro Jalan jalan
Area Tunggu Terminal 2F Bandara Soekarno Hatta – @Alfalegro Jalan jalan

[Almasshabur]

Lihat Juga:   Masada Village, Sensasi Glamping & Villa Bernuansa Alam yang Ada di Puncak




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan