Info Terbaru dan Lengkap Jadwal, Harga Tiket, dan Fasilitas KMP Legundi Surabaya-Lombok




KMP Legundi (Slamet Priyanto via marinetraffic.com)
KMP Legundi (Slamet Priyanto via marinetraffic.com)

Semua orang pasti setuju jika Lombok memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur. Para traveler tentunya tak asing lagi jika wisata ke Lombok bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dari jalur darat, udara, maupun laut. Selama ini lebih banyak wisatawan yang bepergian ke Lombok dengan naik bus, mobil pribadi, atau pesawat. Padahal pelesir ke Lombok ternyata juga bisa menggunakan kapal ferry. Bagi Anda yang tak menderita mabuk laut tampaknya menumpang kapal ferry KMP Legundi dari Surabaya bisa menjadi alternatif yang cukup menyenangkan dengan harga tiket relatif terjangkau.

Fasilitas KMP Legundi

Kapal yang dikelola oleh PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry ini memiliki kapasitas angkut yang terdiri dari 60 unit truk besar, 70 unit kendaraan keluarga, dan 800 orang penumpang. Bepergian ke Lombok dapat menjadi alternatif bagi para backpacker. Selain biayanya lebih murah dibanding naik pesawat, waktu tempuh KMP Legundi pun relatif lebih singkat, yakni 20 jam saja. Sedangkan jika menempuh jalur darat Anda harus menghabiskan waktu sekitar 48 jam.

Untuk urusan fasilitas KMP Legundi, Anda tak perlu khawatir karena interior di sana sudah modern. Ketika menaiki kapal, Anda bebas memilih tempat duduk yang diinginkan, sebab di sana tak ada perbedaan kelas tempat duduk. Setiap ruangan yang ada dalam KMP Legundi telah dilengkapi AC, oleh sebab itu bagi Anda yang perokok sebaiknya jangan merokok di dalam ruangan. Nah, bagi Anda yang kurang suka dengan AC bisa menuju dek bagian atas agar dapat menikmati hembusan angin laut.

KMP Legundi dilengkapi 3 cafetaria di dalam ruangan dan 1 cafetaria yang berada di luar ruangan. Di sana Anda akan menemui banyak kasur yang disediakan secara gratis bagi yang ingin tidur selama menempuh perjalanan panjang ke Lombok. Kursi atau tempat duduk di KMP Legundi pun sudah menggunakan model reclining seat, sehingga bisa Anda atur sendiri untuk posisi tegak atau rebahan apabila Anda tidak kebagian kasur. Setiap jarak 6 kursi juga sudah tersedia meja di tengah-tengah agar dapat memudahkan Anda yang ingin menyantap makanan atau sekadar menggunakan laptop.

Fasilitas penumpang KMP Legundi (sumber: detik)
Fasilitas penumpang KMP Legundi (sumber: detik)

Beralih ke dek atas, Anda bisa menemukan musala berkapasitas 50 orang jika ingin beribadah. Di sana terdapat fasilitas lain berupa kompas, alat salat, dan Alquran. Kemudian ada pula banyak bilik toilet yang bersih di KMP Legundi walaupun ukurannya agak sempit.

Yang lebih menarik, Anda juga akan mendapat fasilitas sarapan gratis berupa nasi kotak dan air gelas dari pihak KMP Legundi cukup dengan menunjukkan tiket Anda pada petugas. Makan gratis tersebut biasanya hanya berlaku 1 kali untuk setiap penumpang. Namun jika Anda berlayar pada hari Jumat, para petugas kerap memberikan makan siang gratis pula setelah salat Jumat. Asyik kan? Bagi Anda yang membawa gadget juga tak perlu khawatir, di sana sudah tersedia colokan meski jumlahnya tak terlalu banyak. Apabila ingin men-charge hp atau laptop, Anda akan dikenai biaya sekitar Rp5.000.

Sayangnya, per tahun 2021 rupanya ASDP Indonesia Ferry sudah tidak melayani penyeberangan rute lintasan Surabaya-Lombok. Oleh sebab itu, pemesanan tiket untuk rute tersebut sudah tidak tersedia lagi di website resminya. Hal ini diungkapkan melalui akun Twitter resmi @asdp191.

Pihak ASDP memberitahukan bahwa KMP Legundi melayani penyeberangan rute lintasan Merak-Bakauheni atau sebaliknya. Nah, untuk penyeberangan Surabaya-Lombok (Lembar), alternatifnya bisa menggunakan kapal ro-ro PT Damai Lautan Nusantara (DLN) atau kapal PT Dharma Lautan Utama (DLU).

Jadwal KMP Legundi Surabaya-Lombok

Sebelumnya, saat KMP Legundi masih beroperasi, untuk lintasan penyeberangan Surabaya-Lombok melayani perjalanan setiap hari Selasa dan Sabtu dengan jam keberangkatan pada pukul 14.00 WIB. Sedangkan untuk lintasan penyeberangan Lombok-Surabaya jadwal keberangkatannya setiap hari Senin dan Kamis pukul 09.00 WITA. Durasi atau lama perjalanan untuk menyeberang dari Surabaya ke Lombok atau sebaliknya sekitar 20 jam.

Harga Tiket KMP Legundi Surabaya-Lombok

KMP Legundi - www.tribunnews.com
KMP Legundi – www.tribunnews.com
Jenis Penumpang/KendaraanTarif KMP Legundi Sekali Perjalanan
DewasaRp87.000
Anak-anakRp62.000
Kendaraan Golongan I (Sepeda Pancal)Rp145.000
Kendaraan Golongan II (Sepeda Motor)Rp225.000
Kendaraan Golongan III (Sepeda Motor R.3)Rp425.000
Kendaraan Golongan IV Penumpang (Mobil Pribadi)Rp1.525.000
Kendaraan Golongan IV Pick Up (Barang)Rp1.392.000
Kendaraan Golongan V Bus Sedang (Penumpang)Rp2.397.000
Kendaraan Golongan V Truk Sedang (Barang)Rp2.474.000
Kendaraan Golongan VI Bus Besar (Penumpang)Rp4.847.500
Kendaraan Golongan VI Barang (Barang)Rp3.966.500
Kendaraan Golongan VII (Tronton)Rp5.024.000
Kendaraan Golongan VIII (Trailer)Rp7.279.000
Kendaraan Golongan IX (Alat Berat Roda Besi)Rp11.434.000

Biaya tiket KMP Legundi Surabaya – Lombok di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, tarif tiket KMP Legundi Surabaya – Lombok tahun 2020 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, harga tiket penumpang dewasa KMP Legundi Surabaya – Lombok naik dari Rp76 ribu menjadi Rp87 ribu per orang.

Harga Tiket KMP Legundi Lombok-Surabaya

KMP Legundi - serikatnews.com
KMP Legundi – serikatnews.com
Jenis Penumpang/KendaraanTarif KMP Legundi Sekali Perjalanan
DewasaRp95.500
Anak-anakRp70.500
Kendaraan Golongan I (Sepeda Pancal)Rp142.000
Kendaraan Golongan II (Sepeda Motor)Rp225.000
Kendaraan Golongan III (Sepeda Motor R.3)Rp420.000
Kendaraan Golongan IV Penumpang (Mobil Pribadi)Rp1.525.000
Kendaraan Golongan IV Pick Up (Barang)Rp1.392.000
Kendaraan Golongan V Bus Sedang (Penumpang)Rp2.397.000
Kendaraan Golongan V Truk Sedang (Barang)Rp2.474.000
Kendaraan Golongan VI Bus Besar (Penumpang)Rp4.847.500
Kendaraan Golongan VI Barang (Barang)Rp3.966.000
Kendaraan Golongan VII (Tronton)Rp5.024.000
Kendaraan Golongan VIII (Trailer)Rp8.079.000
Kendaraan Golongan IX (Alat Berat Roda Besi)Rp11.434.000

Biaya tiket KMP Legundi Lombok – Surabaya di atas juga mengalami kenaikan di tahun 2020. Sebagai contoh, harga tiket penumpang dewasa KMP Legundi Surabaya – Lombok naik dari Rp76 ribu menjadi Rp95 ribuan per orang.

Tiket penyeberangan rute Surabaya-Lembar Lombok Pergi Pulang (PP) kini sudah dapat dibeli secara online dan berjadwal di www.indonesiaferry.co.id. Cara memesan tiket KMP Legundi lintas Surabaya-Lombok pun cukup mudah, Anda tinggal mengakses situs tiket.indonesiaferry.co.id kemudian mengikuti petunjuk yang tertera di layar.

Perlu diperhatikan bahwa ketika melakukan booking tiket kapal ferry secara online, nama penumpang harus sesuai dengan KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku. Kemudian untuk pembayaran pemesanan tiket KMP Legundi bisa dilakukan dengan metode transfer bank.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut seputar layanan penyeberangan menggunakan KMP Legundi, Anda dapat langsung menghubungi ASDP di nomor telepon 021-191 atau mengakses situs www.indonesiaferry.co.id.

[Update: Almas]

Lihat Juga:   Info Lengkap Fasilitas, Alamat, dan Tarif Dhea 3 Homestay di Kota Batu




Tentang Dian Kartika1088 Lokasi
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

7 Comments

  1. Kemarin saya telpon pihak pelabuhan Lembar, katanya tiket hanya bisa dibeli dipelabuhan, nggak bisa online

Tinggalkan Balasan