Harga Tiket Pesawat ke Bandara Tambolaka di Waikabubak




Bandara Tambolaka - regional.kompas.com
Bandara Tambolaka - regional.kompas.com

Dalam beberapa tahun belakangan, kawasan Indonesia bagian timur telah menjadi salah satu destinasi , tidak hanya pelancong dari dalam negeri, melainkan juga wisatawan dari luar negeri. Karena itu, untuk mengakomodasi kunjungan turis, di wilayah timur Indonesia sedang digalakkan pembangunan infrastruktur yang menunjang sektor , salah satunya ketersediaan .

Saat ini, ada banyak bandara atau pelabuhan udara yang bisa dijadikan lokasi mendarat wisatawan yang ingin mengeksplorasi keindahan ujung timur Indonesia. Salah satu bandara yang hadir dengan desain cukup kinclong adalah Bandara Tambolaka. Pelabuhan udara ini terletak di Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tentang Bandara Tambolaka

Bandara Tambolaka (dengan kode TMC) bisa dikatakan sebagai bandara paling sibuk di kawasan Nusa Tenggara Timur. Dikutip dari Wikipedia, ini sebenarnya pelabuhan udara yang sudah berdiri cukup lama, merupakan bandara peninggalan Jepang pada tahun 1945. Kemudian, pada tahun 1982 lalu, bandara ini diperbaiki dengan pengaspalan dan perbaikan landasan pacu atau runway agar bisa digunakan untuk pesawat kecil jenis DC-3, Twin Otter, dan Cassa.

Bandara Tambolaka - regional.kompas.com
Bandara Tambolaka – regional.kompas.com

Sekitar 14 tahun kemudian, tepatnya tahun 1996, landasan pacu Bandara Tambolaka kembali diperpanjang hingga dapat didarati pesawat berjenis Fokker 27. Lalu, di tahun 2005, dilakukan lagi penebalan dan perpanjangan landasan pacu hingga mencapai 1.600 meter, sehingga dapat menampung pesawat terbang berjenis Fokker 28, yang kemudian diperpanjang lagi menjadi 1.800 meter sehingga bisa menampung pesawat terbang jenis Fokker 100. Hingga tahun 2015, total panjang landasan pacu Bandara Tambolaka adalah 2.300 meter dengan lebar 45 meter, sehingga dapat didarati pesawat berjenis Boeing 737 seri 800.

Meski berlokasi di Indonesia bagian timur, yang sering dianggap sebagai ‘daerah terbelakang’, namun penampilan Bandara Tambolaka tidak kalah cantik dengan bandara-bandara lainnya di Tanah Air. Bandara kelas tiga ini memiliki penampakan yang begitu apik. Dinding bangunan terminal sebagian terbuat dari kaca dengan atap bergaya rumah adat Sumba, Uma Bokulu.

Lihat Juga:   Info Fasilitas Tempat Tidur & Menginap Gratis di Bandara Changi Singapura

Penataan interior di ruang tunggu penumpang juga cukup menawan, selain kebersihan dan kerapian bandara yang cukup mengesankan. Ruang tunggu penumpang sendiri telah dilengkapi dengan fasilitas AC, selain juga memiliki ruang tunggu VIP. Ada sebuah Patung Pasola di dekat pintu utama yang membuat bandara ini cukup mempresentasikan Pulau Sumba, selain pilar-pilar dalam ruangan yang berhiaskan ukiran bermotif khas Sumba.

Untuk mencapai Bandara Tambolaka dari pusat , Anda hanya memerlukan waktu paling cepat kurang dari 35 menit dengan berkendara. Sementara, bagi penumpang yang baru pertama kali tiba di Bandara Tambolaka, bisa memanfaatkan transportasi darat, seperti taksi bandara, jika memang tidak menggunakan travel agent atau penjemputan dari pihak .

menggunakan taksi bandara disesuaikan dengan perhitungan argo terhadap jarak ke kota tujuan, yang biasanya mencapai Rp50 ribu, sama halnya jika menggunakan travel di sekitar bandara. Alternatif lainnya adalah menyewa mobil dengan bervariasi. Biasanya, untuk sekali jalan, Anda bisa menghabiskan biaya Rp200 ribu, atau Rp500 ribu apabila mobil disewa seharian penuh. Untuk alternatif yang lebih murah, bisa menumpang ojek dan angkutan umum, meski memang terkadang susah ditemui di luar bandara.

Penerbangan ke Bandara Tambolaka

Saat ini, setidaknya ada tiga maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke Bandara Tambolaka, yaitu Garuda Indonesia, Wings Air, dan NAM Air. Penerbangan ke Bandara Tambolaka dilayani dari Medan, Jakarta, , dan Bali. Penerbangan dari Medan (Bandara Kualanamu) ke Waikabubak membutuhkan waktu 7 jam 5 menit, penerbangan dari Jakarta berdurasi sekitar 4 jam 55 menit, penerbangan dari Surabaya (Bandara Internasional Juanda) berdurasi sekitar 4 jam, dan penerbangan dari (Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai) hanya membutuhkan waktu 50 menit.

Lihat Juga:   Pilihan Travel Yogyakarta-Purworejo yang Nyaman & Murah untuk Mudik atau Pelesir

Harga tiket pesawat dari Jakarta menuju Bandara Tambolaka paling murah berkisar Rp1 jutaan sampai dengan Rp2,4 jutaan untuk sekali jalan, sedangkan pesawat termurah dari Surabaya menuju Waikabubak sekitar Rp800 ribuan sampai dengan Rp1,4 jutaan. Jika Anda berangkat dari Medan, pesawat termurah menuju Bandara Tambolaka berkisar Rp1,8 jutaan, sedangkan pesawat paling terjangkau dari Bali menuju Bandara Tambolaka sekitar Rp500 ribuan sampai Rp800 ribuan per penumpang.

Objek Wisata di Waikabubak

Sebagai ibukota Kabupaten Sumba Barat, Waikabubak memiliki beberapa objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Objek wisata pertama dan bisa dibilang paling populer di wilayah ini adalah Kampung Tarung dan Waitabar yang menjadi destinasi wajib kunjung. Kedua kampung ini, meski berbeda nama, namun masih menyatu dalam sebuah kawasan. Anda bisa mengunjungi kampung luar biasa tersebut di tengah kota Waikabubak.

Waikabubak - mapio.net
Waikabubak – mapio.net

Seperti namanya, kampung ini bukan kampung biasa, melainkan juga berfungsi sebagai institusi sosial dan keagamaan. Kampung Tarung adalah salah satu potret terbaik untuk menyentuh langsung agama Marapu di Sumba bersama dengan tradisi yang tidak banyak berubah sejak zaman dulu, plus melihat dari dekat rumah adat khas Sumba yang memiliki arsitektur vernacular pencakar langit.

Tujuan wisata lainnya di Waikabubak adalah Taman Nasional Manupeu yang berlokasi di arah barat menuju luar kota. Taman nasional ini dipenuhi dengan beraneka ragam pepohonan berukuran besar serta beragam satwa. Sementara, untuk Anda yang gemar bermain air, bisa berkunjung ke Pantai Wanokaka yang berada sekitar 20 km dari Kota Waikabubak atau ke Pantai Watu Bela yang kaya akan spot foto menarik serta punya bukit hijau serupa Bukit Teletubbies.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan