Tarif Sleeper Bus Jakarta-Solo, Fasilitas Mirip Pesawat




Penumpang sleeper bus (youtube: Andriawan Pratikto)

Ada banyak moda transportasi publik yang dapat Anda gunakan untuk bepergian dari Jakarta ke Solo. Anda dapat menumpang pesawat udara, naik kereta api, atau memakai bus umum. Untuk transportasi yang terakhir, selain kelas eksekutif dan ekonomi, ternyata ada beberapa perusahaan otobus (PO) yang menawarkan sleeper bus. Dengan fasilitas yang mewah, tarif bus jenis ini tentu saja lebih mahal.

Meskipun sudah semakin banyak orang yang memiliki kendaraan pribadi, tetapi keberadaan angkutan umum masih penting bagi keberlangsungan pergerakan masyarakat. Angkutan umum merupakan angkutan setiap kendaraan bermotor yang disediakan untuk digunakan oleh publik, dengan dipungut bayaran atau tarif tertentu.[1] Kendaraan umum ini dapat berupa mobil penumpang, bus kecil, bus sedang, dan bus besar.

Dari sekian jenis angkutan umum yang beredar, bus tetap menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Pasalnya, tidak cuma melayani perjalanan antar-wilayah di daerah yang sama, bus yang beroperasi di Indonesia juga menyediakan rute yang menghubungkan satu provinsi dengan provinsi yang lain, lebih dikenal sebagai AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Bus AKAP ini biasa memiliki ciri-ciri mempunyai jadwal tetap, pelayanan cepat, dilayani bus umum, tersedia terminal penumpang tipe A, dan prasarana yang dilalui memenuhi kelas jalan.[2]

Pengertian Sleeper Bus dan Fasilitasnya

Masyarakat umum mungkin lebih familiar dengan bus kelas ekonomi, patas (cepat terbatas), VIP, dan eksekutif. Nah, selain kelas-kelas tersebut, sekarang di Indonesia juga telah beredar apa yang disebut dengan sleeper bus. Sleeper bus sering dikatakan sebagai sarana yang cocok untuk pengembangan di jalur negara yang membatasi jalur api dan pesawat udara.[3]

Fasilitas sleeper bus (sumber: superlive.id)
Fasilitas sleeper bus (sumber: superlive.id)

Lalu, apa sih sebenarnya sleeper bus? Sleeper bus merupakan sebuah bus yang dimodifikasi sedemikian rupa, menyediakan kasur untuk dipakai penumpang duduk atau tidur. Dikatakan sebagai kelas tertinggi, setidaknya untuk saat ini, sleeper bus biasanya menyediakan konfigurasi kursi 1-1 dengan kursi yang bisa direbahkan dengan kabin privasi tersendiri.

Lihat Juga:   Homestay Nusa Indah, Penginapan Modern di Dataran Tinggi Dieng

Kabin bus sleeper dibuat semirip mungkin kabin pesawat, punya tempat tidur yang berasal dari kursi penumpang dengan sandaran kaki panjang serta sandaran punggung yang dapat direbahkan hingga 150 derajat.[4] Bus kelas ini juga menawarkan fasilitas yang memanjakan penumpang, seperti media sehingga penumpang dapat merasakan posisi duduk dan tiduran seperti di kamar sendiri.

Di Inggris maupun AS, banyak sleeper bus yang sudah dilengkapi dengan fasilitas TV dan permainan video di setiap tempat tidur, akses internet, mesin pembuat kopi, kasur busa dengan ukuran lebar, penyejuk udara yang layak, dan lain-lain. Tidak mengherankan jika kemudian beberapa perusahaan menggunakan sleeper bus ini sebagai berjalan, yang bisa dijadikan tempat bermalam turis.

Bagaimana dengan di Indonesia? Konon, sleeper bus pertama di Tanah Air hadir pada tahun 2016 silam. Kala itu, PO Brilian menyediakan sebuah sleeper bus yang beroperasi melayani trayek Jakarta ke Purwokerto, Purbalingga, hingga Wonosobo, dengan tarif perjalanan mulai Rp210 ribu hingga Rp240 ribu per seat, lebih mahal dibandingkan tarif bus kelas eksekutif.

Pilihan Sleeper Bus Jakarta-Solo

Saat ini, semakin banyak PO yang mengoperasikan sleeper bus, termasuk untuk melayani rute Jakarta-Solo. Dilansir dari berbagai sumber, salah satu PO yang menawarkan sleeper bus untuk trayek ini adalah Rosalia Indah. Di dalam situs resminya, perusahaan menyebut layanan mereka ini sebagai First Class Seat dengan fasilitas seperti AC, toilet, LCD TV, musik, bantal, selimut, foot rest, leg rest, akses Wi-Fi gratis, dan layanan pramugara/i.

Lihat Juga:   J Hotel Bandara Soekarno Hatta
Sleeper bus (sumber: keposiasi.com)
Sleeper bus (sumber: keposiasi.com)

PO lainnya yang menawarkan sleeper bus rute Jakarta-Solo adalah PO Sinar Jaya. Suite Class perusahaan ini punya bentuk kabin yang unik. Setiap penumpang akan memiliki kabinnya masing-masing. Selain itu, kursi juga dapat direbahkan sampai 45 derajat atau kaki bisa selonjoran. Untuk menambah kenyamanan, perusahaan menawarkan sistem Audio Video on Demand di setiap kursi penumpang.

Tarif Sleeper Bus Jakarta-Solo

Nama Bus Tarif
PO Sinar Jaya Rp300.000
PO Putera Mulya Rp325.000
PO Raya Super Top Rp330.000
PO Rosalia Indah Rp385.000
PO Harapan Jaya Rp455.000

Daftar harga tiket sleeper bus rute Jakarta-Solo di atas kami himpun dari berbagai sumber, termasuk website pemesanan tiket online. Perlu Anda catat bahwa biaya tiket tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Anda disarankan untuk rajin mengecek situs atau media sosial resmi PO yang bersangkutan untuk mengetahui apakah layanan sleeper bus masih dioperasikan atau tidak.

[1] Munawar, Ahmad. 2005. Dasar-Dasar Teknik Transportasi. Yogyakarta: Beta Offset.

[2] Widiyanti, Dwi. 2016. Analisis Kinerja Pengoperasian dan Pelayanan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) (Studi Kasus pada Biro Perjalanan Umum (BPU) “Rosalia Indah”). Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Vol. 18(1): 63-78.

[3] Mai, Pham Xuan dan Pham Van Tai. 2015. Seat-Bed Cabin Model – An Orientation Suitable for The Sleeper Bus in Vietnam’s Traffic Exploitation Conditions. The University of Danang, Journal of Science and Technology, Vol. 6)91): 29-33.

[4] Firmansyah, Rizal dan Hamdan Bahalwan. 2021. Desain Interior Bus Tingkat Sleeper. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri dan Arsitektur, Vol. 9(2): 109-115.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan