Ini Deretan Fasilitas Yang Ada Dalam Pesawat Citilink




Fasilitas Pesawat Citilink - www.antaranews.com
Fasilitas Pesawat Citilink - www.antaranews.com

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan maskapai berbiaya Citilink. Citilink Indonesia adalah anak perusahaan dari maskapai nasional Garuda Indonesia. Citilink didirikan sejak tahun 2001 silam sebagai Unit Bisnis Strategis (SBU) Garuda Indonesia untuk menawarkan alternatif penerbangan dengan terjangkau di Indonesia. Namun mulai tahun 2012, Citilink beroperasi sebagai entitas bisnis yang terpisah dari Garuda Indonesia. Walaupun bertarif rendah, namun fasilitas yang ditawarkan pesawat Citilink selama penerbangan cukup baik.

Fasilitas Pesawat Citilink - www.antaranews.com
Fasilitas Pesawat Citilink – www.antaranews.com

Citilink hanya menawarkan penerbangan kelas ekonomi (economy class). Dalam penerbangan kelas ekonomi tersebut terdapat 2 tipe kursi, yaitu Green Seat dan Regular Seat. Perbedaan antara keduanya adalah, Green Seat merupakan kursi yang terletak di baris 1-5 dan ciri-cirinya memakai pembungkus sandaran kepala warna hijau ciri khas Citilink. Dari segi kenyamanan tentunya lebih nyaman Green Seat dibandingkan Regular Seat. Pasalnya penataan duduk Green Seat mempunyai ruang kaki untuk yang lebih luas.

Karena merupakan maskapai LCC, konfigurasi kursi alias seat yang digunakan oleh Citilink adalah 3-3 dengan jarak antar kursi 29 inci. Hal itulah yang mungkin menjadi salah satu kekurangan dari Citilink karena kursi penumpang dalam pesawat terkesan begitu sesak. Selain itu kelemahan lain yang dimiliki Citilink adalah tidak tersedianya fasilitas gratis selama . Sebenarnya dalam pesawat disediakan berbagai menu makanan dan minuman. Namun untuk mencicipi menu-menu tersebut Anda akan dikenai tambahan.

Lihat Juga:   Daftar Guest House Murah di Wilayah Jakarta Pusat

Menu makanan yang tersedia dalam pesawat Citilink sangat variatif, mulai dari ayam saus béchamel dan kentang, mi goreng ayam panggang dan sayuran, nasi goreng ayam panggang, nasi uduk ayam panggang, nasi ulam dengan empal, hingga spaghetti saus bolognaise. Anda bisa memilih sendiri menu makanan atau minuman apa yang paling sesuai dengan selera. Khusus untuk pesawat tipe Airbus, menu makanan yang tersedia biasanya hanya mie instan dan roti, pasalnya menurut pengalaman penumpang yang pernah naik pesawat Citilink tipe Airbus ternyata dalam pesawat tak tersedia oven.

Lihat Juga:   Penginapan Nyaman di Kaliurang dengan Fasilitas Kolam Renang

Setiap penumpang pesawat Citilink juga memperoleh fasilitas bagasi check in gratis (free baggage) dengan berat maksimal 20 kg, dan bagasi kabin seberat 7 kilogram dengan dimensi 56 x 36 x 23 cm. Salah satu kelebihan Citilink dibanding maskapai lain adalah telah dimasukkannya pajak layanan bandara (airport tax) ke dalam tarif penerbangan. Dengan demikian, saat Anda sampai di bandara Anda bisa langsung menuju ruang tunggu dan tak perlu repot-repot antre lagi untuk membayar airport tax.

Ada lagi hal unik dari maskapai Citilink. Saat pesawat mendarat dengan selamat di bandara tujuan, biasanya sebelum pintu pesawat terbuka, pramugari akan melontarkan pantun yang menarik. Misalnya saja pantun berbunyi, “Jalan-jalan ke Tanah Abang, jangan lupa ke Semanggi. Jangan lupa kalau terbang, naik Citilink lagi.” Hingga kini belum ada maskapai sejenis yang memberikan ‘salam perpisahan’ semacam itu selain Citilink.




Tentang Dian Kartika1066 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*