Ini Deretan Fasilitas Terbaru Yang Ada Dalam Pesawat Citilink




Awak penerbangan Citilink (sumber: akademipenerbangan.web.id)
Awak penerbangan Citilink (sumber: akademipenerbangan.web.id)

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan maskapai berbiaya Citilink. Citilink Indonesia adalah anak perusahaan dari maskapai nasional Garuda Indonesia. Citilink didirikan sejak tahun 2001 silam sebagai Unit Bisnis Strategis (SBU) Garuda Indonesia untuk menawarkan alternatif penerbangan dengan terjangkau di Indonesia. Namun mulai tahun 2012, Citilink beroperasi sebagai entitas bisnis yang terpisah dari Garuda Indonesia. Walaupun bertarif rendah, namun fasilitas yang ditawarkan pesawat Citilink selama penerbangan cukup baik.

Saat ini, ada sekitar 42 rute domestik di Indonesia yang dilayani oleh Citilink. Citilink memiliki penghubung utama di Bandara Internasional Surabaya. Maskapai low-cost carrier ini membuka rute-rute penerbangan favorit di seluruh Indonesia, seperti Bandung, Denpasar, Jakarta, Semarang, Surakarta, , Mataram, dan masih banyak lagi. Jika Anda berkeinginan untuk bepergian ke luar kota, maka pesawat Citilink dapat menjadi pilihan dalam menghemat budget akomodasi. 

Citilink hanya menawarkan penerbangan (economy class). Dalam penerbangan tersebut terdapat 2 kursi, yaitu Green Seat dan Regular Seat. Perbedaan antara keduanya adalah, Green Seat merupakan kursi yang terletak di baris 1-5 dan ciri-cirinya memakai pembungkus sandaran kepala warna hijau ciri khas Citilink. Dari segi kenyamanan tentunya lebih nyaman Green Seat dibandingkan Regular Seat. Pasalnya penataan tempat duduk Green Seat mempunyai ruang kaki untuk yang lebih luas.

Karena merupakan maskapai LCC, konfigurasi kursi alias seat yang digunakan oleh Citilink adalah 3-3 dengan jarak antar kursi 29 inci. Hal itulah yang mungkin menjadi salah satu kekurangan dari Citilink karena kursi penumpang dalam pesawat terkesan begitu sesak. Selain itu kelemahan lain yang dimiliki Citilink adalah tidak tersedianya fasilitas makanan gratis selama perjalanan. Sebenarnya dalam pesawat disediakan berbagai menu makanan dan minuman. Namun untuk mencicipi menu-menu tersebut Anda akan dikenai biaya tambahan.

Ilustrasi: penumpang memesan menu makanan Citilink (sumber: inilah.com)
Ilustrasi: penumpang memesan menu makanan Citilink (sumber: inilah.com)

Menu makanan yang tersedia dalam pesawat Citilink sangat variatif, mulai dari ayam saus béchamel dan kentang, mi goreng ayam panggang dan sayuran, nasi goreng ayam panggang, nasi uduk ayam panggang, nasi ulam dengan empal, hingga spaghetti saus bolognaise. Anda bisa memilih sendiri menu makanan atau minuman apa yang paling sesuai dengan selera. Khusus untuk pesawat tipe Airbus, menu makanan yang tersedia biasanya hanya mie instan dan roti, pasalnya menurut pengalaman penumpang yang pernah naik pesawat Citilink tipe Airbus ternyata dalam pesawat tak tersedia oven.

Setiap penumpang pesawat Citilink juga memperoleh fasilitas bagasi check in gratis (free baggage) dengan berat maksimal 20 kg, dan bagasi kabin seberat 7 kilogram dengan dimensi 56 x 36 x 23 cm. Salah satu kelebihan Citilink dibanding maskapai lain adalah telah dimasukkannya pajak bandara (airport tax) ke dalam tarif tiket penerbangan. Dengan demikian, saat Anda sampai di bandara Anda bisa langsung menuju ruang tunggu dan tak perlu repot-repot antre lagi untuk membayar airport tax.

Ada lagi hal unik dari maskapai Citilink. Saat pesawat mendarat dengan selamat di bandara tujuan, biasanya sebelum pintu pesawat terbuka, pramugari akan melontarkan pantun yang menarik. Misalnya saja pantun berbunyi, “Jalan-jalan ke Tanah Abang, jangan lupa ke Semanggi. Jangan lupa kalau terbang, naik Citilink lagi.” Hingga kini belum ada maskapai sejenis yang memberikan ‘salam perpisahan’ semacam itu selain Citilink. Belum lagi, pramugari Citilink juga tidak menggunakan seragam yang terlalu formal dan kaku. Sehingga suasana penerbangan bersama Citilink sangat sesuai untuk Anda yang menyukai segala hal praktis dan simpel.

Terdapat sejumlah promo menarik yang Anda dapatkan dari ini, seperti paket Flight Plus dengan biaya sekitar Rp12,5 juta, Green Pass dengan khusus mulai dari Rp660 ribu, promo free of charge dengan diskon sampai 10%, Paket 3H2M, dan Green Zone. Produk yang juga ditawarkan Citilink meliputi Citilink Merchant, Store, Kafe, dan Super Shield.

Armada pesawat Citilink (sumber: tripadvisor.co.id)
Armada pesawat Citilink (sumber: tripadvisor.co.id)

Untuk tarif promo terbaru dengan penerbangan Surabaya – Palangkaraya dikenai tarif Rp439 ribu, Jakarta – Tanjung Padang Rp599 ribu, Palembang – Padang Rp399 ribu, Bandung – Praya Rp549 ribu, Surabaya – Kupang Rp639 ribu, Jakarta – Banjarmasin Rp529 ribu, dan perjalanan Surabaya – Pekanbaru Rp609 ribu. Pada paket 3H2M, Anda akan mendapatkan promo menarik untuk sejumlah kota tujuan tertentu seperti Surabaya, Denpasar, Yogyakarta, , dan Medan. Sedangkan, harga normal tiket pesawat Citilink didapatkan dari agen perjalanan kisaran Rp959 ribu. 

Destinasi terpopuler penumpang Citilink yakni penerbangan Bali dari Jakarta dengan tarif berkisar Rp1.187.000 per pack, Jakarta – Surabaya Rp1.305.000 per pack, Jakarta – Yogyakarta Rp1.042.000 per pack. Melalui website resmi Citilink, terdapat sejumlah akomodasi pilihan khusus bagi penumpang, diantaranya penginapan di Harper Kuta Bali dengan rate Rp406.700  per malam, Prime Plaza Hotel Jogjakarta dengan biaya menginap Rp602 ribu, Kota Indah Bukit Plaza Rp700 ribu. 

Maskapai Citilink dinobatkan sebagai salah satu maskapai dengan perkembangan terpesat di Indonesia. Selain itu, Citilink telah berkali-kali memenangkan penghargaan bergengsi, sebagai bukti bahwa anak perusahaan dari Garuda Indonesia ini berhasil memberikan pelayanan terbaik untuk para penumpangnya. Terlebih kenyamanan penumpang menjadi prioritas utama Citilink.

Pelanggan Citilink

Lihat Juga:   Ingin Rasakan Pengalaman Naik Kapal Selam? Ini Harga Tiket Odyssey Submarine Bali

Email: info@citilink.co.id
Call center: +62804 1 080808 (24 jam) atau +6221 6379 8000
Alamat: Menara Citicon Lt. 14, Jl. S Parman Kav. 72 Slipi, Jakarta Barat 11410, Indonesia
Check-in online: www.citilink.co.id

[Update: Ditta]




Tentang Dian Kartika1109 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan