Transit di KLIA 2 dan Ingin Mandi? Ini Lokasi Shower Room di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2




Shower Room KLIA2 - www.tripadvisor.com.ph
Shower Room KLIA2 - www.tripadvisor.com.ph

International Airport 2 alias KLIA 2 adalah baru milik negara Malaysia yang sengaja dibangun untuk menjadi hub internasional generasi berikutnya dari Malaysia yang memungkinkan konektivitas tanpa batas untuk maskapai penerbangan berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC), lokal, maupun maskapai internet. KLIA 2 dibangun dalam rangka mengakomodir pertumbuhan yang signifikan dalam industri berbiaya rendah. KLIA 2 disebut-sebut mampu melayani 45 juta penumpang per tahun dan resmi dibuka sejak 2 Mei 2014 lalu.

Meskipun dikhususkan melayani maskapai LCC, di KLIA 2 terbilang cukup lengkap. Layaknya bandar udara pada umumnya, misalnya area parkir, Lost & Found, pertokoan, gerai dan minuman, money changer, , lounge, hub transportasi, bus, taksi, KLIA Ekspres, KLIA Transit, kereta api, MRT, LRT, monorail, komuter, persewaan mobil, layanan kesehatan, mushola, area khusus merokok, loker, layanan wrapping, toilet, dan masih banyak lagi.

Shower Room KLIA2 - www.tripadvisor.com.ph
Shower Room KLIA2 – www.tripadvisor.com.ph

KLIA 2 juga disebut-sebut sebagai bandara yang ramah backpacker. Pasalnya ada banyak fasilitas yang disediakan secara free alias gratis di bandara satu ini mulai dari menginap alias tidur dalam bandara, minum air putih, hingga mandi gratis. Bagi Anda yang beragama Islam, tak perlu khawatir untuk mencari tempat beribadah. Di Kuala Lumpur International Airport 2 terdapat surau atau musala yang memungkinkan Anda untuk tetap menunaikan salat 5 waktu.

Musala di Kuala Lumpur International Airport 2 berjumlah sekitar 15 ruangan yang tersebar di kawasan Kuala Lumpur International Airport 2 dan bisa digunakan oleh umum. musala berada di gateway@KLIA2 Mall, tepatnya di Level 1 (lantai 1), seberang Capsule by Container Hotel dan di Level 2 (lantai 2) di belakang gerai Original Classic.

Apabila Anda merasa sangat lelah dan ingin tidur sebentar, Anda juga bisa mengikuti jejak para pengguna jasa KLIA 2 yang biasanya memanfaatkan musala untuk menginap. Meski sebenarnya tidak diizinkan, tetapi beberapa pengunjung yang tidur di dalam musala biasanya tidak akan diusir oleh petugas. Untuk tetap menjaga etika, sebaiknya hindari tidur menggunakan alas dari sajadah musala. Anda bisa tidur beralaskan jaket, sleeping bag, atau sebagainya, yang paling penting jangan sampai mengganggu pengunjung lain yang hendak beribadah ya!

Lihat Juga:   Makan Apel Sepuasnya di Malang Wisata Petik Apel Kusuma Agrowisata Batu

Nah, jika Anda termasuk orang yang tak terbiasa atau tidak tahan jika tak mandi sehari saja saat bepergian, Anda juga tidak perlu resah. Bandara sebesar Kuala Lumpur International Airport 2 pun menyediakan fasilitas toilet yang bisa digunakan oleh para pengguna jasa bandara. Toilet di Kuala Lumpur International Airport 2 sebenarnya tersebar di berbagai penjuru. Namun sayangnya yang dilengkapi shower room hanya beberapa saja. Layanan mandi gratis di KLIA 2 bisa Anda temukan di pintu masuk penerbangan domestik alias Perlepasan Dalam Negeri yang berlokasi di lantai 3, tepatnya di samping KK Mart.

Di toilet samping KK Mart tersebut kabarnya ada banyak shower room yang bisa Anda pakai kapan saja tanpa dipungut sepeser pun. Asyik kan? Akan tetapi perlu diingat bahwa toilet tersebut lokasinya ada di luar terminal kedatangan dan keberangkatan, jadi Anda masih harus melewati Imigrasi jika sekadar transit di KLIA 2.

Shower Room KLIA2 - www.tripadvisor.com.my
Shower Room KLIA2 – www.tripadvisor.com.my

Tetapi bila Anda ingin mandi di toilet yang tak perlu melewati konter Imigrasi, rupanya ada salah satu toilet yang dilengkapi shower di area ruang tunggu blok Gate P. Sayangnya bilik mandi atau shower room di toilet tersebut kabarnya hanya tersedia 1 saja dan seluruh shower room di Kuala Lumpur International Airport 2 biasanya tidak dilengkapi air hangat, jadi hanya air biasa saja.

Uniknya, pihak pengelola Kuala Lumpur International Airport 2 biasanya memang sengaja meletakkan bilik mandi atau shower room tersebut di bagian paling ujung atau terkesan sedikit ‘tersembunyi’. Oleh sebab itu, apabila Anda memiliki kebutuhan mendesak untuk mandi, sebaiknya lebih cermat lagi untuk mengecek toilet hingga ke bagian paling ujung.

Lihat Juga:   Ini Deretan Tempat Wisata Edukatif di Bandung yang Cocok untuk Keluarga

Jika kesulitan menemukan fasilitas shower room yang kosong atau gratis, Anda yang memiliki dana lebih juga bisa memanfaatkan layanan mandi di beberapa hotel yang berada dalam kawasan Kuala Lumpur International Airport 2, misalnya seperti Sama-Sama Express Hotel, Capsule by Container Hotel, dan Plaza Premium Lounge. Biaya mandi di hotel-hotel yang ada di kawasan KLIA 2 tersebut kabarnya tidak terlalu mahal kok.

Meski di Kuala Lumpur International Airport 2 sudah tersedia banyak mini market yang memungkinkan Anda untuk membeli keperluan pribadi seperti air minum, mungkin beberapa dari Anda ingin lebih berhemat dan mencari di mana kira-kira lokasi yang memungkinkan Anda mendapatkan fasilitas air minum gratis. Lain dengan negara-negara di Eropa atau Amerika, air keran di KLIA 2 kabarnya tak terlalu direkomendasikan untuk diminum langsung. Jadi, sebaiknya carilah air yang memang matang. Kabarnya air dispenser bisa Anda temukan dan Anda ambil secara gratis di Baby Rooms.

Dispenser di sana biasanya disediakan untuk memudahkan para ibu yang ingin membuat susu untuk buah hatinya. Anda bisa mengambil air secukupnya untuk mengisi botol minum Anda yang kosong. Atau kalau ternyata air dispenser di Baby Rooms habis, Anda bisa membeli di beberapa mart yang ada di KLIA 2. Pilihan mini market yang menjual air minum paling kabarnya ada di Family Mart. air minum di sana dibanderol sekitar 1,5 MYR saja atau sekitar Rp 5 ribuan.




Tentang Dian Kartika1112 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan