Info Rute, Jadwal dan Cara Naik Bus Macito (Malang City Tour)

  • Whatsapp
Bus Macito Malang - (travel.kompas.com)
Bus Macito Malang - (travel.kompas.com)

Malang City Tour (Macito) menjadi bus andalan untuk memfasilitasi wisatawan dan warga lokal berkeliling di sejumlah ruas jalan kota. Sempat tidak beroperasi, Pemkot Malang mengembalikan peran penting bus tersebut dengan menghadirkan armada yang memiliki desain terbaru. Cara naik bus Macito ini cukup mudah dengan memperhatikan jadwal trip-nya tanpa mengeluarkan biaya alias gratis.

Bus Macito merupakan salah satu program transportasi wisata yang dicanangkan sejak masa pemerintahan Wali Kota Malang terdahulu, Mochamad Anton. Bus ini sempat lama berhenti beroperasi karena berbagai kendala. Tak heran jika kehadirannya begitu dinantikan masyarakat Malang dan wisatawan.

Bacaan Lainnya

Selama tidak beroperasi, Pemkot Malang berupaya mengembalikan peran bus Macito dengan memperbaiki armada yang lama. Namun, rencana tersebut terbentur izin dari pemerintah pusat karena besarnya biaya. Pada awal 2022 lalu, Pemkot Malang akhirnya meluncurkan armada Macito versi terbaru dan desain lebih paripurna. Kabarnya, satu unit bus Macito terbaru itu menghabiskan anggaran Rp1,08 miliar. Kini, ada total lima unit bus Macito, dengan empat di antaranya punya fasilitas akses bagi penyandang disabilitas. 

Spesifikasi Bus Macito Terbaru

Jika sebelumnya Macito merupakan bus dua tingkat dengan warna hijau tua, kini versi terbarunya keluar dengan warna lain, di antaranya biru tua dan hijau toska. Bus Macito terbaru ini terbilang cukup besar dengan panjang 7,4 meter, lebar 2,1 meter, dan tinggi 3,1 meter. Meski tetap mengusung gaya , armada bus Macito sekarang tidak lagi bertingkat. 

Bus ini juga dilengkapi logo singa dan berkapasitas lebih dari 20 orang. Tema yang diambil adalah skipping Kota Malang yang memiliki banyak bangunan gotik zaman kolonial . Bus Macito terbaru dilengkapi dengan tulisan ‘Het Dorado van East Java’ yang berarti ‘Dorado dari Timur’ di sisi samping bus sebagai nama baru Kota Malang. Lebih menyenangkan lagi, Macito sekarang dilengkapi tangga hidrolik sehingga memudahkan para penyandang disabilitas.

Lihat Juga:   Cara ke Dufan Naik KRL dan Busway, Berapa Tarifnya?

Perancangan bus Macito relatif singkat karena membutuhkan waktu 19 hari saja. Bus ini juga memakai bahan khusus, sehingga daya tahannya diperkirakan bisa mencapai 20 tahun anti keropos. Kecepatan bus berkisar 20 km per jam. Dengan spesifikasi ini, bus tersebut bisa beroperasi dan layak jalan untuk mengangkut masyarakat berkeliling Kota Malang.

Jika berminat naik Macito untuk berkeliling Kota Malang, di antaranya kawasan Kayutangan Heritage, Anda bisa langsung mendatangi eks kantor Dinas Lingkungan Hidup di Jalan Majapahit, Kota Malang, atau titik awal dan finish dari rute bus Macito. Berikut info jadwal dan rute trip bus Macito saat ini.

Bus Macito Malang - (travel.kompas.com)
Bus Macito Malang – (.kompas.com)

Jadwal Trip Bus Macito

Hari Jam Trip Bus Macito
Senin – Kamis Trip I: 09.00-09.40 WIB
Trip II: 09.40-10.20 WIB
Trip III: 10.20-11.00 WIB
Trip IV: 13.00-13.40 WIB
Trip V: 13.40-14.20 WIB
Trip VI: 14.20-15.00 WIB
Sabtu – Minggu Trip I: 10.00-10.40 WIB
Trip II: 10.40-11.20 WIB
Trip III: 13.00-13.40 WIB
Trip IV: 13.40-14.20 WIB
Trip V: 15.30-16.10 WIB
Trip VI: 16.10-16.50 WIB
Trip VII: 16.50-17.30 WIB

Melalui bus gratis ini, akan diajak berkeliling ke sejumlah ruas jalan kota yang mempunyai nilai sejarah selama 40 menit, seperti Jalan Basuki Rahmat atau Kayutangan, Jalan Besar Ijen, Alun-Alun Tugu, dan Stasiun Malang Kota Baru. Operasional Macito didukung dengan aplikasi yang telah disiapkan Dinas Kominfo Kota Malang. Anda pun bisa mendaftarkan diri secara dengan mengunduh aplikasi Macito di Playstore tanpa perlu antre.

Lihat Juga:   Malang Homestay, Akomodasi Empat Kamar Tarif Rp1 Jutaan di Sawojajar

Cara Naik Bus Macito

  • Mengunduh aplikasi bernama Macito di Playstore.
  • Mendaftar dengan mengisi identitas beserta nomor ponsel, KTP dan email.
  • Memesan perjalanan dan mengisi jadwal perjalanan. Jika berangkat sendiri, bisa memilih pilihan individu. Sementara jika naik bersama kerabat, bisa memilih pilihan rombongan. 
  • Memilih nomor kursi.
  • Calon  penumpang akan mendapatkan notifikasi kode perjalanan yang dapat ditunjukkan kepada petugas Dishub Kota Malang saat menaiki bus Macito.
  • Calon penumpang mendatangi titik kumpul yang berada di Jalan Majapahit untuk menaiki bus Macito. Di dalam bus, terdapat petugas Dishub Kota Malang yang memandu perjalanan penumpang.

    Bus Macito Malang - (travel.kompas.com)
    Bus Macito Malang – (travel.kompas.com)

Rute Bus Macito

Rute bus Macito Rute dimulai dari titik kumpul di Jalan Majapahit mengelilingi Alun-Alun Bundaran Tugu. Di sana, wisatawan dapat melihat bundaran alun-alun peninggalan Belanda yang dikelilingi kolam teratai dan terdapat tugu di tengahnya sebagai simbol perjuangan bangsa Indonesia. Setelahnya, wisatawan diajak melewati kawasan Kayutangan Heritage yang memiliki suasana Malang Tempoe Doeloe. Di kawasan tersebut, masih ada bangunan pertokoan lawas dan ornamen lampu-lampu kuno seperti serasa di Malioboro, .

Perjalanan dilanjutkan melewati Alun-Alun Merdeka, kemudian melewati Jalan Ijen yang di tengahnya terdapat cantik. Di samping kanan dan kirinya, Anda dapat melihat rumah-rumah mewah dengan arsitektur kuno zaman Hindia Belanda. Rencananya, rute perjalanan bus Macito ini akan ditambah seiring banyaknya permintaan wisatawan. 

Selain berkeliling Kota Malang, Pihak Disporapar Kota Malang mengusulkan program baru dengan memperbolehkan penumpang Macito menyusuri spot wisata, salah satunya kawasan Kayutangan. Rencana ini akan dibahas lebih lanjut, bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di kawasan Kayutangan. Nantinya, penumpang bus Macito bisa masuk, mengeksplorasi, dan berburu spot foto di Kampung Heritage Kayutangan selama 30 menit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan