Pilihan dan Harga Tiket Sleeper Bus Makassar-Toraja




Sleeper bus Makassar-Toraja (sumber: phinemo.com)
Sleeper bus Makassar-Toraja (sumber: phinemo.com)

menjadi salah satu moda transportasi yang diminati banyak orang, salah satunya punya yang terjangkau. Namun, durasi perjalanan menggunakan memang relatif lama, terlebih akses antar-kota antar-provinsi, sehingga membuat penumpang capek dan bosan. Nah, untuk meminimalkan hal tersebut, sekarang sudah banyak perusahaan otobus (PO) yang menghadirkan sleeper bus. Biasanya, bus tipe ini tersedia untuk perjalanan jarak jauh antar-kota luar provinsi seperti Jakarta-Jogja atau Makassar-Toraja.

Transportasi memang memegang peranan penting dalam perkembangan suatu daerah berkaitan dengan mobilisasi pergerakan arus orang dan jasa.[1] Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak masyarakat yang akhirnya memiliki kendaraan pribadi, termasuk mobil. Tidak hanya sebagai sarana transportasi dari satu tempat ke tempat yang lain, memiliki mobil juga dapat meningkatkan prestise yang akan memberikan kepuasan tersendiri.[2]

Menggunakan kendaraan pribadi memang lebih praktis, tetapi dapat membuat kondisi jalan menjadi macet, terutama di area perkotaan yang padat. Karena itu, dibutuhkan transportasi umum untuk memberikan derajat fleksibilitas yang tinggi guna menyaingi secara efektif mobil pribadi atau yang diistilahkan mobilitas personal.[3]

Akhirnya, muncul banyak transportasi umum, salah satunya bus. Bus sering dipilih karena diklaim mampu menjangkau kota-kota kecil yang belum bisa transportasi umum lainnya seperti kereta api dan pesawat.[4] Tidak heran jika kemudian jumlah penumpang bus tidak lantas menyusut meskipun kereta api semakin mempersolek diri, sedangkan maskapai penerbangan rajin memberikan diskon tiket.

Kelebihan Sleeper Bus

Namun, seperti yang Anda ketahui, perjalanan dari satu provinsi ke provinsi lain menggunakan bus umum membutuhkan waktu yang lumayan lama. Lain lagi jika Anda menumpang pesawat terbang, yang dapat dicapai dalam hitungan jam. Kondisi ini tentu dapat membuat penumpang merasa bosan dan lelah, terlebih jika jalanan yang dilalui kebetulan sedang macet.

Lihat Juga:   Tarif Sleeper Bus Jakarta-Solo, Fasilitas Mirip Pesawat

Nah, untuk meminimalkan hal tersebut, sekarang muncul apa yang disebut sleeper bus. Sleeper bus dapat dikatakan sebagai kelas tertinggi dalam pelayanan bus antar-kota antar-provinsi.[5] Di Benua Biru, sleeper bus adalah bus berukuran penuh, tetapi dirancang secara internal untuk hanya membawa sekitar 8 hingga 18 penumpang.

Sleeper bus secara umum memiliki konfigurasi 1-1, dengan kursi yang dapat direbahkan dengan kabin privasi tersendiri. Kabin bus bisa dibuat khusus seperti kabin personal di pesawat, memiliki seat atau tempat tidur yang berasal dari kursi penumpang dengan sandaran kaki yang panjang, serta memiliki sandaran punggung yang bisa direbahkan sampai 150 derajat.[6]

Fasilitas sleeper bus Makassar-Toraja (youtube: Andriawan Pratikto)
Fasilitas sleeper bus Makassar-Toraja (youtube: Andriawan Pratikto)

Baik di Inggris maupun AS, banyak sleeper bus yang sekarang didukung dengan TV dan permainan video di setiap tempat tidur, akses internet, mesin pembuat kopi, kasur busa dengan lebar, penyejuk udara yang layak, dan lain-lain. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian beberapa perusahaan menggunakan sleeper bus ini sebagai hotel berjalan, yang bisa dijadikan tempat bermalam turis ketika berkunjung ke lokasi yang kebetulan tidak menyediakan penginapan.

Pilihan Sleeper Bus Makassar-Toraja

Seperti disinggung di atas, sudah ada sejumlah sleeper bus yang beroperasi di Indonesia, termasuk melayani rute Makassar-Toraja. Untuk rute tersebut, bus yang cukup populer adalah milik PO Bintang Prima. Sleeper bus ini memiliki empat hingga delapan kursi yang diletakkan di sisi belakang bus. Sementara itu, bagian depan hingga tengah tetap diisi kursi-kursi yang nyaman. Fasilitas yang diperoleh penumpang kelas sleeper antara lain bantal, guling, serta selimut.

Lihat Juga:   Deretan Penginapan di Pondok Kopi, Jakarta dengan Harga Bersahabat

Pilihan sleeper bus lainnya yang melayani perjalanan Makassar-Toraja adalah PO Bintang Timur. Bus ini memiliki warna dan livery cukup beragam, yakni hijau merah, silver, biru dan ungu. Perusahaan mengklaim bahwa sleeper bus PO Bintang Timur merupakan sleeper bus pertama yang menggunakan sasis sari Mercedes-Benz 0500RS 1836, sebuah sasis premium dengan daya hingga 300 tenaga kuda.

Sleeper Bus Makassar-Toraja

Nama Bus
PO Bintang Timur Rp300.000
PO Bintang Prima Rp300.000

Harga tiket sleeper bus rute Makassar-Toraja di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah online travel agent. Perlu Anda catat bahwa sleeper bus tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain dua pemain di atas, kabarnya ada sejumlah PO yang akan meramaikan sleeper bus rute Makassar-Toraja, seperti PO Metro Permai.

[1] Khisty, C. Jotin. 2006. Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi Jilid 2 (Edisi 3). Jakarta: Erlangga.

[2] Marpaung, Anna Octora dan Rachmat Sumanjaya Hasibuan. 2013. Analisis Dampak Kebijakan Pembatasan Uang Muka Kredit (Down Payment) terhadap Permintaan Mobil di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Universitas Sumatera Utara, Vol. 1(11): 1-11.

[3] Putri, Vivi Ria dan Rizky Karina M. R. Brahmana. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Transportasi Bus (Studi Kasus pada Perusahaan Otobus di Lombok). Agora, Vol. 3(1): 168-1176.

[4] Firmansyah, Rudi dan Hamdan Bahalwan. 2021. Desain Interior Bus Tingkat Sleeper Class. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri dan Arsitektur, Vol. 9(2): 109-115.

[5] Ibid.

[6] Ibid.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan