Biaya ke Pulau Noko, Surga Tersembunyi di Bawean




Pulau Noko Bawean (sumber: jawapos)
Pulau Noko Bawean (sumber: jawapos)

Apakah Anda pernah jalan-jalan ke Pulau Bawean? Jika Anda mendambakan yang tenang dan nyaman, maka pulau di Kabupaten Gresik ini wajib Anda datangi. Di dekat kawasan tersebut juga ada Pulau Noko yang menawarkan hamparan pasir putih yang luas dan bersih dan keindahan bawah laut. Hanya berselang 20 menit dari Bawean, Anda bisa menyewa perahu ke Pulau Noko dengan yang cukup terjangkau.

Hingga detik ini, Bali memang masih menjadi tujuan liburan banyak orang, baik dari dalam maupun luar negeri. Namun, diakui atau tidak, sebagai destinasi wisata, Pulau Dewata sudah mencapai titik jenuh, ketika hampir tiga juta orang berkunjung ke provinsi tersebut.[1] Karena itu, masyarakat memerlukan liburan baru yang lebih fresh dan kondisi alamnya masih terjaga.

Indonesia sendiri sebenarnya memiliki banyak tempat tersembunyi dan belum banyak dijamah sebagai wisata, dan salah satu yang sekarang sudah mulai dipromosikan besar-besaran adalah Pulau Bawean. Secara administratif, Pulau Bawean terletak sekitar 150 km di utara Pulau Jawa dan masuk wilayah Kabupaten Gresik dan sering disebut sebagai Bali-nya , karena punya banyak pantai yang masih oke.[2]

Sebuah survei menunjukkan, paling menarik di Pulau Bawean menurut pengunjung adalah danau pantai dengan persentase sebesar 28 persen, disusul sebesar 13,41 persen, vegetasi dan satwa dengan persentase masing-masing 10,98%, serta lainnya sebesar 9,76 persen.[3] Umumnya, aktivitas wisatawan di pulau ini mencakup melihat dan menikmati pemandangan, melihat satwa, tracking, hingga penelitian.

Pantai pasir putih di Pulau Noko (sumber: jejakpiknik.com)
Pantai pasir putih di Pulau Noko (sumber: jejakpiknik.com)

Lokasi dan Pesona Pulau Noko

Ketika Anda memutuskan liburan ke Pulau Bawean, Anda tidak hanya bisa rekreasi di satu tempat. Pasalnya, di dekat pulau tersebut, juga sudah tersedia sejumlah pulau oke lainnya dengan ukuran lebih kecil, salah satunya Pulau Noko. Seperti pulau pada umumnya, daya tarik utama daerah ini tentu saja pantai dengan pasir putih plus pemandangan lautan luas yang memesona.

Lihat Juga:   Villa Bahagia Songgoriti, Akomodasi Bersih Dekat Pemandian Tirta Nirwana

Lalu, di mana letak Pulau Noko? Pulau ini berada di sebelah barat Pulau Gili, pulau kecil lainnya di dekat Pulau Bawean yang sudah dihuni penduduk. Jika wisatawan berangkat dari Pulau Bawean, perlu menyeberang menggunakan perahu motor (bisa disewa melalui sejumlah nelayan setempat) melintasi lautan dengan durasi waktu sekitar 15 sampai 20 menit. Lokasi Pulau Noko bersebelahan dengan Pulau Gili Timur.

Pulau ini tidak terlalu luas, hanya sekitar 1 km persegi, bahkan ada yang menyebutnya cuma membentang 600 meter dengan lebar 25 meter. Karena daratannya relatif kecil, tidak ada penduduk di tempat tersebut. Sepanjang pulau, wisatawan hanya akan menemukan semak belukar dan pasir pantai yang putih bersih. Jadi, jika Anda ingin menenangkan diri atau refreshing, Pulau Noko menjadi spot yang pas.

Meskipun punya ukuran yang tidak terlalu luas, banyak aktivitas yang dapat dilakukan turis saat memutuskan liburan ke Pulau Noko. Anda tentu tidak akan melewatkan bermain pasir pantai sekaligus berenang tipis-tipis di air laut yang biru dan jernih. Apabila Anda doyan menyelam, maka Pulau Noko menjadi tempat snorkeling yang tepat lantaran punya keindahan bawah laut yang tiada tara. Bahkan, kawasan ini kerap disebut-sebut sebagai salah satu spot snorkeling terbaik di Indonesia.

Lihat Juga:   Camping di Pulau Kotok dengan Panorama Pantai yang Menawan

Ketika malam menjelang, pasir putih di Pulau Noko akan tampak menyala seperti mutiara. Hal itu disebabkan pantulan cahaya mengenai air laut yang memang masih bersih dan jernih. Apalagi, saat bulan purnama, keindahan pulau ini akan semakin menjadi-jadi. Panorama keren seperti itu mungkin tidak akan Anda temukan di banyak tempat lain.

Biaya ke Pulau Noko

Berlabuh di Pulau Noko (sumber: rri.co.id)
Berlabuh di Pulau Noko (sumber: rri.co.id)
Tarif
Tiket Kapal Laut ke Pulau BaweanKapal Bahari Ekspres 8E : Rp146.500 – Rp162.500
Kapal Gili Iyang : Rp59.000 – Rp76.000
Kapal Natuna Ekspres : Rp146.000 – Rp162.500
Tiket Pesawat Surabaya – BaweanRp353.500
Sumenep – BaweanRp301.100
Tiket Perahu Motor Bawean – NokoRp250.000 (kapasitas 10 orang)
Rp350.000 – Rp400.000 (kapasitas 30 orang)

Tarif atau harga transportasi ke Pulau Noko di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bocoran sejumlah pengunjung. Perlu Anda catat bahwa biaya transportasi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pada April 2021 kemarin, Pemerintah Kabupaten Gresik sempat menggratiskan biaya kapal menuju Pulau Noko dari Bawean dalam rangka mempromosikan wisata setempat.

[1] Goenawan, Johan Christian, Arief Agung Suwasono, Daniel Kurniawan Slamoon. 2013. Perancangan Video Promosi Pulau Bawean Beserta Media Pendukungnya. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra, Vol. 1(2).

[2] Ibid.

[3] Ramli, Mohammad, E. K. S. Harini Muntasib, Agus Priyono Kartono. 2012. Strategi Pengembangan Wisata di Pulau Bawean Kabupaten Gresik. Media Konservasi, Vol. 17(2): 79-84.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan