Tarif Chalet Sungai Congkak, Penginapan Pinggir Sungai di Hulu Langat Malaysia




Chalet Sungai Congkak - congkakecoresort.com
Chalet Sungai Congkak - congkakecoresort.com

Hulu Langat, Selangor, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki setidaknya tiga air terjun, antara lain Air Terjun Sungai Gabai, Air Terjun Sungai Lepoh, dan Air Terjun Perdik, dengan sumber air dari enam sungai, salah satunya Sungai Congkak.[1] Nah, di pinggir sungai tersebut, terdapat sebuah bernama Chalet Sungai Congkak yang menawarkan fasilitas lengkap dengan relatif terjangkau.

Fasilitas Chalet Sungai Congkak

Chalet Sungai Congkak merupakan akomodasi sederhana yang termasuk bagian dari Congkak Eco , yang berada di Kuala Pangsun, Hulu Langat, Selangor, Malaysia. Seperti namanya, chalet atau penginapan kecil ini memang berada di pinggir sungai. Sehingga, para tamu harus berjalan menyusuri setapak pinggir sungai untuk sampai di chalet.

Mengusung hunian klasik, akomodasi ini memiliki dua jenis bangunan, yakni chalet kayu dan batu. Chalet kayu merupakan penginapan berbentuk rumah-rumah kecil yang terbuat dari kayu. Setiap chalet memiliki batasan berupa pohon yang tumbuh lurus seperti tiang. Selain dijadikan pembatas, pohon tersebut digunakan untuk menempel nomor chalet.

Tak jauh dari chalet kayu, Anda bisa menemukan chalet batu. Berbeda dengan chalet kayu yang terkesan dan sangat sederhana, tampilan chalet batu lebih modern. Bangunan akomodasi ini terbuat dari batu bata dan sekilas mirip dengan rumah penduduk pada umumnya, hanya saja ukurannya lebih kecil.

Meskipun material bangunan chalet berbeda, tetapi model bangunannya sama. Chalet kayu maupun batu memiliki teras dan halaman depan berupa taman pinggir sungai. Tempat ini berfungsi sebagai area bersantai pribadi. Dari beranda depan, Anda bisa langsung melihat sungai dan keindahan alam yang masih asri.

Lihat Juga:   Serba Ungu di Ungu Guest House Bandung
Chalet Sungai Congkak - @Alex Ching
Chalet Sungai Congkak – @Alex Ching

Selain memiliki teras dan beranda, beberapa chalet dilengkapi dapur yang terhubung ke bagian belakang penginapan. Dapur ini sudah difasilitasi dengan alat memasak, termasuk kompor gas dan alat penggorengan. Ada juga dapur yang dibekali dengan peralatan makan, tetapi sebaiknya Anda membawa sendiri dari rumah untuk berjaga-jaga jika kurang.

Bagian dalam pondok pinggir sungai ini juga dilengkapi dengan perabotan kamar pada umumnya, seperti lemari pakaian, set meja rias, set kursi meja malas, dan kasur yang nyaman. Selain itu, chalet ini memiliki kamar mandi kecil di pojok kamar dan dibekali kloset duduk, shower, serta tempat menggantung baju.

Meskipun cukup sederhana dan terlihat tradisional, Chalet Sungai Congkak sudah memiliki aliran listrik yang baik. Setiap pondok kayu atau batu didukung lampu depan yang cukup terang. Sehingga, suasana penginapan tidak terlalu menyeramkan saat malam. Hanya saja, tidak ada penerangan di wilayah taman dan pinggir sungai, sehingga Anda tidak disarankan menjelajah sungai di malam hari.

Aliran Sungai Congkak Hulu Langat di area chalet memiliki arus air yang cukup tenang, sehingga biasa dipakai untuk bermain atau merendam kaki. Di tempat ini juga sudah tersedia bale-bale dan kursi taman sebagai tempat beristirahat. Beberapa sering memanfaatkan daerah tersebut sebagai tempat berpiknik bersama .

Selain bisa menikmati keindahan sungai dengan bermain air, pihak Congkak Eco Resort menyediakan paket berupa jungle tracking, river tracking, night walk, dan river cross untuk para penghuni chalet. Jungle tracking merupakan acara berkelompok dengan kegiatan menjelajah hutan di sekitar Sungai Congkak. Ini biasanya memakan waktu lebih dari 30 menit. Tentunya akan cukup menyenangkan untuk Anda yang suka mengeksplorasi alam.

Lihat Juga:   Update Fasilitas dan Tarif Penginapan Cottage di Pantai Laguna Helau, Lampung

Kegiatan river tracking hampir sama dengan jungle tracking, hanya saja dilakukan di pinggir sungai dan di bagian sungai yang dangkal. Lalu, night walk merupakan salah satu acara jalan-jalan malam yang hampir mirip dengan jurit malam saat Anda mengikuti kegiatan pramuka. Jika kegiatan-kegiatan ini kurang memacu adrenalin, Anda bisa mengikuti acara river cross berupa menyeberangi Sungai Congkak yang agak dalam.

Bagi Anda yang berminat menginap di Chalet Sungai Congkak sekaligus melakukan berbagai keseruan di atas, pastikan Anda mengetahui biaya sewa akomodasinya. Sebagai referensi harga sewa Chalet Sungai Congkak, Anda bisa melihat tabel berikut.

Chalet Sungai Congkak - congkakecoresort.com
Chalet Sungai Congkak – congkakecoresort.com

Tarif Chalet Kayu Sungai Congkak

Nama ChaletTarif per Malam
LeemasaiRM 180
SelayihRM 160
LimbatRM 160
KelahRM 120
BujukRM 380

Tarif Chalet Batu Sungai Congkak

Nama ChaletTarif per Malam
Tengas RM 180
Seluang 1RM 200
Seluang 2RM 160
LelanRM 180
HaruanRM 180
SemilangRM 250
BaungRM 120

Harga sewa Chalet Sungai Congkak di atas tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Anda bisa melakukan secara langsung di atau menghubungi pihak pengelola melalui telepon di nomor 017 309 0190.

[1] Nozmi, Noramira, dkk. 2018. Low Levels of Knowledge, Attitudes and Preventive Practices on Leptospirosis among a Rural Community in Hulu Langat District, Selangor, Malaysia. International Journal of Environmental Research and Public Health, Vol. 15: 2-15.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan