Objek Wisata dan Estimasi Biaya Liburan ke Malang




Salah satu sudut Kota Malang (sumber: kompas)
Salah satu sudut Kota Malang (sumber: kompas)

Malang memiliki banyak potensi wisata yang tak boleh dianggap remeh. Deretan destinasi akan membuat Anda betah dan ingin kembali lagi ke Kota Apel tersebut. Banyaknya tempat yang direkomendasikan pasti membuat Anda bingung menentukan estimasi biaya ke Malang. Terlebih, jika Anda berlibur sendiri dengan sistem maka perlu banyak memperhitungkan budget liburan.

Selain sebagai kota pendidikan, Kota Malang memiliki populasi penduduk yang hampir satu juta jiwa.[1]Kota Malang berada di dataran tinggi yang memiliki hawa sejuk dan kini berkembang menjadi kota kedua terbesar di Jawa Timur. Terdapat deretan mulai dari alam hingga buatan yang patut dikunjungi.

Wisata Pantai

Bicara soal pantai, Malang juga menyimpan beragam pesona dari pantainya, meliputi Pulau Sempu, Pantai Balekambang, Pantai Gatra, Pantai Watu Leter, Pantai Batu Bengkung, Pantai Tiga Warna, Pantai Clungup, Pantai Kondang Merak, Pantai Ngantep, dan sejumlah pantai lainnya. Tak perlu khawatir soal budgetnya, masuk ke pantai-pantai di Malang Selatan terbilang terjangkau dan tidak menguras dompet Anda. Anda cukup membayar kisaran Rp5 ribuan hingga Rp15 ribuan untuk tiket masuk dengan biaya parkir kendaraan tersendiri.

Wisata Religi

Tak cuma pantai, Anda juga harus mencoba rekomendasi objek wisata lain di Malang, seperti masjid. Pasalnya, banyak masjid besar dan megah di Malang yang memiliki nilai tinggi dengan arsitektur khasnya. Misalnya, Masjid Agung Malang yang merupakan perpaduan gaya Jawa dan Arab membuatnya tampak megah dan menjadi sorotan para yang bersinggah di dalamnya. Tidak hanya itu, Masjid Agung juga memiliki sumber air yang kadarnya hampir seperti air zam-zam, sehingga dapat langsung dikonsumsi. Anda dapat berkunjung ke masjid ini setiap saat Anda ingin beribadah ataupun hanya sekedar melihat-lihat.

Lihat Juga:   Penginapan Ilham, Akomodasi Murah Favorit Backpacker Saat Liburan ke Derawan
Alun-Alun Kota Malang (sumber: kompasiana.com)
Kota Malang (sumber: kompasiana.com)

Wisata Budaya

Objek wisata di Malang begitu lengkap, terbukti Anda pun dapat berwisata budaya di sana. Di Malang terdapat candi dan peninggalan kuno yang dapat ditemui dengan mudah. Misalnya, Candi Badut yang merupakan candi tertua di Jawa Timur. Biasanya Candi Badut digunakan untuk upacara keagamaan Hindu. Dengan berkunjung ke sana, Anda dapat menambah wawasan terkait sejarah dari candi ini. Anda tidak dikenai tarif masuk ke Candi Badut, tetapi Anda dapat memberikan uang seikhlasnya untuk pengelolaan dan perawatan candi.

Mempelajari budaya tak hanya sekadar mendatangi candi saja, di Malang juga terdapat sejumlah monumen bersejarah yang pastinya membuat Anda terkesan. Seperti Monumen Juang yang terletak di depan stasiun kereta api Malang. Patung yang memiliki tinggi 5 meter ini dibangun berdasarkan perjuangan warga Kota Malang melawan penjajah. Patung ini begitu megah dihiasi dengan pagar yang mengelilingi monumen tersebut, terdapat pula kutipan proklamasi di depan patungnya. Tentu saja, untuk menikmatinya Anda tak perlu mengeluarkan biaya.

Lihat Juga:   Villa Aswaja 2 Batu, Akomodasi Ramah Keluarga Dekat Jatim Park dan BNS

Rekreasi di Malang

Untuk hiburan, Anda tak perlu cemas sebab dapat menjelajahi tempat wisata seperti , BNS, Eco Green Park, hingga Museum Kesehatan. Masing-masing membutuhkan kocek mulai Rp100 ribu – Rp300 ribu per orang tergantung wisata yang dipilih.

Jika Anda memiliki budget tak kurang dari Rp500 ribu saja, rupanya Anda harus mengikuti sejumlah tips dan trik berikut agar dapat menikmati sejumlah wisata menarik di Malang serta tak boros uang.

Kampung Warna-Warni (sumber: kumparan)
Kampung Warna-Warni (sumber: kumparan)

Estimasi Biaya Liburan ke Malang

Komponen BiayaKisaran Tarif (Rp)
Kereta api (Jakarta – Malang) Kereta Api Matarmaja kelas ekonomi PP218.000
Penginapan hotel budget per malam100.000
Sewa motor 24 jam + bensin100.000
Pilihan Wisata
Kampung Jodipan (tiket masuk + parkir)5.000
Wisata Pantai (tiket masuk + parkir)20.000
BNS/Eco Green30.000
Makan dan minum25.000

Biaya di atas dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Jika jadwal liburan Anda terbatas, wisata pantai menjadi pilihan utama sebab akan membutuhkan waktu seharian untuk bermain puas di pantai. Sedangkan, jika Anda mencoba hal baru maka tak ada salahnya wisata religi dan budaya cukup asyik dilakukan.

[1]Bagus, Haryo. Peta 50 Tempat Makan Makanan Favorit di Malang(Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013), hlm. 3




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan