Tempat Wisata Pantai di Padang Panjang, Sumatera Barat




Lanskap Kota Padang Panjang (sumber: kodesingkatan.com)

Panjang merupakan salah satu kota di Barat dengan banyak tempat yang oke. Anda bisa menemukan keindahan alam berupa pegunungan, air terjun, dan bukit. Selain itu, ada juga beberapa yang letaknya tak jauh dari Padang Panjang dengan panorama yang indah. Beberapa pantai bahkan bisa digunakan sebagai tempat berenang, piknik, dan bersantai. Apa saja pantai tersebut?

Pantai Pasir Jambak

Pantai ini merupakan salah satu pantai terkenal yang letaknya tidak terlalu jauh dari Padang Panjang. Lokasinya berada di Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Padang Panjang, Sumatera Barat. Dari Padang Panjang menuju Pantai Pasir Jambak, Anda memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. 

Di Pantai Pasir Jambak, Anda tidak hanya disuguhkan pemandangan pantai yang indah, tetapi juga aneka jajanan pinggir pantai. Banyak orang yang menjual aneka seafood, mulai dari ikan bakar hingga kepiting saus padang. Seafood yang dijual di pantai ini memiliki citarasa yang khas. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan orang Sumatera sangat suka menggunakan rempah-rempah dalam berbagai masakannya.

Sembari menikmati panorama pantai dan makan seafood, Anda juga bisa mencicipi segarnya es kelapa muda. Es kelapa muda tidak hanya dijual dengan rasa original. Di sini, Anda bisa memesan es kelapa muda dengan berbagai sirup rasa-rasa. Tempat wisata alam ini cukup ramai di hari libur dan sedikit sepi di hari biasa, tempat ini juga akan semakin ramai saat siang dan menjelang sore.

Ada berbagai fasilitas umum yang disediakan untuk Anda dan keluarga yang ingin menikmati keindahan Pantai Pasir Jambak, seperti toilet umum, tempat bilas, peminjaman baju renang, peminjaman perahu dan papan selancar, serta bangku-bangku sebagai tempat bersantai yang nyaman. Untuk menikmati pemandangan pantai, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir mulai Rp15 ribu per kendaraan.

Pantai Pasir Jambak (sumber: instanbooking.id)
Pantai Pasir Jambak (sumber: instanbooking.id)

Pantai Gandoriah

Gandoriah merupakan salah satu pantai elok lainnya yang dapat Anda temukan tak jauh dari Padang Panjang. Dari daerah ini menuju pantai, Anda memerlukan waktu sekitar 1 jam 15 menit menggunakan kendaraan bermotor. Berbeda dengan Pantai Pasir Jambak, pantai ini tidak terlalu sering dikunjungi orang. Tidak banyak juga wisatawan asing di Pantai Gandoriah, karena lokasinya yang sedikit lebih terpencil dibanding Pantai Pasir Jambak.

Walaupun letaknya lebih terpencil, Pantai Gandoriah memiliki panorama yang tidak kalah menakjubkan dibandingkan Pantai Pasir Jambak. Pantai ini juga memiliki pasir putih dengan ombak cenderung lebih kencang. Pantai ini sendiri lebih sering dijadikan sebagai salah satu tempat untuk pelaksanaan upacara keagamaan oleh masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat.

Salah satu upacara adat yang setiap tahun dilaksanakan di pantai ini adalah pembuangan tabuik pada setiap 10 Muharram. Upacara selalu dilakukan pada saat matahari terbenam. Upacara pembuangan tabuik atau tabut dilaksanakan untuk memperingati gugurnya salah satu cucu Nabi Muhammad SAW, yaitu Imam Husain, dan dalam rangka memperingati Asyura. Setiap 10 Muharram, bagi Anda yang berkunjung ke pantai, khususnya menjelang Maghrib, Anda bisa melihat upacara tersebut.

Tidak hanya menghadirkan upacara adat, Anda juga bisa melihat langsung kebudayaan khas Minangkabau dan berbagai macam hiburan yang ada di sana. Untuk menikmati keindahan panorama di Pantai Gandoriah, Anda bisa langsung masuk saja atau memberi uang perawatan mulai Rp10 ribu. Jarang sekali orang ditarik uang untuk masuk karena kebanyakan dari mereka adalah penduduk sekitar.

Pantai Gandoriah (sumber: wisatakita.com)
Pantai Gandoriah (sumber: wisatakita.com)

Pantai Air Manis

Tak kalah terkenal dari Pantai Pasir Jambak, Pantai Air Manis juga sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan dikelilingi oleh bukit di sekitarnya. Tidak hanya menyajikan pemandangan alam yang asri, di pantai ini Anda juga bisa melakukan berbagai hal menyenangkan. Lokasinya sendiri berjarak 15 km dari Kota Padang. Sementara itu, dari Padang Panjang menuju Pantai Air Manis, membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit menggunakan kendaraan bermotor. 

Pantai ini terkenal memiliki ombak tidak begitu besar, sehingga cocok untuk dijadikan salah satu renang dan snorkeling. Bagi Anda yang berkunjung ke Pantai Air Manis, ada baiknya jika Anda membawa baju renang sendiri karena lapak peminjaman baju renang biasanya sudah kehabisan stok.

Selain berenang, Anda bisa meminjam motorboat untuk menuju sebuah pulau dengan nama “Pisang Kecil”. Di pulau ini, Anda tidak hanya bisa melihat keindahan Pantai Air Manis, tetapi juga bisa bersantai di pondokan atau gazebo yang telah disediakan. Bagi Anda yang ingin piknik bersama keluarga, di sekitar pantai maupun pulau juga banyak yang meminjamkan karpet dan berjualan makanan.

Kebanyakan menu makanan yang dijual berupa seafood dan makanan berkuah, seperti ikan goreng/bakar, kerang rebus, lobster atau udang bakar, sup gurita, hingga kepiting saus padang. Untuk jenis makanan berkuah, biasanya memiliki aroma rempah kuat dan berbentuk seperti sup. Ada juga fasilitas umum yang bisa Anda gunakan di pantai, seperti toilet, tempat ganti, tempat bilas, dan bangku pantai atau gazebo.

Menurut review pelancong yang pernah singgah ke Pantai Air Manis, Anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis, namun Anda akan dikenakan biaya parkir kendaraan sekitar Rp2.000 hingga Rp5.000 per kendaraan. Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya tambahan jika menyewa peralatan renang dan perahu.

Pantai Air Manis (sumber: travelblog.id)
Pantai Air Manis (sumber: travelblog.id)

Itulah berbagai rekomendasi menarik yang ada di Padang Panjang. Jika Anda sedang berlibur atau singgah ke Sumatera Barat, sempatkanlah mampir ke salah satunya. Di pantai, Anda tidak hanya menikmati keseruan liburan, tetapi juga bisa menghilangkan rasa lelah dan bersantai.

Lihat Juga:   Pilihan dan Harga Tiket Transportasi ke Pulau Bawean




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan