Keraton Gunung Kawi Tak Cuma Religi, Sejarahnya juga Patut Lestari

  • Whatsapp

Kabupaten Malang bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga merupakan tempat bagi banyak situs bersejarah dan religius. Selain candi-candi kuno di beberapa lokasi, salah satu tempat bersejarah lain yang cukup menonjol adalah Keraton Gunung Kawi.

Keraton Gunung Kawi berlokasi di Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Keraton satu ini memiliki sejarah panjang, dibangun pada masa pemerintahan Raja Mpu Sindok pada sekitar abad ke-10 Masehi.

Bacaan Lainnya

Seperti diketahui, Gunung Kawi sendiri sudah amat sebagai wisata , banyak dikunjungi peziarah dan wisatawan umum. Selain memiliki keindahan alam pegunungan, destinasi ini juga menawarkan pengalaman spiritual yang sangat unik. Dengan suasana yang teduh dan penuh ketenangan.

Salah satu daya tarik utama Keraton Gunung Kawi adalah beberapa bangunan tempat ibadah yang berada di kompleks keraton. Terdapat sejumlah lima bangunan, lengkap. Di antaranya tempat ibadah masing-masing untuk umat , Hindu, Kristen, Tionghoa, dan Budha, serta makam-makam keturunan dari trah Empu Sendok. Setiap bangunan memiliki karakter arsitektur dan ornamen yang unik, memperlihatkan keragaman beragama di Indonesia. Hal ini terwujud dengan adanya lambang Garuda Pancasila di depan gerbang masuk keraton.

Lihat Juga:   Jalan-Jalan ke Garut? Yuk, Coba Mampir ke Sejumlah Tempat Wisata di Malangbong Berikut!

Para pengunjung dapat menjelajahi bangunan yang memesona ini. Ada beberapa bangunan kuil yang menjadi tempat para peziarah makam. Beberapa makam dikeramatkan oleh peziarah, terkadang ada yang mencari keberkahan dengan berdoa di makam tersebut, melalui panduan juru kunci. Hal ini memberikan pengalaman yang mendalam tentang kehidupan spiritual dan budaya pada masa lalu.

Keindahan alam sekitar Keraton Gunung Kawi juga tak kalah memukau. Membuatnya menjadi lokasi luar biasa untuk bersantai atau bermeditasi. Pemandangan perbukitan yang hijau menambah pesonanya. Banyak peziarah datang ke tempat ini untuk mencari ketenangan jiwa, atau kabur sejenak dari kesibukan harian, selain mencari keberkahan dari makam yang dikeramatkan.

Lihat Juga:   Info Lokasi Wisma Murah & Fasilitas Lengkap di Palembang

Keraton Gunung Kawi menawarkan pengalaman yang unik dan mendalam tentang sejarah dan kehidupan spiritual di Jawa Timur. Lokasinya tidak terlalu jauh dari . Berjarak sekitar 30,6 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat .

Untuk masuk ke lokasi wisata Keraton Gunung Kawi, pengunjung wajib membeli tiket masuk seharga Rp10.000,-. Dengan biaya yang amat , pengunjung sudah bisa menikmati berbagai , seperti area bermain, area peristirahatan, mushola, toilet, warung-warung dan kios souvenir, serta lahan parkir luas dengan Rp2.000 untuk kendaraan roda dua, dan Rp5.000 untuk roda empat. Bila perlu, wisatawan juga bisa menyewa jas pemandu wisata untuk mengantarkan ke spot-spot menarik, sekaligus memberikan berbagai informasi penting tentang sejarah Keraton Gunung Kawi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan