Jalan-Jalan ke Garut? Yuk, Coba Mampir ke Sejumlah Tempat Wisata di Malangbong Berikut!




tempat, wisata, di, malangbong, garut, hunting, photo, jawa barat, kabupaten, paling, romantis, pacaran, bandung, indah, tersembunyi, paket, kota, tasikmalaya, dekat, air terjun, curug citarik, jsc, selfie, selfi
Kereta api jalur Malangbong, Garut (instagram: @rizandihadi)

Malangbong adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kawasan satu ini terkenal akan wilayahnya yang masih berupa pegunungan. Bagian utara berbatasan dengan Kabupaten , sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Selaawi dan Kecamatan Kersamanah, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya, serta bagian selatan berbatasan dengan Kecamatan Sukawening dan Karangtengah.

Selain terpusat di Garut, para asal Tasikmalaya, Bandung, dan Sumedang biasanya juga menyempatkan diri untuk merapat ke daerah Malangbong yang terkenal punya keunikan tersendiri. Di Malangbong, Garut rupanya ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk hunting photo atau sekadar rekreasi bersama pasangan dan . Salah satu objek wisata yang belakangan ini sedang nge-hits adalah Jati Areuy Selfi Cobra alias JSC. JSC terletak di kawasan Gunung Cipeundeuy, Desa Cikarag, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Untuk mencapai lokasi Jati Areuy Selfi Cobra, Anda bisa berkendara melalui jalanan beraspal melewati Kantor Desa Cikarag dengan jarak tempuh sekitar 2 km.

Harga tiket masuk ke objek wisata yang buka mulai jam 09.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB ini cukup murah, hanya Rp 10 ribu saja per orang, Anda sudah bisa memperoleh masuk serta gratis 1 botol air minum ukuran kecil. Jati Areuy Selfi Cobra merupakan kawasan pegunungan yang menyuguhkan pemandangan yang mempesona sekaligus tebing cinta yang banyak dijadikan spot untuk berfoto selfie. Dari atas Jati Areuy Selfi Cobra, Anda juga bisa memandang kawasan Garut secara luas dari ketinggian.

Mulanya Jati Areuy Selfi Cobra dibangun atas dasar kepedulian dari organisasi Komunitas Pecinta yang ada di Malangbong. Kemudian masyarakat pun bahu-membahu membangun sejumlah fasilitas wisata, terutama spot-spot untuk berfoto selfie seperti Rumah Pohon, Tebing Cinta yang punya view romantis, dan sebagainya. Ide pembangunan spot-spot untuk foto selfie didasari karena panorama di sekitar Gunung Cipeundeuy yang masih alami dan asri.

Lihat Juga:   Pantai Embe, Pantai dengan Pemandangan Indah & Fasilitas Lengkap di Kalianda
tempat, wisata, di, malangbong, garut, hunting, photo, jawa barat, kabupaten, paling, romantis, pacaran, bandung, indah, tersembunyi, paket, kota, tasikmalaya, dekat, air terjun, curug citarik, jsc, selfie, selfi
Jati Areuy Selfie Cobra (instagram: @tedielreal)

Bahkan sebelum memasuki lokasi wisata Jati Areuy Selfi Cobra, para pengunjung juga akan disambut dengan pemandangan alam yang memukau di sekitar wilayah Desa Cikarag. Bukan hanya menambah alternatif destinasi wisata bagi penduduk Garut dan sekitarnya, dengan dibukanya Jati Areuy Selfi Cobra sekaligus dapat memberikan manfaat untuk warga sekitar Malangbong, terutama dari segi perekonomian dengan berjualan makanan atau oleh-oleh khas daerah tersebut.

Popularitas Jati Areuy Selfi Cobra telah menyedot banyak perhatian wisatawan dari daerah Garut dan sekitarnya. Terbukti, hampir setiap hari JSC selalu ramai dengan pengunjung, terutama saat akhir pekan. Ke depannya Jati Areuy Selfi Cobra kabarnya akan terus dikembangkan agar menjadi salah satu objek wisata unggulan di Malangbong.

Bahkan rencananya pihak pengelola juga akan menambah fasilitas penunjang wisata di Jati Areuy Selfi Cobra seperti membangun arena ketangkasan domba Garut, sarana untuk berkemah alias camping ground, hingga membangun rumah makan. Dengan dibangunnya sejumlah sarana penunjang tersebut diharapkan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Desa Cikarag.

Selain Jati Areuy Selfi Cobra, di Malangbong juga sebenarnya ada beberapa pilihan destinasi wisata lainnya yang menarik dan terlalu sayang jika dilewatkan begitu saja. Dari 24 desa yang ada di wilayah kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Sumedang ini setidaknya terdapat 12 desa yang diproyeksikan untuk dikembangkan menjadi desa wisata dengan basis wisata alam, , dan kuliner. Keduabelas desa tersebut antara lain Desa Girimakmur, Sakawayana, Cilampuyang, Mekarasih, Sekarwangi, Cisitu, Karangmulya, Mekarmulya, Barudua, Sanding, Cinagara, dan Desa Cikarag.

tempat, wisata, di, malangbong, garut, hunting, photo, jawa barat, kabupaten, paling, romantis, pacaran, bandung, indah, tersembunyi, paket, kota, tasikmalaya, dekat, air terjun, curug citarik, jsc, selfie, selfi
Danau Situ Ciranca (instagram: @affreshair)

Jadi nantinya para wisatawan bisa mengunjungi lokasi wisata di berbagai desa sesuai dengan minat masing-masing. Sebagai contoh, di Situ Ciranca yang terletak di Desa Mekarmulya, Anda bukan hanya bisa menikmati pemandangan danaunya yang begitu asri dan indah, tetapi Anda juga bisa berziarah ke makam keramat yang ada di sana. Nantinya Situ Ciranca akan terus dikembangkan menjadi sarana wisata edukasi alam flora dan fauna serta dilengkapi dengan sarana camping ground dan outbond.

Lihat Juga:   Harga Tiket Gondola di Taman Impian Jaya Ancol - 2016

Beralih ke kawasan Desa Sakawayana, ternyata juga ada yang masih alami dan memiliki keindahan tersembunyi, yakni Curug Citarik. Konon kabarnya, dengan ketinggian 23 meter tersebut bisa mendatangkan jodoh bagi para pendatang yang masih jomblo atau belum memiliki pacar, sedangkan bagi yang sudah berpasangan maka diyakini akan semakin langgeng jika datang ke Curug Citarik.

tempat, wisata, di, malangbong, garut, hunting, photo, jawa barat, kabupaten, paling, romantis, pacaran, bandung, indah, tersembunyi, paket, kota, tasikmalaya, dekat, air terjun, curug citarik, jsc, selfie, selfi
Air terjun Curug Citarik (instagram: @waragan_rahman)

Air di Curug Citarik berasal dari Situ Citarik yang debit airnya cukup besar, sehingga meski memasuki musim kemarau pun air terjun satu ini tetap mengalir dengan deras. Selain bermain-main air sembari menikmati panorama air terjun yang begitu mempesona, Anda juga bisa berziarah ke makam keramat yang kabarnya berumur ratusan tahun. Di pemakaman tersebut dipercaya terdapat anak turunan dari Sunan Gunung Djati, yaitu Aki Wikanta, anak Haji Yasin dan Nini Ceni. Keduanya dipercaya sebagai anak dari Uyut Impung (turunan Prabu Geusan Ulun dan Pucuk Umun/keturunan dari Sunan Gunung Djati).

Jika puas ke Curug Citarik, Anda juga bisa mampir ke Kampung Cirawa untuk menikmati Wisata Petik Jeruk. Daerah Cirawa terkenal dengan hasil pertanian buah jeruk siem unggulan. Lahan perkebunan jeruk seluas 4 hektare tersebar di 4 titik, yang mana buah jeruk siem di sana terkenal memiliki rasa khas manis yang bercampur sedikit asam. Di kawasan Wisata Petik Jeruk tersebut Anda bisa memetik sendiri buah-buah jeruk langsung dari pohonnya. Asyik sekali, bukan?




Tentang Dian Kartika1066 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*