Telaga Biru Cisoka, Wisata Instagenic di Tangerang




Telaga Biru Cisoka Tangerang - phinemo.com

Berada di kawasan ibukota, objek di Tangerang memang didominasi oleh theme park, seperti Marcopolo Waterpark, Citra Raya World Of Wonders Theme Park, Scientia Square Park, Upside Down World Alam Sutera, hingga Ocean Park BSD Serpong. Namun, kota yang populer berkat keberadaan Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini juga memiliki destinasi wisata alam yang kece, yakni Telaga Biru Cisoka.

Lokasi Telaga Biru Cisoka

Seperti namanya, Telaga Biru Cisoka berada di kawasan Cisoka, tepatnya di Jalan Cigaru Cisoka, Desa Sukatani, Kecamatan Cisoka, Kabupaten , Provinsi Banten. Ada dua alternatif kendaraan untuk bisa berkunjung ke objek wisata yang satu ini, yakni dengan kendaraan pribadi atau menumpang angkutan umum.

Jika Anda memilih membawa kendaraan pribadi, perjalanan bisa dimulai dari pusat kota, kemudian menuju ke Kalan Pemda Tigareksa. Saat masuk di bundaran Tigaraksa, arahkan kendaraan menuju ke Cisoka dengan belok ke arah kanan. Sekitar 7 km dari sini, ada papan nama SMPN 1 Cisoka, lalu belok ke kiri. Setelah belok ke kiri, Anda akan sampai di ini dengan menempuh jarak 2 km lagi.

Apabila Anda kebetulan tidak memiliki kendaraan pribadi, bisa menumpang kendaraan umum untuk bisa liburan ke Telaga Biru Cisoka. Dari Jakarta, Anda bisa naik KRL rute Stasiun Tanah Abang menuju Maja, kemudian turun di Stasiun Tigaraksa. Perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan umum dengan jurusan Adiyasa-Balaraja, yang bisa dijumpai sekitar 300 meter dari stasiun. Kemudian, Anda bisa turun di pertigaan gang SMAN 8 Cisoka, lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau naik ojek.

Telaga Biru Cisoka Tangerang - (Youtube: VIVA.CO.ID)
Telaga Biru Cisoka Tangerang – (Youtube: VIVA.CO.ID)

Pesona dan Fasilitas Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka sebenarnya bukan sebuah telaga alami murni, melainkan bekas area penambangan yang dilakukan pada tahun 2006 hingga 2012 silam. Karena ditinggalkan begitu saja dan tidak terurus, bekas galian ini akhirnya membentuk sebuah cekungan yang cukup besar. Kemudian, akibat curah hujan yang cukup tinggi, cekungan ini lalu terisi dengan air.

Semakin hari, semakin banyak air yang memenuhi cekungan sehingga menjadi danau. Kurang lebih ada tiga bekas galian pasir yang bisa dilihat di kawasan ini. Awalnya, warna air bukanlah biru seperti yang dilihat saat ini, melainkan keruh dan kotor. Namun, seiring dengan waktu, partikel-partikel yang membuat keruh tersebut akhirnya tenggelam ke dasar cekungan.

Setelah partikel ini tenggelam, warna air di telaga tersebut berubah menjadi biru. Bukan karena sebuah mitos dan misteri, warna biru yang dihasilkan adalah karena faktor alam yaitu tingkat keasaman telaga ini yang begitu tinggi. Sama halnya dengan tingkat keasaman di wilayah gunung Ijen, Banyuwangi yang juga sangat tinggi.

Seperti disampaikan di atas, jumlah telaga bekas galian di sini ada 3 buah, dengan kedalaman yang berbeda-beda. Telaga pertama memiliki kedalaman 5 meter. Telaga inilah yang akan menyambut wisatawan dengan warnanya yang biru kehijauan. Kemudian, telaga kedua memiliki kedalaman sekitar 15 meter, sedangkan telaga ketiga memiliki kedalaman sekitar 20 meter.

Lalu, apa yang menarik ketika kita berwisata ke Telaga Biru Cisoka? Warna air telaga yang biru kehijau-hijauan tentu saja sangat sayang dilewatkan. Anda bisa memandangi keindahan telaga ini sambil berdiri atau duduk-duduk di batu pinggir telaga. Bahkan, warna air telaga ini terkadang bisa berubah menjadi kekuningan hingga bening.

Seiring dengan makin tingginya angka kunjungan wisatawan, Telaga Biru Cisoka kemudian ditata sedemikian rupa untuk menambah kenyamanan. Bagi mereka yang gemar mengabadikan diri lewat kamera, entah itu selfie atau sebagainya, banyak spot Instagramable yang bisa ditemukan di tempat ini. Sementara, bagi mereka yang ingin bermain, sudah tersedia ayunan, jungkat-jungkit, hingga flying fox. Selain itu, wisatawan juga dapat mengelilingi area telaga menggunakan perahu sewaan atau duduk-duduk di gazebo.

Lalu, bagaimana dengan masalah perut? Tidak perlu khawatir, karena apabila Anda kebetulan tidak membawa bekal dari rumah, di sekitar kawasan wisata ini juga sudah berdiri beberapa warung yang menjual dan minuman ringan. Menikmati segelas kopi panas atau teh manis dingin dengan Rp3 ribuan sambil memandangi keindahan telaga tentunya menjadi pengalaman yang seru.

Harga Telaga Biru Cisoka

MotorRp7.000 per motor
MobilRp15.000 per mobil
Rp10.000 – Rp15.000

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, tidak heran jika kemudian Telaga Biru Cisoka sering dikunjungi wisatawan. Bahkan, tidak hanya warga Tangerang yang berlibur ke tempat ini, melainkan juga dari Jakarta hingga Bogor. Mereka rata-rata tertarik datang ketika keindahan telaga ini dibagikan di media sosial.

Telaga Biru Cisoka Tangerang - phinemo.com
Telaga Biru Cisoka Tangerang – phinemo.com

Namun, karena memiliki telaga yang cukup dalam, wisatawan disarankan untuk tetap berhati-hati ketika berkunjung ke objek wisata ini. Pasalnya, pada momen libur Lebaran 2019 kemarin, Telaga Biru Cisoka menelan korban. Dua pengunjung ditemukan tewas setelah sampan yang mereka tumpangi terbalik. Kabarnya, sampan terbalik karena tidak mampu menjaga keseimbangan setelah kedua wisatawan tersebut melakukan selfie.

Penginapan Dekat Telaga Biru Cisoka

Jika Anda kebetulan datang dari luar kota dan tidak memiliki sanak saudara di Tangerang, memang agak sulit menemukan tempat bermalam yang berada di dekat Telaga Biru Cisoka. Paling dekat, jarak dari akomodasi ke telaga berkisar 10 km. Beberapa nama penginapan yang bisa dipilih antara lain Anugrah Inn, Amaris Citra Raya, atau Swiss-Belinn Modern Cikande.

Untuk nama yang pertama, mematok tarif mulai Rp275 ribuan per malam untuk kamar Single dan Rp375 ribuan untuk kamar Double atau Twin. Sementara, harga sewa Amaris Hotel Citra Raya adalah Rp440 ribuan per malam untuk Smart Twin, sedangkan sewa Swiss-Belinn Modern Cikande mulai Rp700 ribuan per malam untuk tipe Deluxe Room.

Lihat Juga:   Info Lengkap Lokasi & Tarif Penginapan Murah Dekat Batu Night Spectacular (BNS)




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*