Tempat-Tempat Wisata Magelang yang Paling Dikenal




Candi Mendut di Magelang

adalah nama daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Secara administratif, Magelang terbagi menjadi dua, yaitu Kota Magelang dan Kabupaten Magelang.

Kota Magelang terkenal sebagai basis pendidikan militer sejak berdirinya sekolah penerbangan yang berada di bawah otorisasi TNI Angkatan Udara. Kota Magelang juga menyimpan pesona berupa wisata dan perjuangan bangsa seperti museum dan bangunan-bangunan peninggalan masa kolonial. Kota Magelang juga memiliki beragam kekayaan wisata hiburan dan juga yang ramai dikunjungi baik dari sekitar Magelang maupun kota-kota lainnya.

Bergerak dari Kota Magelang menuju Kabupaten Magelang, dalam hal pariwisata, daya tarik wisata di Kabupaten Magelang memiliki nuansa yang berbeda apabila dibandingkan dengan Kota Magelang.

Candi Mendut di Magelang
Candi Mendut di Magelang

Wisata di Kabupaten Magelang memiliki ciri khas kebudayaan Jawa yang kental didukung oleh citra Candi Borobudur yang terkenal hingga ke seantero jagad. Selain Candi Borobudur, pariwisata di Kabupaten Magelang juga diwarnai oleh keberagaman wisata seperti wisata , sejarah, , budaya, juga wisata kuliner.

Bagi anda yang penasaran tentang pesona pariwisata di Magelang, berikut ini adalah daftar beberapa tempat wisata di Magelang baik kota maupun kabupaten yang sayang untuk anda lewatkan sewaktu bepergian ke kawasan Jawa Tengah.

  • Candi Borobudur
    Candi Borobudur terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Magelang, Kabupaten Magelang. Candi raksasa peninggalan Kejayaan Kerajaan Buddha di Indonesia ini merupakan pesona wisata utama di Magelang yang terkenal di seantero dunia.
  • Candi Mendut
    Candi Mendut terletak di Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Candi ini berbentuk Candi Buddha yang memiliki kekhasan arsitektur berupa limas serta bagian stuppa kecil di atasnya. Candi Mendut berjarak sekitar 3 Km dari Candi Borobudur.
  • Candi Pawon
    Candi Pawon terletak di Perbukitan Menoreh, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berukuran relatif kecil apabila dibandingkan dengan candi-candi lainnya di Jawa Tengah.
  • Ketep Pass
    Ketep Pass terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Ketep Pass terletak di ketinggian 1200 mdpl. Dari tempat ini, kita bisa menikmat keindahan alam yang spektakuler terdiri dari jajaran Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro, juga barisan perbukitan Menoreh.
  • Museum Bumiputera 1912
    Museum ini terletak di Jalan Jenderal A. Yani no. 21, Kota Magelang. Di museum ini kita dapat menyaksikan dokumen-dokumen lama, foto, serta inventaris kantor kuno milik Bank Bumiputera.
  • Klenteng Hok An Kiong
    Klenteng Hok An Kiong terletak di JL. Pemuda No. 100, Muntilan, Magelang. Klenteng ini telah berdiri sejak tahun 1878 dan memiki Hio Lo terbesar se-Asia Tenggara.
  • Punthuk Setumbu
    Tempat ini adalah lokasi paling baik untuk para wisatawa yang ingin menyaksikan panorama fajar yang melatari lanskap Candi Borobudur. Terletak di Dusun Kuraha. Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.
  • Arung Jeram Kali Elo
    Sungai Elo – Progo adalah aliran sungai dari Elo menuju Progo yang terkenal di Jawa Tengah. Kali (sungai) Elo mengalir di sepanjang Desa Mendut, Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, serta Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur. Anda bisa menikmati pengalaman rafting yang seru dan menegangkan di sungi ini.
  • Museum Senirupa Haji Widayat
    Museum ini terdiri dari artshop, galeri, serta cafe taman. Berlokasi di Jalan Letnan Tukiyat 32, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.
  • Museum Sudirman
    Museum Sudirman terletak di Jalan Ade Irma Suryani C-7. Museum ini terletak di pojok selatan Taman Badaan yang konon menjadi tempat meninggalnya Panglima Besar Jenderal Sudirman.
Lihat Juga:   Rekomendasi Tempat Wisata di Sipirok, Sumatera Utara

Beberapa tempat wisata kuliner di Magelang juga tidak boleh anda lewatkan selama kunjungan anda ke kota ini. Ragam-ragam kuliner Magelang memiliki citarasa yang sangat spesifik dan lezat yang pasti akan membuat lidah anda bergoyang dan melupakan diet anda. Berikut ini beberapa daftar tempat wisata kuliner di sekitar Magelang yang wajib anda kunjungi.

    • Kupat Tahu Blabak, dekat Armada
    • Es Eny, Armada
    • Sate Kambing Samping Giant
    • Gudeg Rukun, Jalan Tidar, Kota Magelang
    • Kuliner Rejowinangun, trotoar pasar Arjowinangun




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan