Info Tiket, Rute, dan Fasilitas Coban Pelangi

Coban Pelangi Malang

Di Kabupaten Malang, selain , jenis alam lain yang dapat dengan mudah ditemui adalah coban. Maklum saja, di kabupaten yang berpusat di Kepanjen ini, terdapat belasan coban yang tersebar di beberapa wilayah. Beberapa di kabupaten ini bahkan sudah kondang namanya di kalangan para pelancong, misalnya Coban Rondo, Coban Pitu, Coban Bidadari, dan Coban Pelangi.

Nah, untuk kali ini yang dibahas adalah Coban Pelangi, yang letaknya masih satu kawasan dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Air terjun ini berlokasi sekitar 32 km di sebelah timur Kota Malang.

Coban Pelangi beralamat di Jl. Raya Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pintu masuk objek wisata yang ditemukan tahun 1970 tersebut berada di pinggir menuju loket Gunung Bromo via Tumpang.

Gazebo Coban Pelangi yang Bisa Dijadikan Tempat Beristirahat

Gazebo Coban Pelangi yang Bisa Dijadikan Beristirahat

Sama halnya dengan sebagian objek wisata yang ada di Kabupaten Malang, untuk menuju tempat ini sebaiknya memang menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, belum ada transportasi umum yang bisa mengantarkan Anda langsung ke coban.

Lihat Juga:   Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Kebun Binatang Surabaya

Namun, bila Anda sangat ingin menggunakan kendaraan umum, dari Kota Malang, Anda bisa naik angkot jurusan Tumpang (warna putih) dari Terminal Arjosari dengan biaya sebesar Rp7000. Kemudian, sesampainya di Tumpang, untuk menghemat biaya, biasanya ada beberapa kendaraan bak terbuka yang bisa disewa beramai-ramai dengan biaya sebesar Rp35.000 per orang.

Pepohonan yang Rindang dan Aliran Sungai yang Menenangkan di Coban Pelangi

Pepohonan yang Rindang dan Aliran Sungai yang Menenangkan di Coban Pelangi

Saat pertama kali sampai di air terjun yang dikelola oleh Perum Perhutani Malang ini, pengunjung akan disambut dengan pepohonan hijau yang membuat suasana di sekitar air terjun sangat menyegarkan mata. Karena letaknya yang berada di ketinggian 1.400 m dpl, udara di sekitar air terjun sangat dingin, bahkan suhunya bisa mencapai 18 derajat Celcius.Meski sudah lama dijadikan sebagai tempat wisata umum, keadaan alam di sekitar air terjun ini masih sangat terjaga. Ketika pertama kali tiba di tempat ini, akan disambut oleh merdunya suara burung dan hiruk pikuk satwa liar yang menghuni tempat ini.

Lihat Juga:   5 Homestay Murah & Nyaman di Area Malioboro, Yogyakarta

dan di Coban Pelangi

Fasilitas yang ada di Coban Pelangi terbilang lengkap. Sesampainya Anda di kawasan wisata, Anda akan disuguhi kebun bunga warna-warni yang indah. Selain itu, ada pula rainbow hill, yaitu sebuah tebing pandang yang dilengkapi gazebo, yang bisa digunakan sebagai tempat untuk menikmati Coban Pelangi dari ketinggian.

Gerbang Masuk Coban Pelangi yang Akan Menyambut Para Pengunjung

Gerbang Masuk Coban Pelangi yang Akan Menyambut Para Pengunjung

Di lokasi ini, fasilitas dasar seperti musala, kamar mandi, dan tempat makan sudah dikelola dengan baik. Untuk sekali pemakaian kamar mandi, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp2.000 sampai Rp3.000, tergantung pemakaiannya.

Meski fasilitasnya terbilang cukup lengkap, namun tiket masuk Coban Pelangi masih . Untuk sekali masuk, pengunjung hanya diharuskan membayar tiket sebesar Rp10.000 per orang dan tambahan biaya parkir sebesar Rp5000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Tarif tersebut sudah berlaku bagi anak di atas usia dua tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>