Objek Wisata Populer di Semarang




pagoda buddhagaya watugong

adalah Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang secara geografis berdekatan dengan Kabupaten Demak. Terletak di wilayah pesisir pantai utara Jawa, menjadikan suhu di Kota Semarang panas.

pagoda buddhagaya watugong
pagoda buddhagaya watugong

 

Kota yang juga menjadi kota terbesar kelima di Indonesia ini memiliki yang amat panjang. Karena itu, tak heran jika di kota ini banyak terdapat situs-situs bersejarah yang sekarang menjadi . Namun, tak cuma situs sejarah, Semarang juga memiliki objek populer menarik lainnya yang patut dikunjungi.

Lawang Sewu

ini bisa dikatakan yang paling populer di Kota Lumpia (julukan Semarang). Lawang Sewu adalah nama sebuah gedung kuno di kota Semarang. Dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda, Lawang Sewu dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Nama Lawang Sewu, yang berarti seribu pintu, berasal dari bentuk bangunannya yang memiliki banyak pintu dan jendela.

Yang menarik dari Lawang Sewu adalah suasana mistisnya yang dilengkapi dengan arsitektur megah khas zaman dahulu. Gedung Lawang Sewu juga memiliki lantai bawah tanah yang dulunya difungsikan sebagai penjara. Lokasi tempat ini juga strategis, karena terletak persis di jantung kota dan menghadap langsung ke Tugu Muda. Harga tiket masuk Lawang Sewu berkisar Rp10 ribu.

Agung Jawa Tengah

Masjid ini merupakan salah satu tempat yang dibangun di atas tanah 10 hektar. Didirikan pada tanggal 6 September 2002, bangunan induk masjid ini memiliki luas 7.669 meter persegi. Masjid ini adalah salah satu masjid terbesar di Indonesia.

Masjid Agung Jawa Tengah ini diresmikan pada tahun 2006, dan mampu menampung sekitar 16 ribu jamaah. Selain tempat beribadah, masjid ini juga dilengkapi fasilitas lain seperti ruang akad nikah, auditorium, perpustakaan, , museum budaya Islam, kafe, toko, hingga toko souvenir dan tempat bermain anak-anak.

Pantai Marina

Lihat Juga:   Rasakan Sensasi Melihat Sunset Sambil Naik Ayunan di Pantai Ombak Sunset

Merupakan sebuah pantai kecil di sebelah utara Kota Semarang, Pantai Marina menawarkan suasana yang tenang dan sejuk. Lokasi Pantai Marina berada di Jalan Yos Sudarso dan merupakan tempat favorit untuk kegiatan lari pagi atau jogging.

Akses menuju pantai ini juga cukup mudah karena berdekatan dengan kawasan Pekan Raya Promosi dan Pembangunan Jawa Tengah. Jika suasana sedang bagus, Anda bisa melihat sunset dan sunrise di pantai ini.

Pantai Maron

Selain Pantai Marina, pantai terkenal lainnya di Semarang adalah Pantai Maron. Terletak hanya beberapa ratus meter saja dari Bandara Achmad Yani, Pantai Maron menawarkan keindahan pantai yang eksotis sehingga ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan.

Akses jalan menuju tempat ini masih berupa tanah, sehingga agak licin jika cuaca sedang hujan. Untuk berkunjung ke pantai ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp3 ribu – Rp5 ribu.

Taman Rekreasi Wonderia

Taman rekreasi ini dibangun di atas tanah dengan luas sekitar tiga hektar. Taman Rekreasi Wonderia memiliki fasilitas dan arena permainan seperti Kiddy boat, Merry Go Round, Typhoon Coaster, Boom Boom Car, Super Rally, dan Space Gyro. Selain itu, ada juga Ghost House atau rumah hantu bagi pengunjung yang ingin uji nyali.

Pada saat liburan, biasanya terdapat pertunjukan menarik dari sejumlah penyanyi ataupun pementasan tari-tarian untuk memanjakan pengunjung. Alamat taman rekreasi ini berada di Jl. Sriwijaya No. 29, Semarang, Jawa Tengah.

Candi Gedong Songo

Ini adalah salah satu candi tersohor di Jawa Tengah. Berlokasi di lereng Ungaran, candi ini merupakan candi peninggalan Hindu yang memiliki total sembilan candi. Selain candi, kompleks Candi Gedong Songo juga difasilitasi dengan pemandian air panas dari mata air belerang. Di samping itu, disediakan juga area perkemahan serta atraksi wisata berkuda.

Curug Benowo

Lihat Juga:   7 Tempat Wisata Hits dan Kekinian di Pagaralam

Selain Candi Gedong Songo, lereng Gunung Ungaran juga menyimpan keindahan alam lainnya yang tersaji lewat Curug Benowo. Curug, atau air terjun, ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Semarang, terutama bagi para pencinta alam.

Jalan menuju curug ini penuh tantangan, karena harus melewati medan yang sempit serta berbatu. Namun, kaki yang melelahkan selama hampir dua jam itu terbayar lunas dengan pemandangan alami yang ditawarkan Curug Benowo.

Pagoda Buddhagaya Watugong

Pagoda Buddhagaya Watugong adalah pagoda dengan ketinggian lebih dari 45 meter dan merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda Buddhagaya Watugong yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan ini merupakan tempat ibadah pemeluk agama Buddha sekaligus tempat wisata di Semarang yang menarik untuk dikunjungi karena keunikan dan keindahan bentuk bangunannya.

Pagoda ini terdiri dari tujuh tingkat, dan setiap tingkatnya memiliki patung Dewi Kwan In berjumlah empat buah dan menghadap ke empat penjuru. Jika Anda penyuka seni arsitektur bangunan, tak ada salahnya Anda bekunjung ke pagoda ini.

Wisata Kuliner Lumpia

Tak lengkap rasanya jika ke kota yang dijuluki Kota Lumpia ini tanpa mencicipi makanan khas Semarang tersebut. Ada beberapa daerah yang dapat Anda kunjungi untuk mencicipi makanan khas Semarang ini, yaitu di Gang Lombok, Jalan Mataram, Jalan Pemuda, dan Jagalan.

Lumpia di Gang Lombok No. 11 adalah warung lumpia tertua di kota ini. Makanan dengan paduan rebung muda, udang, dan telur ini sangat enak dinikmati dengan saus dan daun bawang. Harganya berkisar Rp10.000 per porsi.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan