Rekomendasi Tempat Pemandian Alam di Dekat Medan




Ilustrasi: wisata pemandian alam (sumber: travelingyuk.com)
Ilustrasi: wisata pemandian alam (sumber: travelingyuk.com)

Ada banyak objek alam di Medan, antara lain Bali Lestari, Danau Siombak, Danau Linting, Bukit Lawang, dan Air Terjun Pelaruga.[1] Selain itu, ada juga beberapa tempat pemandian alam yang tak jauh dari ibukota dan kebanyakan mematok harga tiket masuk yang relatif terjangkau. Lalu, di mana saja tempatnya?

Pemandian Alam Babarsari

Tak jauh dari Medan, ada alam bernama Pemandian Alam Babarsari yang terletak di Kwala Lau Bicik, Kutalimbaru, Deli Serdang, Sumatera Utara. Dari Kota Medan ke spot rekreasi ini, memiliki waktu tempuh sekitar 1 jam 4 menit menggunakan kendaraan bermotor. Sementara itu, jika Anda berada di Medan Estate, waktu tempuhnya menjadi 1 jam 20 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Pemandian Alam Babarsari (google: A Syafira)
Pemandian Alam Babarsari (google: A Syafira)

Seperti namanya, tempat pemandian ini memang bukan tempat pemandian umum buatan. Suasana di sekitar masih asri dengan pemandangan berupa hutan kecil dan bukit. Tempat rekreasi ini berupa air sungai yang mengalir dengan batuan sungai yang besar dan biasa dijadikan sebagai spot foto. alam ini juga memiliki fasilitas berupa kedai kopi yang bisa Anda kunjungi kapan saja. Warung tersebut terletak di bagian pinggir dengan area makan yang cukup luas.

Arus air yang tidak deras dan sungai yang dangkal, tentunya cukup aman bagi Anda yang tidak bisa berenang. Kebanyakan wisatawan menjadikan tempat ini sebagai spot berendam sekaligus menghilangkan penat. Menurut review pengunjung, untuk mandi di Pemandian Alam Babarsari, tamu harus membayar tiket masuk mulai Rp25.000 hingga Rp35.000 per orang. Tempat pemandian ini buka selama 24 jam setiap hari. Meskipun begitu, tidak disarankan untuk berendam di atas pukul 17.00 WIB karena arus air mulai deras.

Lihat Juga:   Info Lengkap Lokasi, Rute, dan Tiket Masuk Pantai Banyu Meneng

Pemandian Alam Karomah Sembahe

Pemandian Alam Karomah Sembahe atau biasa dikenal dengan nama Pemandian Alam Karomah letaknya di Rumah Sumbul, Sibolangit, Deli Serdang, Sumatera Utara. Dari Medan Estate menuju pemandian, membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Sementara itu, bagi Anda yang berkendara dari Kota Medan, waktu tempuhnya menjadi sekitar 1 jam 9 menit.

Pemandian Alam Karomah Sembahe (google: Yuda Prasetya)
Pemandian Alam Karomah Sembahe (google: Yuda Prasetya)

Pemandian alam ini memiliki kolam yang cukup luas, yang dibagi menjadi kolam khusus anak dan dewasa. Setiap kolam menghadirkan pemandangan berupa hutan kecil dan sungai. Air di kolam memiliki arus yang cukup tenang, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa berenang. Tak jauh dari pemandian, terdapat spot khusus untuk berfoto dengan ornamen berupa pondokan dan jembatan gantung.

Air di pemandian ini konon berasal dari pegunungan, sehingga sangat segar dan dingin. Bagi Anda yang membawa anak kecil atau memiliki alergi dingin, sebaiknya berhati-hati dan tidak terlalu lama bermain air. Menurut pelancong yang pernah ke Pemandian Alam Karomah Sembahe, tiket masuknya gratis. Anda hanya perlu membayar sewa tikar dengan Rp20.000 per tikar.

Lihat Juga:   Tempat Wisata yang Paling Ramai dikunjungi di Myanmar

Pemandian Alam ‘Sini Suka’ Sibiru-biru

Pemandian alam ini beralamat di Sarilaba Jahe, Biru-Biru, Deli Serdang, Sumatera Utara. Dari Kota Medan menuju tempat rekreasi ini, membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam 17 menit menggunakan kendaraan bermotor. Sementara itu, jika Anda berada di Medan Estate, Anda bisa berkendara sekitar 1 jam 16 menit untuk sampai di pemandian.

Pemandian Alam 'Sini Suka' Sibiru-biru (google: willy suwandhy)
Pemandian Alam ‘Sini Suka’ Sibiru-biru (google: willy suwandhy)

Suasana di pemandian masih asri dengan pemandangan berupa sungai cukup lebar dan hutan kecil. Selain bisa mandi langsung di kolam air sungai, Anda juga bisa berendam di kolam buatan yang baru saja jadi. Kolam ini disediakan untuk dewasa dan anak. Khusus untuk kolam anak, ada waterboom kecil lengkap dengan seluncur air. Di bagian pojok pemandian, sudah terdapat warung makan yang menyediakan aneka menu hidangan hangat dan berkuah.

Menurut review pengunjung yang pernah ke Pemandian Alam ‘Sini Suka’ Sibiru-biru, untuk menikmati semua fasilitas di tempat ini, Anda perlu membayar tiket masuk mulai Rp20.000 hingga Rp30.000 per orang. Ada juga pondokan yang bisa disewa dengan biaya Rp50.000 per pondok. Penginapan ini buka setiap hari selama 24 jam, sehingga Anda bisa singgah kapan saja.

[1] Kurniawan, Helmi & Muhammad Rusdi Tanjung. 2017. Sistem Informasi Geografis Objek di Provinsi Sumatera Utara Berbasis Mobile Android. Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA Universitas Potensi Utama, Vol. 7(1): 13-24.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan