Rekomendasi Tempat Wisata Menarik yang Layak Dikunjungi di Nabire




Pantai Gedo Nabire - (Sumber: abaidipophoto.blogspot.com)
Pantai Gedo Nabire - (Sumber: abaidipophoto.blogspot.com)

Nabire adalah salah satu kabupaten di Provinsi Papua, Indonesia. Karena sebagian besar wilayahnya dikelilingi lautan, mayoritas potensi yang ada di Nabire biasanya bernuansa bahari. Meski demikian, Anda dijamin tak akan bosan ketika menjelajahi tempat- yang ada di Nabire. Sebab masing-masing destinasi memiliki ciri khas dan pesona masing-masing.

Jangan khawatir soal atau ketersediaan akomodasi dan sebagainya di Nabire, sebab pemerintah sudah gencar melakukan pembangunan sarana dan prasaran agar Nabire layak dijadikan destinasi wisata andalan di Indonesia selain Bali dan Lombok. Jika Anda penasaran dan berencana ke Nabire, berikut ini rekomendasi tempat wisata menarik di Nabire.

Gedo

Pantai Gedo termasuk tempat wisata yang paling populer dan banyak dikunjungi wisatawan saat berada di Nabire. Pantai Gedo berlokasi di Desa Sanoba, Wahario dan berjarak sekitar 10 meter di timur Kota Nabire. Dari Kota Nabire, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja untuk sampai di Pantai Gedo.

Tak kalah dengan pantai-pantai di Bali dan Lombok, Pantai Gedo memiliki pemandangan air laut yang biru dan warna pasir yang putih bersih. Di sekitar Pantai Gedo terdapat area bermain anak-anak, pemandian, dan berbagai wahana air yang bisa Anda coba.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih - (Sumber: triptrus.com)
Taman Nasional Teluk Cendrawasih – (Sumber: triptrus.com)

Taman Nasional Teluk Cenderawasih adalah tempat wisata bahari menakjubkan yang tak boleh dilewatkan ketika liburan ke Nabire. Pasalnya, Taman Nasional Teluk Cenderawasih disebut-sebut sebagai tempat menyelam terbaik di Indonesia. Jarak dari Pantai Nabire menuju Taman Nasional Teluk Cenderawasih hanya 1 jam saja jika ditempuh dengan speed boat. National Park seluas 1.453.500 hektare ini terdiri dari hutan mangrove, hutan tropika, serta terumbu karang yang unik dan eksotis.

Di Taman Nasional Teluk Cenderawasih memiliki koleksi 150 tipe spesies terumbu karang yang berasal dari 15 famili dan 290 tipe ikan yang tersebar di sepanjang tepian pulau dan lautan kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Salah satu daya tarik yang tak terelakkan dari Teluk Cenderawasih tentu saja keberadaan Hiu Paus (Whaleshark) berbintik yang termasuk salah satu hewan laut terbesar di dunia. Biasanya banyak penyelam yang mengabadikan foto bawah laut dengan hiu paus yang unik ini. Tak perlu takut, kawanan hiu paus tersebut kabarnya jinak kok!

Lihat Juga:   Wisma Gading Indah, Hotel Murah Cuma Rp 150 Ribuan di Jakarta Utara

Selain hiu paus, di Taman Nasional Teluk Cenderawasih Anda juga bisa menemukan hewan-hewan laut lain seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu riddle pasifik, hingga penyu belimbing. Hewan-hewan tersebut tersebar di sekitar perairan Kwatisore.

Pantai Monalisa

Pantai Monalisa Nabire - (Sumber: papualives.com)
Pantai Monalisa Nabire – (Sumber: papualives.com)

Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat yang agak sepi, maka berpetualang ke Pantai Monalisa bisa menjadi pilihan. Objek wisata bahari satu ini tergolong baru di Kabupaten Nabire. Keindahan pemandangan di sekitarnya menjadikan Pantai Monalisa salah satu tempat yang layak untuk dikunjungi.

Pantai Monalisa berada di Desa Samabusa dan berjarak sekitar 8 km dari pusat Kota Nabire. Untuk menuju Pantai Monalisa, Anda bisa berkendara dengan naik mobil atau motor dengan waktu tempuh sekitar 1 jam . Pantai Monalisa memiliki beragam fasilitas yang memadai seperti pondok untuk bersantai, , hingga persewaan alat renang dan snorkeling. Asyik kan? Di sana juga terkenal dengan dermaga dan jembatan panjang yang terbuat dari kayu. Benar-benar tempat yang Instagrammable!

Untuk masuk ke Pantai Monalisa, Anda hanya dikenai masuk seharga Rp 20 ribuan saja per orang. Namun untuk berenang dan menyewa ban renang biasanya Anda akan ditarik biaya antara Rp 5.000 hingga Rp 20.000.

Pantai Nusi

Jika sedang berada di Nabire, jangan bosan-bosannya pergi ke pantai. Sebab Nabire punya banyak potensi wisata bahari yang terlalu sayang jika dilewatkan begitu saja. Nah, bila Anda puas bermain-main di Pantai Gedo, cobalah untuk mampir ke Pantai Nusi. Pantai Nusi terletak di ujung timur Nabire, tepatnya di Distrik Makimi, Nabire, sekitar 30 km dari pusat Kota Nabire.

Lihat Juga:   Soto Kadipiro, Kuliner Legendaris dan Lezat Asal Yogyakarta

Tak seperti Pantai Gedo yang pasirnya putih, di Pantai Nusi pasirnya justru berwarna hitam. Meski demikian, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan karena dikenal memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk snorkeling dan menyelami Pantai Nusi ya! Anda akan menemukan banyak ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya.

Pulau Ahe

Pulau Ahe - (Sumber: triptrus.com)
Pulau Ahe – (Sumber: triptrus.com)

Destinasi wisata berikutnya yang menarik di Nabire adalah Pulau Ahe. Untuk mencapai Pulau Ahe cukup mudah, Anda bisa menuju Satpol Air Polres Nabire yang ada di Pelabuhan Samabusa dengan jarak sekitar 30 menit dari Kabupaten Nabire. Dari pelabuhan tersebut, Anda bisa menyewa kapal motor dengan biaya sekitar Rp 100 ribu untuk menuju Pulau Ahe dalam waktu 1 jam perjalanan.

Pulau dengan luas sekitar 300 meter persegi ini memiliki bangkai pesawat tua peninggalan sekutu pada Perang Dunia II yang telah dipindahkan ke daratan. Ketika berada di Pulau Ahe, Anda akan merasakan sensasi sebuah pulau yang tenang dan nyaman. Jangan lupa untuk melakukan aktivitas olahraga air seperti berenang, snorkeling, atau diving di Pulau Ahe, sebab di area perairannya memiliki banyak terumbu karang dan biota laut yang menakjubkan.

Di sana Anda juga bisa menikmati atraksi seni budaya yang ditampilkan oleh penduduk Pulau Ahe. Atraksi tersebut tentunya akan semakin melengkapi agenda liburan Anda di Nabire. Terkait akomodasi, di Pulau Ahe sudah tersedia beberapa bungalow yang disewakan dan dapat dijadikan tempat Anda untuk bermalam.

 

 




Tentang Dian Kartika1108 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan