Tips Wisata, Akses Perjalanan dari Gorontalo ke Kabupaten Buol

Gorontalo - www.onsehat.com

Kabupaten Buol, mungkin Anda masih asing dengan yang satu ini. Padahal, daerah yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah tersebut memiliki beragam objek wisata menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Untuk mencapai kabupaten tersebut, Anda bisa berangkat dari Gorontalo yang memang berbatasan langsung dengan Kabupaten Buol.

Gorontalo - www.onsehat.com

Gorontalo – www.onsehat.com

Jika Anda berangkat dari Jakarta, maka Anda bisa membeli tiket pesawat dengan tujuan Gorontalo, yang biasanya transit sekali di Kota Makassar. Setelah sampai di Bandara Jalaluddin di Gorontalo, perjalanan ke Buol bisa dilakukan melalui jalur udara atau jalur darat. Jika memilih menggunakan jalur darat, Anda bisa memesan mobil atau travel untuk menuju tempat tersebut.

Ada beberapa jasa travel di Gorontalo yang bisa dimanfaatkan untuk berkunjung ke Kabupaten Buol. Di antaranya Jaya Travel Agent yang berlokasi di Cokroaminoto No. 50, Rachmat Tours & Travel yang berada di Kartini 26, Royal Tour & Travel di Nani Wartabone 54, atau Sinar Mulia Tour & Travel yang terletak di Ahmad Yani 23, Gorontalo.

Lihat Juga:   Museum Satria Mandala, Tempat Wisata Militer Murah & Edukatif di Jakarta

Dulunya, jalur darat menuju Buol dari Gorontalo memang cukup menantang. Hanya sopir-sopir berpengalaman dan profesional saja yang mungkin bisa melewati jalur ini. Pasalnya, belum selesai tanjakan, sudah terdapat belokan tajam. Selain itu, jalan yang dilalui masih tergolong rusak sehingga perjalanan untuk menghubungkan kedua tempat tersebut bisa memakan waktu hingga sembilan jam.

Namun, untuk saat ini, jalur darat dari Kota Gorontalo menuju Kabupaten Buol sudah diperbaiki sehingga lebih mulus dan lebih lebar. Jalanan memang masih berkelok mengitari pegunungan dan menyusuri , dan terkadang kita bakal berada di ketinggian atau sejajar dengan . Namun, dengan kondisi jalan yang lebih baik, kita tentunya lebih bisa menikmati pemandangan yang tersaji selama perjalanan. Selain itu, waktu tempuh yang semula bisa mencapai sembilan jam, bisa dipangkas menjadi sekitar tujuh jam.

Selain lewat jalur darat, seperti diutarakan sebelumnya, Anda pun bisa menggunakan jalur udara jika ingin berkunjung ke Buol dari Kota Gorontalo. Penerbangan dari Kota Gorontalo ke Kabupaten Buol dilayani oleh maskapai Wings Air yang dengan durasi waktu tempuh 5 jam 25 menit (transit sekali). Harga tiket pesawat untuk rute ini berada di kisaran Rp1,1 jutaan per orang.

Lihat Juga:   7 Objek Wisata Unik dan Wajib Kunjung di Yordania

Setibanya di Buol, Anda bisa memilih beberapa destinasi wisata alam yang menarik. Pelabuhan Leok misalnya, memiliki pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Di samping itu, ada Tertaria, sebuah objek wisata yang memiliki air yang dingin dan berlokasi di Kelurahan Kulango. Harga masuk ke pemandian ini hanya Rp1.000 per orang.

Sementara, untuk mereka yang doyan berwisata pantai, bisa mengunjungi Pulau Busak yang berada di Desa Busak, Kabupaten Buol. Berjarak sekitar 15 km dari pusat kota, pulau ini memiliki pasir pantai putih yang bersih, air laut yang biru dan jernih, serta akomodasi penginapan berupa . Di samping itu, ada juga Pulau Boki yang terletak di Kecamatan Paleleh Barat, yang populer akan keindahan air laut, pasir putih halus, batu karang yang masih alami, dan pemandangan gunung yang sangat menakjubkan.

Eljie Hotel Eljie Hotel Rp 231.000 grade 1
Hotel Yulia Hotel Yulia Rp 423.500 grade 1
Maqna Hotel Maqna Hotel Rp 620.000 grade 4

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>