Pantai Wedi Awu, Pantai di Kabupaten Malang yang Cocok Dijadikan Tempat Berselancar

Pantai Wedi Awu - www.tripadvisor.com

Coba sebutkan pantai mana saja yang bisa dikunjungi selama berada di Malang. Sebagian dari Anda pasti akan menyebutkan pantai-pantai seperti Pantai Balekambang, Pantai Selok, Pantai Perawan, Pantai 3 Warna, Pantai Bajul Mati, Pantai Sempu, Pantai Sendang Biru, Pantai Kondang Merak, Pantai Goa , namun masih jarang yang mengetahui Pantai Wedi Awu. Nama pantai satu ini memang terdengar cukup asing di telinga beberapa orang. Padahal letak Pantai Wedi Awu bersebelahan dengan Pantai Lenggoksono.

Pantai Wedi Awu - www.arieprastyo.com

Pantai Wedi Awu – www.arieprastyo.com

Pantai Wedi Awu berlokasi di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Letaknya hanya dipisahkan oleh Bukit Tumpak Wi dengan Pantai Lenggoksono. Jika dari Pantai Lenggoksono hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit berkendara saja untuk menuju Pantai Wedi Awu. Namun jika dari Kota Malang jaraknya cukup jauh, yakni sekitar 74 km dan Anda kira-kira akan melalui 3 jam perjalanan hingga tiba di pantai yang disebut-sebut masih alami dan sepi ini.

Untuk menuju ke Pantai Wedi Awu dari Kota Malang, Anda dapat mengikuti papan petunjuk arah ke Dampit atau Turen. Ketika sampai di Turen, Anda bisa mengikuti petunjuk arah jalan ke Dampit. Setelah tiba di Kecamatan Dampit, Anda akan menemukan jalan bercabang, pilihlah jalur kanan dan cari papan petunjuk arah yang menuntun Anda ke Pantai Sipelot. Bila Anda kesulitan menemukan Pantai Wedi Awu, Anda bisa bertanya terlebih dahulu ke penduduk setempat. Perlu diperhatikan bahwa jalan menuju ke Pantai Wedi Awu cukup berliku-liku tajam, sehingga menuntut performa kendaraan Anda berada dalam kondisi prima.

Tetapi tenang saja, akses jalan menuju Pantai Wedi Awu sudah cukup baik karena telah diaspal. Namun Anda tetap harus berhati-hati karena jalannya sempit, sehingga lebih direkomendasikan naik sepeda motor saja daripada naik mobil. Kalaupun Anda ingin naik mobil bersama rombongan, usahakan naik mobil MPV yang ukurannya tak terlalu lebar.

Pantai Wedi Awu - www.tripadvisor.com

Pantai Wedi Awu – www.tripadvisor.com

Saat sampai di Pantai Wedi Awu, Anda akan disambut dengan hamparan pasir yang luas. Namun jangan terburu kecewa, pasalnya pasir Pantai Wedi Awu memang bukan berwarna putih bersih layaknya pantai-pantai di Kalimantan atau . Maklum saja, Pantai Wedi Awu masih mengusung ciri khas seperti pantai di wilayah selatan dengan pasirnya berwarna cokelat cenderung kehitaman.

Lihat Juga:   Pantai Pahawang, Tempat Wisata di Lampung dengan Pemandangan Bawah Laut Menakjubkan

Selain terkenal dengan pemandangannya yang eksotis dan masih natural, Pantai Wedi Awu juga dikenal sebagai salah satu spot selancar yang baik di Malang. Ombak di Pantai Wedi Awu memang cukup tinggi, sehingga beberapa peselancar biasanya berbondong-bondong mengayunkan papan selancarnya di pantai satu ini. Ketika memasuki musim kemarau atau ketika bulan purnama biasanya ombak di Pantai Wedi Awu cukup bagus dan tingginya bisa mencapai 3 meter.

Namun jika Anda termasuk peselancar pemula, maka Anda lebih disarankan untuk surfing alias berselancar di pantai sebelahnya saja, atau yang lebih dikenal dengan nama Pantai Lenggoksono. Pantai Lenggoksono memiliki dasar pantai berupa pasir, sehingga relatif lebih aman digunakan berselancar. Sedangkan Pantai Wedi Awu dasarnya adalah karang, oleh sebab itu lebih berisiko dibandingkan Pantai Lenggoksono.

Soal , Anda tak perlu khawatir akan merogoh kocek terlalu dalam saat hendak berwisata ke Pantai Wedi Awu. Pasalnya untuk masuk ke Pantai Wedi Awu Anda akan dikenai masuk sekitar Rp 5 ribuan saja per orang dan Anda akan dikenai parkir kendaraan dengan Rp 5 ribuan untuk sepeda motor atau Rp 10 ribuan untuk mobil. Jika Anda datang saat pagi hari, Anda akan disuguhi pemandangan indah berupa perahu-perahu nelayan yang terlihat kecil dari atas bukit. Selain itu pada pagi hari cuaca di sana masih belum terlalu panas.

Lihat Juga:   Mall Olympic Garden, Pusat Belanja Populer di Malang yang Menyatu dengan Hotel

Di Pantai Wedi Awu memang sudah ada warung alias penjual makanan, namun jumlahnya masih sedikit. Warung yang ada di Pantai Wedi Awu buka hingga jam 12 malam, akan tetapi lebih baik Anda menyiapkan bekal sendiri untuk berjaga-jaga bila warung di Pantai Wedi Awu sedang tutup. Selain memandangi ombak atau perahu-perahu nelayan, Anda juga bisa membangun tenda atau camping di Pantai Wedi Awu.

Hamparan pasirnya yang luas memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan kegiatan api unggun atau acara perkumpulan lainnya di Pantai Wedi Awu. Selain itu Anda juga bisa mencoba bermain sepak bola voli, atau membakar ikan dan jagung di tepi Pantai Wedi Awu. Bisa dibayangkan kan seperti apa serunya? Tapi Anda harus tetap berhati-hati, sebab kabarnya di Pantai Wedi Awu masih ada beberapa binatang yang berbahaya seperti ular. Pastikan untuk mengecek kondisi sekeliling apabila hendak berkegiatan di Pantai Wedi Awu.

Pantai Wedi Awu memang masih terbilang alami karena jarang orang yang menjamahnya. Oleh sebab itu, apabila Anda hendak pelesir ke Pantai Wedi Awu pastikan bahwa Anda juga turut menjaga kebersihan dan keasrian Pantai Wedi Awu dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan menjaga kebersihan Pantai Wedi Awu, Anda juga telah turut berperan menjaga kelestarian alam di sana.

Selain berkunjung ke Pantai Wedi Awu, Anda dapat mencoba mampir ke sejumlah pantai lainnya yang masih berada dalam wilayah Kecamatan Tirtoyudo, misalnya saja seperti Pantai Lenggoksono, Pantai Wedi Putih, Pantai Pakisan, Pantai Bolu-Bolu, hingga Pantai Banyu Anjlok. Jangan salah, setiap pantai memiliki keunikan dan keindahannya masing-masing yang menjadikannya sebagai destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi saat liburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>