Menikmati Eksotika Wisata Bawah Laut & Religi di Pantai Gili Ketapang

Pantai Gili Ketapang - www.wisatajatim.info

Segala sesuatu yang mengusung embel-embel kata ‘Gili’ memang identik dengan yang indah nan eksotis. Selain Gili Trawangan di Lombok sana, rupanya ada satu lagi Gili yang patut untuk Anda kunjungi. Kali ini berasal dari wilayah , yakni Gili Ketapang. Gili Ketapang hanya berjarak sekitar 8 km dari lepas utara dan berada di Selat . Secara administratif, Gili Ketapang masih masuk dalam wilayah Kecamatan Sumberasih, Probolinggo.

Pantai Gili Ketapang - www.wisatajatim.info

Pantai Gili Ketapang – www.wisatajatim.info

Pulau seluas 68 hektare ini dihuni sekitar 7.900 penduduk yang kebanyakan berasal dari suku Madura, sehingga ketika berada di sana Anda akan sering sekali menemui warga lokal yang berbicara dengan Bahasa Madura sebagai bahasa sehari-hari mereka. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, awalnya Gili Ketapang masih satu dataran dengan Probolinggo, tepatnya dengan Desa Ketapang dan hanya terpisahkan oleh sungai.

Tetapi karena adanya gempa yang disebabkan oleh meletusnya Semeru, daratan tersebut akhirnya terpisah hingga 5 mil jauhnya ke tengah laut. Alhasil dataran yang terpisah dari Probolinggo ini dinamai Gili Ketapang yang berasal dari Bahasa Madura, yakni Gili yang artinya mengalir dan Ketapang adalah nama desa saat dataran ini masih bersatu dengan Probolinggo. Konon menurut masyarakat di sana, Gili Ketapang dari waktu ke waktu makin menjauh ke tengah laut.

Terlepas dari itu semua, Gili Ketapang kini menjelma jadi salah satu destinasi nge-hits di wilayah Jawa Timur untuk berwisata. Selain menawarkan pemandangan yang indah, akses menuju Gili Ketapang juga cukup mudah. Apabila Anda ingin pelesir ke Gili Ketapang, Anda cukup berkendara menuju Kota Probolinggo, kemudian mengikuti petunjuk arah yang memandu Anda ke Pelabuhan Tanjung Tembaga. Jika di sebelah kiri Anda sudah mulai melihat pemandangan laut, itu tandanya Anda sudah hampir tiba di Tanjung Tembaga.

Pantai Gili Ketapang - wisatagunungbromo.co.id

Pantai Gili Ketapang – wisatagunungbromo.co.id

Tanjung Tembaga adalah pelabuhan yang dapat menghubungkan Anda dengan Pulau Gili Ketapang dan satu-satunya transportasi yang ada di Tanjung Tembaga adalah kapal motor. Jadwal penyeberangan dari Tanjung Tembaga ke Gili Ketapang dimulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, sedangkan penyeberangan dari Gili Ketapang ke Probolinggo sekitar pukul 06.00 WIB hingga jam 18.00 WIB.

Lihat Juga:   Grand Citihub Hotel @ Kajoetangan, Business Budget Hotel Pertama di Malang

Kapal motor yang ada di Tanjung Tembaga memiliki kapasitas antara 20-25 orang dengan lama waktu perjalanannya sekitar 45 menit. Biaya untuk menyeberang ke Gili Ketapang dengan kapal di Tanjung Lembaga sekitar Rp 10 ribuan per orang sekali jalan. Waktu yang disarankan untuk menyeberang ke Gili Ketapang adalah sekitar pagi hingga siang hari, karena kala itu ombak di lautan biasanya masih relatif tenang.

Di Tanjung Lembaga biasanya Anda akan dikenai biaya karcis masuk pelabuhan sebesar Rp 4.000 untuk sepeda motor. Kemudian saat tiba di parkiran akan ada petugas yang menanyakan sekaligus menawarkan paket wisata Gili Ketapang. Paket wisata Gili Ketapang umumnya ditawarkan dengan sekitar Rp 85 ribuan per orang. Tarif tersebut meliputi biaya kapal penyeberangan PP, sewa perlengkapan snorkeling + foto bawah laut (underwater), dan makan siang. Jika tanpa snorkeling, biayanya hanya sekitar Rp 60 ribuan saja per orang.

Seperti yang sudah banyak Anda dengar, Pantai Gili Ketapang memang memiliki keindahan bawah laut yang memukau. Banyak wisatawan yang mengaku terpesona dengan pemandangan di Gili Ketapang. Saat snorkeling biasanya mereka bisa menemukan banyak ikan-ikan cantik yang sedang berenang, termasuk ikan badut yang dijuluki ikan ‘Nemo’. Sayangnya menurut beberapa traveler yang telah mencoba snorkeling di sana, sudah ada beberapa terumbu karang yang rusak di Gili Ketapang, sehingga kini pemandangan underwater di sana sudah tak terlalu meriah seperti sebelumnya.

Lihat Juga:   Villa Pelangi 1, Opsi Akomodasi Mewah di Kompleks Villa Kusuma Estate Batu

Selain menjajal snorkeling di Pantai Gili Ketapang, Anda juga bisa mencoba wisata religi yang ada di sana. Gili Ketapang terkenal akan Petilasan Goa Kucing yang merupakan salah satu tempat yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Konon katanya, pada waktu-waktu tertentu akan ada kucing gaib yang keluar dari dalam goa. Selain itu di sana juga ada pohon kayu stigi yang konon dahulu kala merupakan tongkat milik Syaikh Maulana Ibrahim yang ditancapkan di tempat tersebut dan kini tumbuh menjadi pohon stigi.

Jika rasa penasaran Anda belum terpuaskan, Anda pun dapat mengunjungi tempat pembuatan kapal nelayan tradisional yang ada di Gili Ketapang. Jangan salah, karena penduduk di sana mata pencaharian utamanya sebagai nelayan, maka sebagian besar dari mereka ternyata terampil membuat kapal sendiri dengan tenaga manual tentunya.

Fasilitas yang ada di Gili Ketapang sendiri memang masih minim. Namun jika berada di sana, pastikan Anda mencoba kuliner khas Gili Ketapang, yakni sepiring nasi dengan ikan bakar bumbu merah yang diolah oleh warga setempat. Harganya benar-benar murah, berdasarkan referensi tahun 2015 lalu harga nasi ikan merah di Gili Ketapang hanya Rp 5 ribuan saja seporsi.

Sayangnya untuk fasilitas akomodasi alias penginapan di Gili Ketapang memang masih nihil. Biasanya para wisatawan yang datang ke Gili Ketapang akan membawa tenda sendiri dan camping di tepi pantai. Namun ada pula yang bermalam di petilasan Goa Kucing. Di sana memang diizinkan dan disediakan tempat gratis untuk para peziarah yang ingin beristirahat. Tapi jangan berharap terlalu banyak, pasalnya di petilasan Goa Kucing hanya tersedia air untuk mandi, ruangan beralaskan tikar, dan listrik yang menyala hanya dari jam 17.00 hingga 18.00. Sebagai gantinya, Anda cukup memberi sumbangan seikhlasnya di kotak amal yang disediakan di petilasan.

Panorama Jaya Hotel Panorama Jaya Hotel Rp 411.764 grade 0
Hotel Tampiarto Hotel Tampiarto Rp 441.177 grade 1

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>