Pantai Tiga Warna: Booking, Tiket Masuk, dan Akomodasi Penginapan




Pantai Tiga Warna - www.tempatwisataku.id
Pantai Tiga Warna - www.tempatwisataku.id

Berbicara tentang objek wisata di Malang, tepatnya di Kabupaten , memang tidak ada habisnya. Ada segudang wisata pantai yang layak untuk dikunjungi di salah satu wilayah di Provinsi Jawa Timur tersebut. Nama-nama pantai seperti Pantai Balekambang, Pantai Sendang Biru, Pantai Ngliyep, atau Pantai Goa Cina mungkin sudah familiar bagi Anda. Tetapi, bagaimana dengan Pantai Tiga Warna? Berikut kami sajikan ulasan mengenai salah satu keajaiban yang disuguhkan Malang.

Pantai Tiga Warna - www.maringetrip.com
Pantai Tiga Warna – www.maringetrip.com

Pantai Tiga Warna berlokasi di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk menuju pantai ini, dari arah Kota Malang, Anda harus menuju wilayah Turen, lalu ikuti arah menuju Pantai Sendang Biru. Setelah melakukan perjalanan selama dua jam, Anda akan menemukan persimpangan menuju ke Pantai Goa Cina atau Pantai Sendang Biru. Nah, Anda tinggal memilih jalur yang menuju Pantai Goa Cina dan berjalan lurus sekitar 2 km sampai menemukan persimpangan jalan. Ambil arah ke kiri menuju tempat pelelangan ikan dan Anda akan masuk ke sebuah perkampungan dan ambil arah menuju ke Clungup Mangrove Conservation.

Jika Anda menggunakan sepeda motor, Anda bisa melalui jalanan sempit di sepanjang Clungup Mangrove Conservation. Sementara, jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, mobil Anda ini harus diparkir sekitar 1 km sebelum masuk Clungup Mangrove Conservation. Nanti, Anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Setelah melewati Clungup Mangrove Conservation ini, Anda akan menemukan pintu gerbang Pantai Tiga Warna. Sekadar informasi, untuk masuk ke Clungup Mangrove Conservation, pengunjung akan dikenai tiket sebesar Rp5.000 atau cukup menyerahkan satu pohon bakau.

Pantai Tiga Warna - www.tempatwisataku.id
Pantai Tiga Warna – www.tempatwisataku.id

Sebelum masuk ke area pantai, pihak penjaga akan menggeledah satu per satu barang bawaan pengunjung, termasuk rokok. Hal tersebut juga dilakukan petugas kepada pengunjung yang hendak pulang. Jika barang yang dibawa ketika pulang tidak sama saat masuk, kemungkinan pengunjung meninggalkan sampah di lokasi pantai. Nah, jika ketahuan meninggalkan sampah, pengunjung akan dikenai denda sebesar Rp50.000. Semua ini dilakukan untuk menjaga keindahan dan kelestarian Pantai Tiga Warna.

Melihat pesona yang ditawarkan, wisatawan tentunya bakal langsung berdecak kagum dengan kecantikan pantai ini. Seperti namanya, Pantai Tiga Warna memiliki tiga warna yang berbeda pada air lautnya, yaitu merah, hijau, dan juga biru. Warna-warni pada air laut ini disebabkan kedalaman air laut yang tidak sama. Warna merah muncul karena kemampuan cahaya matahari yang hanya bisa menembus air pantai hingga kedalaman 20 meter. Sementara, warna hijau di air laut disebabkan endapan lumpur yang bercampur dengan plankton dalam jumlah yang besar. Adapun warna biru, menunjukkan bahwa tingkat kedalaman air laut cukup dalam. Kombinasi tiga warna tersebut tampak semakin cantik dengan perpaduan pasir pantai berwarna kecokelatan.

Selain menikmati keindahan pantai, banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Tiga Warna. Salah satu yang sering dilakukan pengunjung adalah melakukan snorkeling. Dengan kejernihan air dan ombak yang begitu tenang, Pantai Tiga Warna memang menjadi spot tepat untuk melakukan olahraga air tersebut. Di pantai ini, Anda bisa menemukan banyak terumbu karang berwarna-warni yang jumlahnya terus bertambah seiring dengan konservasi yang dilakukan pihak pemerintah setempat. Sementara, untuk perlengkapan snorkeling, Anda bisa menyewa peralatan dengan membayar biaya sekitar Rp150.000.

Lihat Juga:   Daftar Tarif Villa di Gili Trawangan, Lombok

Pantai Tiga Warna

Sebagai sebuah destinasi wisata, Pantai Tiga Warna sendiri baru dibuka untuk umum pada tahun 2014 lalu. Untuk bisa masuk ke pantai ini, pengelola hanya membatasi jumlah pengunjung maksimal 10 orang dengan dipimpin satu orang pemandu. Jadi, jika sudah berjumlah 10 orang, maka kelompok yang lain harus menunggu sampai kelompok pertama kembali.

Untuk informasi, karena Pantai Tiga Warna ini berada dalam wilayah konservasi atau hutan lindung, maka ketika Anda berniat berwisata ke pantai tersebut, Anda harus melakukan terlebih dahulu. Pengunjung Pantai Tiga Warna sendiri dibatasi hanya 200 orang per hari. Jadi, jika Anda datang ke pantai tanpa booking terlebih dulu, kemungkinan besar Anda akan ditolak petugas pantai karena kuota pengunjung sudah penuh.

Nah, jika Anda ingin melakukan reservasi untuk berkunjung ke Pantai Tiga Warna, berikut kami sampaikan beberapa tips-nya.

  • Tentukan hari apa dan jam berapa perkiraan Anda akan berkunjung ke pantai tersebut.
  • Pastikan juga jumlah orang yang ikut dalam rombongan Anda maksimal 10 orang untuk satu pemandu wisata.
  • Pemesanan bisa dilakukan melalui nomor telepon atau SMS ke nomor ponsel 081233339889.
  • Untuk bisa masuk ke pantai ini, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp300.000 per rombongan, dengan rincian Rp100.000 untuk sewa pemandu wisata, Rp150.000 untuk sewa lahan dan tenda, serta Rp50.000 untuk tiket 10 orang.
  • Sebaiknya Anda berkunjung menggunakan sepeda motor karena parkir kendaraan roda empat berada agak jauh dari Pantai Tiga Warna.
  • Jika Anda ingin camping di Pantai Clungup atau Pantai Gatra, yang terletak tidak jauh dari pantai ini, Anda bisa menyewa tenda di pantai-pantai tersebut dengan biaya sewa Rp25.000 per tenda dan Rp25.000 untuk sewa lahan.

Akomodasi di Pantai Tiga Warna

Karena berlokasi agak jauh dari pusat kota Malang dan karenanya membutuhkan perjalanan yang lumayan lama, mungkin Anda bisa memilih untuk menginap di sekitar Pantai Tiga Warna agar memudahkan Anda untuk berwisata ke pantai tersebut. Selain tenda-tenda yang ada di pantai sekitar, di Desa Tambakrejo, Sendang Biru juga ada beberapa akomodasi penginapan yang bisa Anda sewa untuk menginap, salah satunya Pondok Bamboe .

Akomodasi ini berlokasi di Desa Tambakrejo, Sendang Biru, Kabupaten Malang. Dari Pantai Tiga Warna, Pondok Bamboe hanya berjarak sekitar 3,25 km. Selain dekat dengan Pantai Tiga Warna, penginapan ini juga terletak tidak jauh dari objek wisata lain di Malang bagian selatan, seperti Pantai Waru-Waru (1,74 km), Pantai Sendang Biru (2,05) km, dan Pulau Sempu yang berjarak hanya 3,07 km.

Lihat Juga:   Dhea 2 Homestay Rumahan, Tawarkan Dua Kamar Dekat BNS Tarif Cuma Rp400 Ribu

Sebagai sebuah penginapan, Pondok Bamboe Homestay telah didukung dengan berbagai guna memberikan kenyamanan kepada setiap tamu. Di penginapan ini, para tamu bisa memesan sarapan, makan siang, dan makan malam sesuai tamu, juga menemukan area parkir kendaraan yang luas, kopi atau teh di lobby, kafe, restoran, hingga layanan kamar. Selain itu, Pondok Bamboe Homestay juga menjamin layanan check-in dan check-out yang cepat, serta menyediakan meja depan dan keamanan selama 24 jam, bahkan untuk pernikahan.

Untuk kamarnya, tersedia dalam empat , yaitu Standard Room, Deluxe Room, Cottage, dan Executive Room, yang semuanya telah didukung dengan fasilitas seperti AC, meja, TV, kamar mandi pribadi, serta ruang keluarga dan teras untuk beberapa kamar. Berikut masing-masing kamar yang disediakan di Pondok Bamboe Homestay.

Tipe KamarTarif per Malam (Rp)Ketentuan
Standard Room250.000Sarapan gratis, maksimal dua orang
Deluxe Room300.000Sarapan gratis, maksimal dua orang
Cottage300.000Sarapan gratis, maksimal dua orang
Executive Room400.000Sarapan gratis, maksimal dua orang

Jika Anda berminat menginap di Pondok Bamboe Homestay, Anda bisa melakukan reservasi kamar melalui nomor ponsel 085335614884. Pengelola Pondok Bamboe Homestay juga bakal memberikan diskon sebesar 10 persen bagi tamu yang melakukan pemesanan kamar via SMS tiga hari sebelum menginap.

Selain Pondok Bamboe Homestay, akomodasi lainnya yang berlokasi dekat dengan Pantai Tiga Warna adalah Homestay Sendang Biru. Penginapan ini terletak di Jalan Sendang Biru RT 27 RW 03, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Menurut pengelola, Homestay Sendang Biru merupakan pintu masuk ke Pantai Tiga Warna, Pulau Sempu, dan lokasi wisata lainnya di Malang selatan.

Ada enam homestay yang disediakan di tempat ini, dan telah didukung fasilitas seperti ruang tamu, teras, area parkir, kamar mandi, kamar tidur plus spring bed, dan lain-lain. Berikut tarif masing-masing homestay di Homestay Sendang Biru.

Nama HomestayTarif per Malam (Rp)Ketentuan
Homestay Ariesta145.901Tanpa AC, tanpa sarapan, maksimal 2 orang
Homestay Fitri196.405Tanpa sarapan, maksimal 2 orang
Homestay Patricia196.405Tanpa sarapan, maksimal 2 orang
Homestay Libidan240.496Tanpa sarapan, maksimal 2 orang
Homestay Tuminah244.505Tanpa sarapan, maksimal 2 orang, kamar mandi luar
Homestay Dilu244.505Tanpa sarapan, maksimal 2 orang
Homestay Dilu Triple292.604Tanpa sarapan, maksimal 3 orang
Homestay Tuminah Kamar Mandi Dalam292.604Tanpa sarapan, maksimal 2 orang, kamar mandi dalam

Beberapa homestay memerlukan identitas menikah, dan jika ingin sarapan, bisa meminta ke pemilik homestay dengan dikenakan biaya sebesar Rp15.000. Sementara, biaya untuk barbeque sebesar Rp100.000.




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*