Indahnya Menikmati Sunset di Pantai Ujung Pandaran Sampit




Pantai Ujung Pandaran - hellomissnurhasanah.blogspot.co.id
Pantai Ujung Pandaran - hellomissnurhasanah.blogspot.co.id

Borneo alias Kalimantan memang punya pesona yang dapat menarik perhatian wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Selain ditumbuhi hutan-hutan tropis yang subur, Kalimantan ternyata juga memiliki berbagai yang cukup layak untuk dikunjungi. Bagi Anda yang berada di Kalimantan Tengah, cobalah untuk berkunjung ke Ujung Pandaran yang terletak di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Pantai Ujung Pandaran - kalteng.tribunnews.com
Pantai Ujung Pandaran – kalteng.tribunnews.com

Pantai Ujung Pandaran berjarak sekitar 80 km dari selatan pusat Kota Sampit. Untuk menuju ke pantai landai yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa ini, Anda dapat berangkat dari Kota Sampit atau Palangkaraya dengan naik kendaraan. Jika berangkat dari Kota Sampit, Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 3 jam berkendara. Jangan khawatir soal akses jalannya, sebab untuk menuju ke Pantai Ujung Pandaran jalan yang tersedia cukup bagus meskipun ada beberapa jalanan yang masih terjal untuk dilalui.

Namun bila Anda berangkat dari Kota Palangkaraya, Anda dapat naik kendaraan pribadi atau naik angkutan umum dengan naik bus jurusan Palangkaraya-Sampit dari Terminal Palangkaraya. Setelah sampai di Sampit, Anda dapat melanjutkan naik bus yang mengantarkan ke Teluk Sampit, tepatnya lokasi Pantai Ujung Pandaran.

Pantai Ujung Pandaran - www.kompasiana.com
Pantai Ujung Pandaran – www.kompasiana.com

Saat tiba di Pantai Ujung Pandaran, Anda bakal dibuat terpesona menyaksikan hamparan pasir putih yang halus serta deburan ombak yang seakan membuat Anda terlupa sejenak dengan hiruk pikuk di kota. Menurut sebagian besar pengunjung yang pernah pelesir ke Pantai Ujung Pandaran, pantai satu ini memiliki pemandangan matahari terbenam alias sunset yang menakjubkan. Oleh sebab itu saat Anda berada di sana, sempatkanlah untuk tinggal hingga sore menjelang malam supaya Anda tak melewatkan pemandangan sunset yang menakjubkan di Pantai Ujung Pandaran.

Selain menikmati sunset di saung-saung yang disediakan di sekitar Pantai Ujung Pandaran, Anda juga bisa menyaksikan langsung seperti apa upacara adat yang dinamakan ritual Simah Laut di Pantai Ujung Pandaran. Ritual Simah Laut adalah upacara tolak bala yang biasa dilakukan oleh para nelayan di daerah Ujung Pandaran sebelum melaut. Ritual tersebut umumnya diselenggarakan setiap tanggal 10 bulan Syawal.

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan Keren & Unik Bernuansa Pedesaan di Jogja
Pantai Ujung Pandaran - hellomissnurhasanah.blogspot.co.id
Pantai Ujung Pandaran – hellomissnurhasanah.blogspot.co.id

Ketika upacara berlangsung, para nelayan akan mengumpulkan berbagai sesaji yang nantinya akan dilarung ke tengah laut. Konon ritual ini bisa mendatangkan keselamatan dan rezeki yang berlimpah selama berlayar mencari ikan. Upacara Simah Laut biasanya dibuka oleh gubernur dan diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari 14 kabupaten atau kota di Kalimantan Tengah.

Setelah upacara berakhir, gubernur dan para bupati akan diarak oleh rombongan putra-putri yang menggunakan pakaian khas Kotawaringin Timur menuju rumah panggung yang terletak di tepi Pantai Ujung Pandaran. Arak-arakan tersebut akan disambut oleh tetua adat warga Ujung Pandaran. Kemudian rombongan akan naik ke rumah panggung dan berdiri mengelilingi miniatur rumah betang (rumah khas Dayak) dan perahu sepanjang 1,5 meter dengan lebar 0,5 meter. Dalam perahu tersebut ada banyak kue tradisional alias wadai, wajik, bubur merah, bubur putih, telur, hingga kepala kerbau. Pastikan Anda mengabadikan acara tersebut jika kebetulan sedang berkunjung.

Pantai Ujung Pandaran - hellomissnurhasanah.blogspot.co.id
Pantai Ujung Pandaran – hellomissnurhasanah.blogspot.co.id

Untuk urusan di Pantai Ujung Pandaran pun cukup lengkap, terutama karena pemerintah setempat memang terus berupaya untuk menata kawasan Pantai Ujung Pandaran dari tahun ke tahun. Selain menyediakan beberapa gazebo yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk bersantai sambil menikmati sunset, Anda juga bisa menemukan akomodasi yang letaknya persis di tepi Pantai Ujung Pandaran. Penginapan bernama Villa Tess tersebut menawarkan nuansa yang benar-benar eksotis karena bangunannya sengaja didesain khas rumah panggung di Kalimantan dan mengusung ornamen serba kayu yang terasa sejuk dan homey.

Lihat Juga:   Bumi Perkemahan Nglimut, Wisata Alam Murah & Sejuk di Gonoharjo Kendal

Jumlah yang disediakan Villa Tess cukup banyak dan luas, sehingga bagi Anda yang berlibur bersama rombongan bisa bermalam di sana dengan nyaman dan lebih leluasa. Villa Tess menawarkan berbagai fasilitas yang cukup lengkap mulai dari musala untuk beribadah, gazebo, hingga tempat bermain anak. Ada pula lapangan yang bisa digunakan untuk menggelar acara rombongan besar.

Urusan makanan pun tak perlu repot-repot mencari, sebab di Villa Tess sudah disediakan warung untuk mengisi perut dengan berbagai menu masakan yang menarik. Sayangnya di satu ini memang masih belum tersedia koneksi WiFi. New Villatess juga menyediakan fasilitas penunjang lainnya seperti jetsky hingga banana boat yang bisa Anda coba selama menginap di sana.

Kamar-kamar berbentuk pondok yang ada di Villa Tess terdiri dari 2 , yakni yang berukuran kecil sekitar 2 x 2 meter dan berukuran besar sekitar 3 x 3 meter. Untuk pondok kecil atau rate sewanya sekitar Rp 200 ribuan pada hari biasa, sedangkan saat hari libur atau weekend harganya naik menjadi Rp 250 ribuan per malam. Sementara itu untuk kamar besar biaya sewanya Rp 300 ribuan saat weekday dan Rp 400 ribuan per malam saat weekend. Kamar yang ada di Villa Tess sudah dilengkapi tempat tidur yang bersih dan nyaman, pendingin ruangan (AC), hingga kamar mandi layaknya hotel berbintang.

Yang lebih menarik, Anda akan merasakan sensasi beristirahat secara lebih privat karena antara satu pondok sengaja dibangun terpisah dari pondok yang lain. Wah, seperti apa ya kira-kira rasanya memandangi sunset di Pantai Ujung Pandaran dari balik pondok yang ada di Villa Tess? Pasti benar-benar indah! Tertarik untuk pergi ke sana?




Tentang Dian Kartika1102 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan