Pantai Rindu Alam, Pantai Unik dengan Deretan Pohon Pinus yang Asri di Tanah Bumbu




Pantai Rindu Alam - obsesinews.com
Pantai Rindu Alam - obsesinews.com

Sebagai negara kepulauan, Indonesia benar-benar menjadi sebuah negara strategis yang dikelilingi lautan dan memiliki banyak pemandangan laut yang indah. Sejumlah kawasan laut di Indonesia pun bahkan sudah dikenal hingga ke mancanegara. Misalnya saja Wakatobi, Derawan, Labuan Bajo, Raja Ampat, G-Land, dan masih banyak lagi, tak terkecuali di Pulau juga memiliki sederet pantai indah yang sangat layak untuk dikunjungi.

Pantai Rindu Alam - obsesinews.com
Pantai Rindu Alam – obsesinews.com

Pulau Borneo memang menyimpan keunikan alam tersendiri yang menjadikannya berbeda dari kawasan Indonesia lainnya. Jika Anda kebetulan sedang berada di , cobalah untuk menyempatkan mampir ke Pantai Rindu Alam. Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, nama pantai ini mungkin masih terasa begitu asing. Namun bagi warga , Pantai Rindu Alam justru menjadi salah satu pantai yang cukup populer.

Pantai dengan nama yang unik ini berlokasi di Desa Betung, Kecamatan Kusan Hilir, Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu. Jika ingin menuju ke Pantai Rindu Alam bisa ditempuh dalam jangka waktu sekitar 25 menit dari Tanah Bumbu dengan naik sepeda motor atau mobil. Berbeda dari pantai pada umumnya, kawasan sekitar Pantai Rindu Alam banyak ditumbuhi dengan pepohonan pinus, sehingga ketika sampai di sana Anda akan merasakan hawa yang benar-benar asri dan sejuk. Apalagi karena pepohonan yang ada di sana memang tumbuh dengan rimbunnya.

Pantai Rindu Alam - www.pictaram.com
Pantai Rindu Alam – www.pictaram.com

Panorama alam di Pantai Rindu Alam memang cukup menarik. Pantai Rindu Alam memiliki garis pantai sepanjang 1 km dan lahan seluas 3 hektar. Bentuknya sepintas hampir menyerupai sebuah pulau lantaran lokasinya dipisahkan oleh sebuah selat kecil yang menjurus ke luar. Untuk sampai ke Pantai Rindu Alam, Anda harus melewati sebuah jembatan gantung. Meskipun jembatan gantung sudah dibangun cukup memadai, Anda tetap harus berhati-hati ketika melalui jembatan gantung tersebut supaya tidak tergelincir atau terperosok ke sungai yang berada di bawahnya.

Lihat Juga:   Daftar Hotel Halal yang Ramah Wisatawan Muslim di Bangkok

Pantai Rindu Alam menjadi andalan warga Tanah Bumbu untuk berlibur. Tak heran jika setiap harinya Pantai Rindu Alam hampir tak pernah sepi dengan pengunjung. Pada hari biasa jumlah pengunjung Pantai Rindu Alam bisa mencapai ratusan orang. Sedangkan ketika libur panjang atau perayaan khusus biasanya pengunjungnya bisa menembus ribuan orang. Untuk masuk ke kawasan Pantai Rindu Alam para pengunjung hanya dikenakan tiket masuk seharga Rp 5.000 saja per orang. Sangat murah bukan? Anda bebas mengajak keluarga besar Anda untuk bermain air laut di Pantai Rindu Alam.

Selain didominasi pengunjung dari daerah Tanah Bumbu, Pantai Rindu Alam juga didatangi oleh masyarakat dari daerah-daerah lainnya seperti Kabupaten Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Kota Banjarbaru, hingga Kota Banjarmasin. Bahkan banyak pula pengunjung-pengunjung dari luar provinsi seperti dari Kabupaten Muara Tewe dan Kota Palangkaraya (Kalimantan Tengah) yang penasaran dengan keindahan Pantai Rindu Alam.

Untuk urusan , Pantai Rindu Alam memang memiliki sederet penunjang yang terbilang cukup lengkap. Jika Anda ingin duduk-duduk bersantai, Anda bisa membawa tikar sendiri atau bersantai di sejumlah gazebo yang disediakan di tepi Pantai Rindu Alam. Selain itu di sana juga terdapat kolam renang kecil lengkap dengan tempat bermain anak mirip Water Boom mini yang bebas digunakan oleh para pengunjung.

Setelah puas bermandikan air laut atau berendam di kolam renang, Anda juga bisa membilas diri di mandi umum yang telah disediakan. Di sekitar area Pantai Rindu Alam juga banyak penjual makanan, walaupun rata-rata hanya berjualan makanan ringan. Jadi jika Anda dan keluarga tak ingin kelaparan ketika berada di Pantai Rindu Alam, sebaiknya bawalah bekal dari rumah atau membeli makanan besar di kota untuk kemudian dimakan saat tiba di Pantai Rindu Alam.

Lihat Juga:   Info Terbaru Wisma/Penginapan Murah di Kawasan Jakarta Barat

Meski fasilitas di sana cukup lengkap, sayang untuk urusan akomodasi di sekitar memang tergolong masih jarang. Apabila Anda membutuhkan sebuah tempat penginapan untuk beristirahat, Anda bisa menginap di daerah Pagatan. Biasanya para akan memutuskan untuk menginap di Pagatan lantaran jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Pantai Rindu Alam.

Ada beberapa alternatif yang bisa Anda jadikan tempat untuk bermalam jika ingin pelesir ke Pantai Rindu Alam. Misalnya saja Putri Duyung & Resort yang berlokasi di Jl. Batulicin – Pelaihari, Gusungnge, Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu. Putri Duyung & Resort menyediakan cukup banyak kamar dengan rate per malam antara Rp 290 ribuan hingga Rp 475 ribuan. Untuk menginap di penginapan ini Anda dapat menghubungi 081253530890.

Alternatif kedua bisa menginap di Batuah Losmen Pagatan yang beralamatkan di Jl. Arif Rahman Hakim RT 01 No. 21, Desa Batuah, Pagatan. Tarif menginap di Batuah Losmen cukup murah, hanya berkisar antara Rp 50 ribuan hingga Rp 70 ribuan saja per malam. Untuk booking kamar, silakan langsung menghubungi nomor telepon (0518) 38405 atau 081258404440.

Pilihan terakhir bermalam di Penginapan Padaidi Pagatan yang berada di Jl. A. Yani RT 04 No. 1, Desa Pasar Baru, Pagatan. Penginapan Padaidi menyediakan sekitar 10 unit kamar dengan yang juga relatif terjangkau, yakni sekitar Rp 100 ribuan hingga Rp 200 ribuan per malam. Anda bisa memesan kamar sejak jauh-jauh hari dengan menghubungi nomor telepon (0518) 38026 atau 081332866590. Sebelum memutuskan menginap di salah satu penginapan, pastikan terlebih dahulu ketersediaan kamar yang hendak Anda pesan dengan menghubungi nomor kontak hotel.




Tentang Dian Kartika1105 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan