Menikmati Uniknya Pemandangan Alam di Sekitar Pantai Fyord




Pantai Fyord - pixabay.com
Pantai Fyord - pixabay.com

Berkunjung ke memang menyenangkan, Anda bisa menikmati panorama laut yang menakjubkan sambil berjemur bermain banana boat, berenang, atau sebagainya. Apalagi jika Anda menyaksikan pemandangan yang fantastis seperti saat sunrise atau sunset, pasti rasanya akan benar-benar berkesan. Lalu bagaimana rasanya berkunjung ke yang berasal dari lelehan gletser? Wah, bukannya panas tapi akan terasa dingin donk? Seperti apa rasanya?

Pantai Fyord - pixabay.com
Pantai Fyord – pixabay.com

Apabila Anda belum pernah mendengar tentang Pantai Fyord, tampaknya Anda harus segera merencanakan ke sana. Fyord sendiri berasal dari Bahasa , yakni fjord, dan bentuknya semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser atau glaciar (tumpukan es yang sangat tebal dan berat). Karena merupakan lelehan es, tak heran jika suatu fyord bisa sangat dalam dan panjang. Sayangnya di Indonesia yang memang tak pernah mengalami musim salju tak pernah ditemukan fenomena semacam pantai fyord. Fyord selama ini lebih sering ditemukan di negara-negara seperti Skandinavia dan di Amerika Utara, terutama Alaska dan Kanada.

Jika Anda penasaran ingin melihat langsung seperti apa keindahan pantai fyord, Anda bisa berkunjung ke sepanjang pesisir Norwegia, Islandia, Greenland, Labrador, pesisir barat Skotlandia, barat laut sudut Selandia Baru, di pesisir barat Newfoundland di Nasional Gros Morne, British Columbia hingga ke Puget Sound, pesisir selatan dan barat Alaska, selatan Chili, hingga di pesisir Laut Baltik di Jerman.

Pantai Fyord - pixabay.com
Pantai Fyord – pixabay.com

Selain fyord laut atau fyord yang memiliki air asin, ada pula fyord yang memiliki air tawar atau kerap juga dinamai fyord air tawar. Berbeda dari pantai fyord, fyord air tawar umumnya terbentuk di daerah pegunungan yang terdapat aliran es melalui lembah-lembah sempit. Fyord air tawar atau fyord danau bisa Anda temui di daerah pantai timur laut Teluk Georgia dari Danau Huron di Ontario, Newfoundland Gros Morne.

Lihat Juga:   Deretan Penginapan Murah dan Nyaman di Majalengka

Fyord air laut dan fyord air tawar ini memang cukup menarik, selain bisa dijadikan sebuah , fyord juga kaya akan kandungan sedimen yang cocok untuk dijadikan bahan penelitian oleh ilmuwan. Dengan meneliti sedimen-sedimen dari fyord tersebut, peneliti bisa mencari tahu keberadaan minyak bumi atau berbagai mineral bumi lainnya. Yang lebih unik lagi, di sekitar fyord biasanya juga ada berbagai jenis terumbu karang dan ikan-ikan yang cantik.

Dari sekian banyak fyord yang ada di muka bumi ini, fyord terpanjang di dunia ada 3. Yang pertama adalah Scoresby Sund yang berada di Greenland dengan panjang sejauh 350 km dan kedalamannya berkisar antara 400-600 meter. Tanah yang mengelilingi fyord satu ini sebagian besar bergunung-gunung dan memiliki tepian yang curam. Menariknya, di sebelah utara bibir Scoresby Sund terdapat Ittoqqortoormiit, satu-satunya pemukiman permanen di wilayah ini dengan populasi penduduk sekitar 469 orang pada tahun 2010 lalu.

Kemudian posisi kedua diduduki oleh Sognefjord di Norway. Fyord yang memiliki panjang 203 km ini berlokasi di daerah Sogn og Fjordane di Norway Barat. Meski di dunia posisinya adanya terpanjang yang ke-2, rupanya Sognefjord yang menjadi fjord yang terbesar dan paling terkenal di Norwegia. Fyord ini memiliki tingkat kedalaman mencapai 1.308 meter di bawah permukaan laut dan titik terdalam berada di tengah bagian fyord dekat Hoyanger.

Di daerah sepanjang Sognefjord terdapat bebeberapa pemukiman yang aksesnya perlu menumpangi perahu. Apabila Anda menginginkan pemandangan alami yang benar-benar menakjubkan, Anda bisa berkunjung ke cabang Sognefjord, Gudvangen yang terletak di Nærøyfjord. Kemudian di sekitar ujung dalam fyord juga terdapat 3 gereja yang terkenal di Norwegia, yakni Kaupanger, Urnes, dan Borgund.

Lihat Juga:   7 Objek Wisata Wajib Dikunjungi di Ungaran, Jawa Tengah

Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Hardangerfjord. Fyord yang berada di posisi kedua terpanjang di Norway ini berlokasi di Hordaland, Hardanger. Hardangerfjord membentang sejauh 179 km dari Samudera Atlantik ke pedalaman pegunungan Norwegia di sepanjang dataran tinggi Hardangervidda. Titik paling dalam dari fyord satu ini mencapai kota Odda. Kedalaman dari Hardangerfjord sendiri mencapai lebih dari 860 meter. Begitu halnya fyord lain di Norway, Hardangerfjord cukup dikenal di sektor pariwisata dan berhasil membawa kemakmuran bagi masyarakat setempat yang tinggal di sepanjang fyord.

Hardangerfjord memiliki kondisi air yang baik untuk budidaya ikan. Secara tahunan perikanan di Hardangerfjord sukses menghasilkan lebih dari 40.000 ton salmon dan rainbow trout. Hal ini sekaligus menjadi Hardangerfjord sebagai salah satu dari 4 wilayah perikanan utama di dunia. Yang lebih menarik lagi, lelehan air di Hardangerfjord juga dibotolkan dari sumbernya untuk membuat produk air mineral dalam kemasan Isklar dan telah dijual hingga ke seluruh dunia.

Bagi Anda yang memiliki cukup banyak uang mungkin tak ada salahnya untuk mulai merencanakan liburan ke Norwegia. Saat berada di sana, Anda bisa menjadwalkan untuk mengunjungi 2 pantai fyord sekaligus, yakni Sognefjord dan Hardangerfjord. Terlebih karena di sekitar fyord tersebut masih terdapat pemukiman penduduk dan di sana memang terkenal akan sektor pariwisatanya.

Selain berkunjung ke dua fyord tersebut, Anda juga bisa mengunjungi fyord lain seperti Geirangerfjord, Alesund, dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat bahwa Norwegia memiliki iklim yang cukup dingin. Pastikan untuk membawa mantel, syal, atau baju-baju hangat yang bisa membuat Anda tak merasa kedinginan selama traveling di Norwegia. Selain itu rencanakanlah perjalanan Anda mulai dari pengurusan paspor, visa, , makanan, hingga selama berada di negara Norwegia sejak jauh-jauh hari.




Tentang Dian Kartika1102 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan