Kota Baru yang Megah, Ini Referensi Tempat Wisata di BSB Semarang




BSB Semarang - (YouTube: Raja Drone ID)
BSB Semarang - (YouTube: Raja Drone ID)

Berbicara mengenai tempat wisata di Semarang, mungkin banyak yang lebih familiar dengan destinasi seperti Lawang Sewu, Pantai Marina, atau Candi Gedong Songo. Padahal, ada pula BSB City, sebuah pengembangan kota baru yang tidak hanya menawarkan kenyamanan tinggal di area perbukitan, tetapi juga sejumlah spot liburan yang asyik untuk refreshing.

Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah dan merupakan salah satu kota yang berkembang, Semarang memang memiliki potensi bisnis yang cukup baik.[1] Akhirnya, muncul kawasan yang nantinya akan menjadi ‘kota baru’ di Semarang, layaknya kota-kota lainnya di Indonesia. Nah, salah satu yang dipandang punya prospek menjanjikan sebagai ‘kota baru’ adalah BSB City, sebuah proyek kota satelit dengan luas lahan sekitar 1.000 hektar dan terletak di ketinggian sekitar 250 meter di atas permukaan laut sehingga terjamin sebagai kawasan bebas banjir.[2]

Dikutip dari situs resminya, BSB City dirancang dalam masterplan seluas 1.000 hektar dengan perencanaan matang sehingga akan terwujud sebuah kota dengan fasilitas lengkap dan modern, berupa kawasan bisnis dan komersial, perbelanjaan dan tempat rekreasi, pendidikan, dan rumah ibadah. Konsep penataan dengan banyak area hijau, -taman depan rumah, serta taman bermain membuat suasana lebih sejuk dan segar.

Seperti disinggung di atas, BSB City tidak cuma menawarkan hunian yang diklaim nyaman dan aman, tetapi juga sejumlah tempat wisata oke. Di sini, Anda dapat memanjakan hasrat berbelanja Anda, mencicipi sejumlah kuliner menarik, atau menikmati pemandangan alam yang memesona. Lalu, apa saja spot wisata yang telah disediakan oleh pihak BSB City Semarang?

Lihat Juga:   Update Tarif Sumber Taman, Wisata Air Nyaman di Malang Selatan

Danau BSB Semarang

Ini adalah salah satu wisata unggulan yang ditawarkan BSB Semarang untuk traveler atau penghuni kawasan tersebut. Meskipun hanya danau buatan, tetapi panorama yang ditawarkan tidak kalah elok jika dibandingkan danau alami. Bahkan, banyak yang menyebut danau seluas sekitar 7,5 hektar tersebut punya pemandangan yang elok dan Instagramable.

Selain punya view yang oke, suasana di Danau BSB pun sangat asri berkat banyaknya tumbuhan dan pohon hijau di sekitarnya. Tidak cuma itu, pengunjung juga dapat memakai area danau tersebut untuk berolahraga karena telah disediakan jogging track dengan tekstur yang halus. Anda dapat berolahraga sekaligus menyegarkan pikiran Anda saat jogging di danau tersebut.

Apabila tertarik berkunjung, akses menuju danau ini sangat mudah. Anda terlebih dahulu masuk melalui gerbang perumahan melewati pos satpam dengan jarak sejauh 100 meter. Kemudian, pelancong yang menggunakan kendaraan bermotor bisa menuju lokasi dan memarkir kendaraan mereka di tempat yang telah disediakan. Mengenai tiket masuk, tidak dipungut alias gratis.

Danau BSB Semarang - @eko 1105
Danau BSB Semarang – @eko 1105

Lakers BSB Sport Club

Seperti namanya, ini adalah sport club yang berada di kawasan Perumahan BSB City. Terletak tidak jauh dari danau, dengan pintu masuk di depan Cluster Puri Arga Golf, Lakers BSB Sport Club ternyata tidak hanya menyediakan sarana olahraga. Di tempat tersebut, wisatawan juga bisa menikmati aneka kuliner menggoda selera atau menikmati pemandangan sekitar sambil duduk-duduk di bawah rindangnya pepohonan.

Dikutip dari situs resminya, Lakers BSB Sport Club menawarkan kolam renang outdoor dengan tarif masuk mulai Rp40 ribu sampai Rp50 ribu untuk wisatawan umum. Selain itu, terdapat fitness center, edukasi wisata yang cocok untuk anak sekolah, ATV car berkapasitas 100cc dan 200cc, organic farm, Segway, serta Lakers Resto yang menawarkan aneka menu seperti spaghetti, cheese burger, sop, sup, hingga BBQ dengan bersahabat.

Lihat Juga:   Griya Bukit Berbunga 2, Bikin Wisatawan Betah Berlama-lama di Kota Batu
Lakers BSB Sport Club - @Amalia Thamrin
Lakers BSB Sport Club – @Amalia Thamrin

Bukit Baru Mall

Untuk mereka yang doyan berbelanja, BSB City juga menyediakan shopping mall. Bernama Bukit Baru Mall atau biasa disingkat BBM, perbelanjaan tersebut diklaim sebagai future lifestyle shopping mall yang berada di lahan seluas 5 hektar dan terkoneksi dengan theme park dan jajanan tradisional yang terletak tepat di belakangnya.

Menurut keterangan di website resminya, BBM menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, mulai dari entertainment, ragam kuliner internasional dan domestik yang tersebar di resto-resto dan kafe-kafe, jajanan, hingga toko ritel ternama seperti Metro Department Store, ACE Hardware, inForma, Gramedia, Lotte Mart, Toys r Us, Urban Kitchen, Burger King, KFC, Starbucks, dan lainnya. Tidak cuma itu, juga tersedia sarana Wi-Fi gratis yang dapat diakses di seluruh gedung dan lahan mall serta area parkir yang terpadu dan luas.

Menurut rencana, pihak pengembang akan menghadirkan shopping mall lainnya yang dinamakan Uptown Mall. Sedikit berbeda dengan perbelanjaan pada umumnya, nantinya Uptown Mall ini juga akan dilengkapi green spine dan waterpark. Jadi, pengunjung tidak cuma bisa berbelanja, tetapi juga dapat bermain, terutama untuk mereka yang membawa serta anak-anak.

[1] Lestyana, Imanuella Anindita, Prayanto Widyo, Adiel Yuwono. 2013. Perancangan Promosi Kota Mandiri BSB (Bukit Semarang Baru) di Semarang. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna Universitas Petra, Vol. 1(2).

[2] Ibid.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan