Losmen dan Penginapan Murah di Baturaden




Curug Watu Telu di Baturaden (sumber: pesona.travel)
Curug Watu Telu di Baturaden (sumber: pesona.travel)

Selain Semarang dan Solo, Jawa Tengah juga mengandalkan Baturaden sebagai salah satu destinasi wisata unggulan. Kawasan yang masuk wilayah Kabupaten tersebut merupakan sebuah wisata yang menawarkan panorama air terjun, mini-train, perahu dayung, hingga kolam renang.

Salah satu menarik di daerah yang terkenal dengan legenda lutung kasarung ini adalah Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Kedua objek wisata tersebut merupakan pemandian yang mengandung belerang. Pemandian ini dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan karenanya menjadi objek wisata populer di Baturaden.

Selain itu, ada Telaga Sunyi yang terletak di pusat wisata Baturaden. Ini merupakan sebuah mata air yang sangat jernih. Namun, para wisatawan dilarang berenang atau mandi di telaga ini untuk menjaga keselamatan pengunjung.

Karena terletak di lereng Gunung Slamet, Baturaden juga memiliki area hijau yang luas yang sering dijadikan bumi perkemahan. Bumi perkemahan Baturaden sempat dijadikan lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka pada tahun 2001 silam.

Untuk lebih mengetahui seluk beluk tentang alam, Baturaden juga memiliki Teater Alam Baturaden. Gedung teater ini berbentuk pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia dan berdiri di atas lahan seluas 600 hektar. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan film tentang alam dan budaya Indonesia, seperti tragedi tsunami, cerita budaya TMII, atau peristiwa Gunung Merapi.

Lihat Juga:   Villa Asri, Akomodasi Rp700 Ribuan Berhawa Sejuk di Dekat Batu Secret Zoo

Karena banyak dikunjungi wisatawan, terutama pada hari Minggu dan libur nasional, di kawasan Baturaden banyak didirikan penginapan, mulai hotel hingga villa, dengan tarif bervariasi, tergantung yang disediakan. Namun, agak susah menemukan penginapan dengan model di kawasan ini. Meski begitu, bukan berarti tidak ada penginapan di wilayah Baturaden, berikut beberapa di antaranya.

Griya Aprina

Griya Aprina (via Google street view)
Griya Aprina (via Google street view)

Penginapan ini beralamat di Jalan Raya Baturaden Timur No. 32. Griya Aprina merupakan penginapan kelas melati dengan tarif mulai Rp110.000 per malam. Jika berminat, bisa melakukan reservasi di nomor (0281) 681490.

Ratna Puri

Penginapan ini terletak di Jalan Raya Baturaden No. 32, tepat di sebelah Griya Aprina. Sebagai penginapan kelas melati, Ratna Puri menawarkan tarif inap yang sangat terjangkau, yaitu mulai Rp85.000 per malam. Untuk reservasi kamar, bisa menghubungi nomor (0281) 681490.

Losmen Cemerlang

Losmen Cemerlang (sumber: pegipegi.com)
Losmen Cemerlang (sumber: pegipegi.com)

Penginapan ini terletak di Jalan Raya Baturaden KM 13. Losmen Cemerlang merupakan penginapan kelas melati yang menawarkan kamar tipe ekonomi dengan tarif mulai Rp200.000 per malam. Jika berminat, bisa melakukan reservasi di nomor (0281) 681313.

Penginapan Aprilla

Penginapan Aprilla (sumber: pegipegi.com)
Penginapan Aprilla (sumber: pegipegi.com)

Penginapan ini berada di Jalan Peternakan No. 1, Baturaden. Penginapan Aprilla merupakan penginapan kelas melati yang menawarkan kamar dengan tarif mulai Rp200.000 per malam. Untuk Villanya, Anda dapat merogoh kocek mulai Rp832 ribuan per malam dengan fasilitas dapur dan AC. Jika berminat, bisa melakukan reservasi di nomor telepon (0281) 681203.

Lihat Juga:   Sewa Villa, Resort, Cottage di dekat Pelabuhan Ratu, Sukabumi

Damina Sari II

Damina Sari II (Wisnu Rachmanto via google travel guide)
Damina Sari II (Wisnu Rachmanto via google travel guide)

Penginapan ini terletak di Jalan Raya Barat, Baturaden. Damina Sari II merupakan penginapan kelas melati dengan tarif mulai Rp150.000. Untuk reservasi kamar, bisa menghubungi nomor telepon (0281) 681347.

Bukit Pandaw

Bukit Pandawa (via Google street view)
Bukit Pandawa (via Google street view)

Penginapan ini berada di Jalan Raya Munggungsari RT 01 RW 02, Karangsalam, Baturaden. Bukit Pandawa merupakan penginapan kelas melati yang menawarkan kamar tipe ekonomi dengan tarif mulai Rp50.000 – Rp150.000 per malam.

Penginapan Sagita

Penginapan ini berada di Jalan Pariwisata, Desa Karangmangu, Kecamatan Baturaden. Berbeda dengan penginapan kelas melati kebanyakan, Penginapan Sagita menyewakan satu set rumah beserta isinya dengan tarif mulai Rp70.000 per malam. Jika berminat, bisa menghubungi nomor telepon (0281) 681514.

Jika Anda tertarik dengan salah satu penginapan di atas, segera di beberapa situs online untuk memeriksa ketersediaan kamar. Anda dapat memilih penginapan yang sesuai dengan bujet selama .

[Update: Ditta]




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan