Hinggap di B30, Puncak Bromo yang Menyajikan pemandangan ‘Negeri Atas Awan’




negeri diatas awan b30 - fazdhianaadventure.blogspot.com

Pernah membayangkan bagaimana rasanya tinggal di negeri atas awan? Jika ingin merasakan sensasinya, Anda bisa datang berkunjung ke B30. Kawasan ini adalah sebuah bukit tersembunyi di tertinggi Bromo Tengger. Letaknya berada tepat di perbatasan dan Probolinggo. Namun secara administratif, B30 termasuk dalam wilayah Probolinggo.

negeri diatas awan b30 - fazdhianaadventure.blogspot.com
negeri diatas awan b30 – fazdhianaadventure.blogspot.com

 

Untuk bisa sampai ke B30, Anda sebelumnya harus mencapai B299 karena letak B30 berada lebih tinggi dari B29. Di ketinggian 3.000-an mdpl lebih inilah panorama negeri atas awan akan terlihat jelas. Setelah menempuh selama 15 menit dari B29, Anda akan disambut oleh pemandangan yang tinggi menjulang dan menembus awan di B30.

Bromo akan terlihat menancap di sebelah barat kaki bukit, lengkap dengan hamparan laut pasirnya dan urat nadi di sekeliling kawah Bromo yang terbentuk dari jejak jalan yang terbentuk. Sementara di sisi utara, Gunung Lemongan tampak mengintip dari cela bentukan awan. Sisi timur B30 dihiasi panorama Gunung Argopuro dan Gunung Ijen. Sedangkan di Tenggara, Mahameru menyembul dari bentangan awan.

Waktu terbaik menikmati pemandangan B30 adalah ketika menjelang sore hari. Sebab, pemandangan dapat terlihat jelas sebelum matahari mulai tenggelam. Terik matahari siang akan sedikit menetralkan cuaca di B30 yang sangatlah dingin. di medan terjal pun lebih mudah dengan bantuan cahaya matahari.

Selain itu, Anda tentu tak ingin melewatkan pertunjukan yang paling dinanti di B30, yakni ketika waktu sunset tiba. Mulanya, Anda kana melihat sinar matahari perlahan turun menembus celah-celah awan yang berbaris di atas -gunung. Gradasi sinar kuning akan tampak kentara di senja hari.

Biaya rata-rata untuk menuju B29 adalah sebesar Rp60.000 untuk menyewa jasa ojek pulang-pergi. Biaya tambahan akan dikenakan jika melanjutkan ke titik B30. Pada musim-musim liburan, pengunjung biasanya akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 25 ribu.

Jika beruntung, di B30 Anda akan menemukan buah yang diberi nama “Glunggung Kebo” oleh warga sekitar. Buah ini bentuknya kecil seperti berry merah dengan rasa asam-manis. Buah ini dipercaya memiliki manfaat untuk memperlancar pencernaan jika dikonsumsi. Glunggung Kebo biasanya tumbuh di semak-semak dan hanya bisa bertahan hidup di daerah gersang namun dingin dan minim oksigen, seperti halnya edelweis.

Lihat Juga:   Libur Lebaran Enaknya ke Mana? Ini Referensi untuk Anda




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan