Camping Ground Parapat, Spot Terbaik Menikmati Pemandangan Danau Toba




Gunung Simarbalatuk Parapat - simarbalatuk.com
Gunung Simarbalatuk Parapat - simarbalatuk.com

Danau Toba merupakan salah satu objek populer yang berlokasi di Provinsi . Salah satu cara terbaik menikmati pesona danau tersebut adalah dari Parapat, terdekat dari danau. Anda bisa menyewa penginapan seperti atau guest house di tersebut. Namun, apabila Anda menginginkan pengalaman yang ‘berbeda’, camping mungkin bisa menjadi alternatif menarik.

Gunung Simarbalatuk Parapat - simarbalatuk.com
Gunung Simarbalatuk Parapat – simarbalatuk.com

Ada beberapa spot yang bisa dijadikan camping ground di kawasan Parapat, salah satunya Gunung Simarbalatuk, atau dalam bahasa lokal (Batak) disebut dengan Dolok Simarbalatuk. Di gunung tersebut, wisatawan bisa melihat pemandangan terbit dan juga terbenam yang sangat indah berlatar Danau Toba yang memesona.

Gunung Simarbalatuk berada tepat di atas Kota Parapat dan memiliki ketinggian sekitar 1.514 meter dari permukaan laut, jadi tidak terlalu lama waktu yang diperlukan untuk mendaki gunung ini. Tepat di bawah kaki gunung, terdapat dua desa, yaitu Desa Bangun Dolok dan Desa Buttu Malasang. Dari kedua desa tersebut, diperlukan waktu tiga sampai empat jam berjalan kaki untuk sampai ke puncak Gunung Simarbalatuk, sedangkan angkutan umum hanya dapat digunakan sampai Desa Bangun Dolok saja.

Lihat Juga:   9 Destinasi Wisata Menarik di Sumenep yang Wajib Dikunjungi

Desa Bangun Dolok sendiri pada akhir dekade 1980-an sampai awal 1990-an sempat menjadi lokasi para kelompok pencinta alam untuk camping, hiking, maupun outbound. Karena itu, Desa Bangun Dolok di era tersebut dikenal sebagai tempat camping dan populer dengan sebutan ‘Camping Ground Parapat’. Di samping sebagai lokasi berkemah, tempat ini juga sering digunakan sebagai lokasi lomba motocross dengan medan yang cukup menantang.

Sayangnya, krisis moneter yang melanda Asia dan Indonesia pada tahun 1997-1998 membuat kunjungan wisatawan ke Dana Toba sempat surut. Camping Ground Parapat pun terkena dampaknya sehingga wilayah ini tidak lagi ramai seperti masa keemasan di era 1980-an sampai awal 1990-an. Padahal, jika mau jujur, ini adalah spot terbaik untuk menikmati pemandangan Danau Toba dari dekat.

Lihat Juga:   Tempat Wisata Menarik di Urumqi yang Patut Dikunjungi Saat Liburan

Di atas Desa Bangun Dolok, yang memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter dari permukaan laut, wisatawan dapat melayangkan pemandangan ke seluruh wilayah Parapat dan juga ke Danau Toba. Bahkan, sepertiga dari luas danau tersebut bisa terlihat dari atas bukit ini. Selain itu, di lokasi ini, pengunjung juga dapat menemukan klenteng, tempat ibadah penganut Kong Hu Cu, dan Gereja Methodist Indonesia.

Dari lokasi ini, bagi Anda para penggemar olahraga lintas alam (tracker), dapat melanjutkan atau petualangan Anda untuk mendaki Gunung Simarbalatuk, bahkan bisa tembus hingga ke Hutan Simbolon. Di tengah hutan antara Bangun Dolok dan hutan primer di atas Bukit Barisan, Anda bisa menemukan sebuah kampung kecil bernama Desa Buttu Malasang yang dihuni sekitar 20 , yang sebagian besar berprofesi sebagai petani.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*