Biaya dan Rute Wisata ke Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon - www.triptrus.com

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Ujung Kulon. Ini adalah taman nasional yang dikenal sebagai habitat badak bercula satu yang nyaris punah. Untuk menuju alam yang elok ini, ada beragam rute yang bisa ditempuh oleh pelancong, termasuk dari Jakarta, dengan estimasi waktu sekitar 6-7 jam berkendara menggunakan jalur darat.

Lokasi Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon berada di bagian paling barat Pulau Jawa. Memiliki luas sekitar 122.965 hektar, dengan 443 km2 di antaranya adalah laut, taman nasional ini pada awalnya meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya, seperti Pulau Handeuleum, Pulau Peucang, dan Pulau Panaitan.

Taman Nasional Ujung Kulon - www.triptrus.com

Taman Nasional Ujung Kulon – www.triptrus.com

Kawasan Ujung Kulon pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli botani asal Jerman, F. Junghun, pada tahun 1846 silam ketika sedang mengumpulkan tumbuhan tropis. Pada masa itu, kekayaan flora dan fauna di Ujung Kulon memang sudah mulai dikenal oleh para peneliti, bahkan sempat masuk dalam jurnal ilmiah beberapa tahun kemudian.

Awalnya, Ujung Kulon merupakan daerah pertanian yang akhirnya harus hancur lebur karena letusan Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883, yang akhirnya mengubah kawasan ini menjadi hutan. Pada tahun 1992, taman nasional ini ditetapkan sebagai Natural World Heritage Site (situs warisan alam dunia) oleh UNESCO.

Pesona Taman Nasional Ujung Kulon

Terdiri dari hutan, pulau, dan lautan, Taman Nasional Ujung Kulon memang menawarkan sejuta pesona alam yang elok bagi para . Di tempat ini, pelancong bisa melihat berbagai satwa liar serta beragam tumbuhan. Berikut beberapa spot-spot menarik yang bisa Anda kunjungi di Ujung Kulon, dikutip dari berbagai sumber.

  • Pulau Peucang, ini bisa dikatakan sebagai pilihan paket pertama bagi pelancong backpacker ketika trip ke Ujung Kulon. Pulau ini menyuguhkan panorama yang sungguh menggoda, dengan air laut yang biru dan jernih serta pantai dengan pasir bersih. Pulau Peucang tentunya menjadi spot oke untuk mengabadikan diri melalui kamera.
  • Karang Copong, berlokasi di utara Pulau Peucang. Dalam ke tempat ini, wisatawan akan melalui hamparan hutan hujan tropis dataran rendah yang masih alami, dan berjumpa dengan pohon-pohon ficus up serta kiara yang besar, burung hantu, babi hutan, rusa, merak, dan monyet. Tiba di Karang Copong, Anda akan disambut dengan semburat cahaya kemerahan dari sunset dengan latar pemandangan laut yang indah.
  • Pulau Badul, berbeda dengan Pulau Peucang, pulau ini memiliki ukuran yang sangat mini. Ketika Anda datang ke pulau ini, Anda akan merasakan sensasi seperti terdampar di pulau tak berpenghuni. Di pulau ini, turis bisa mengambil foto sepuasnya di hamparan pasir nan putih, dengan background air laut yang jernih dan menyegarkan. Sebagai jamuan puncak, pulau ini juga menawarkan area snorkeling.
  • Pulau Oar, bisa ditempuh dalam perjalanan sekitar 7 jam berkendara dari Jakarta. Pulau Oar sendiri merupakan salah satu pulau yang masih asri. Untuk mencapai pulau ini, pelancong bisa memasuki sebuah desa bernama Desa Sumur. Setelah itu, menyewa perahu nelayan setempat dengan sekitar Rp300.000 untuk sekali perjalanan.
  • Pulau Handeulum, terletak di sisi timur Semenanjung Ujung Kulon, hal unik di tempat ini adalah keberadaan rel kereta yang mengarah ke lautan. Ketika tiba di pulau ini, pengunjung akan disambut dengan hamparan sisa akar pohon bakau. Namun, wisatawan disarankan tetap waspada akan keberadaan ular piton di balik akar-akar hutan bakau.
  • Pulau Panaitan, ini adalah spot yang sangat populer di kalangan pencinta surfing. Berlokasi di Selat Sunda, Pulau Panaitan memang memiliki wahana ombak yang menyenangkan bagi para penunggang ombak. Namun, jangan harap ada atau resort di pulau ini. Jika ingin menginap, turis harus mendirikan tenda sendiri.
  • Padang Penggembalaan Cidaon, berlokasi sekitar 7 km dari Pulau Peucang, tempat ini menyuguhkan hewan-hewan liar seperti banteng yang sedang merumput, burung merak, dan kadang-kadang ayam hutan. Selain itu, pengunjung juga dapat berkunjung ke Air Terjun Citerjun yang menyegarkan, yang terletak sekitar 1,5 km.
  • Tanjung Layar, untuk bisa sampai ke tempat ini, memerlukan perjalanan menggunakan perahu dari Cibom. Di tempat ini, terdapat sebuah shelter yang menyediakan informasi mengenai Tanjung Layar, sejarah kedatangan bangsa asing, pembangunan mercusuar, hingga sisa-sisa kegagalan pembangunan dermaga karena konflik politik dan wabah penyakit.
  • Sungai Cigenter, memiliki panjang sekitar 12 km, wisatawan dapat menyusuri sungai ini menggunakan sampan atau jukung, yang dapat diisi 5 hingga 6 orang. Sepanjang sungai, turis akan menjumpai ekosistem dengan keragaman hayati dan kehidupan satwa-satwa liar, termasuk ular piton, burung Raja Udang, kepiting bakau, hingga badak.
Lihat Juga:   Daftar Penginapan Murah di Kawasan Lovina, Bali

Rute ke Taman Nasional Ujung Kulon

Jika Anda berangkat dari Jakarta menggunakan jalur darat, perjalanan ke Ujung Kulon memakan waktu 6 hingga 7 jam berkendara. Ada beberapa rute yang bisa dilewati, salah satunya Jakarta-Kalideres- Tangerang-Bitung-Cikupa-Balaraja-Serang-Pandeglang-Labuan-Panimbang-Cibaliung-Sumur-Ujung Kulon, dengan jarak tempuh sekitar 240 km.

Taman Nasional Ujung Kulon - www.pinterest.es

Taman Nasional Ujung Kulon – www.pinterest.es

Untuk kenyamanan di perjalanan tanpa harus gonta-ganti kendaraan umum, disarankan pelancong berangkat pada malam hari menggunakan bus wisata sewaan. Tarif bus sewaan ini berkisar Rp5.000.000 hingga Rp7.500.000 untuk bus besar full AC. Selain nyaman untuk tidur, masih cukup banyak ruang untuk menaruh barang-barang yang dibawa rombongan.

Lihat Juga:   Villa Penny II, Penginapan Keluarga 3 Kamar Dekat Batu Secret Zoo

Biaya Wisata ke Taman Nasional Ujung Kulon

KomponenKisaran Biaya (Rp)
Sewa Bus Jakarta-Ujung Kulon5.000.000
Biaya Makan Sopir & Kernet Bus200.000
Biaya Tol & Parkir200.000
Sewa Kapal3.500.000
Tip Kapten Kapal dan ABK300.000
Tambat Kapal100.000
Makanan dan Air Mineral1.600.000
Izin Masuk7.500 – 15.000 (tergantung spot yang dikunjungi)
Tenda300.000

Biaya di atas berlaku untuk rombongan dengan jumlah peserta 30 orang. Selain itu, ada juga agen perjalanan yang menawarkan paket wisata ke Taman Nasional Ujung Kulon dengan biaya mulai Rp600.000 per orang untuk paket wisata 2 hari 1 malam atau Rp700.000 per orang untuk paket wisata 3 hari 2 malam.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>