Bukit Lambosir, Wisata dengan Pemandangan Alam yang Indah di Kuningan-Jawa Barat

Bukit Lambosir - fauziprima.blogspot.com

Bukit Lambosir adalah sebuah kawasan perbukitan di lereng Gunung Ciremai di Blok Lambosir, Desa Setianegara, Kabupaten , Jawa Barat. Asal-usul pemilihan nama Lambosir sendiri cukup unik, sebab nama Lambosir ternyata berasal dari nama daging bagian dalam yang memiliki rasa paling enak.

Menurut pihak pengelola, penduduk setempat sengaja menamai kawasan perbukitan tersebut dengan kata Lambosir karena berharap lingkungan tersebut enak dan tenteram untuk ditinggali. Anda yang biasa melakukan aktivitas terabas hutan dengan motor trail atau mobil-mobil offroad tentu sudah tak asing lagi dengan kawasan ini karena kabarnya Bukit Lambosir memiliki jalur offroad yang cukup menantang.

Bukit Lambosir - fauziprima.blogspot.com

Bukit Lambosir – fauziprima.blogspot.com

Beberapa orang ada yang menyebut Bukit Lambosir dengan Yamaha Forest karena dulunya objek ini merupakan kawasan hutan konservasi yang digagas oleh Nasional Gunung Ciremai (TNGC) dan yang menjadi sponsor utamanya adalah Yamaha. Bukit Lambosir berada di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut, sehingga tidak mengherankan apabila udara di Bukit Lambosir cukup sejuk. Belum lagi suguhan pemandangan dari atas bukit yang terasa benar-benar memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Rute menuju area wisata Bukit Lambosir kabarnya cukup menantang. Namun sejak beberapa waktu lalu jalanan ke Bukit Lambosir telah dicor oleh pihak pengelola sehingga menjadi cukup bagus dan memudahkan para pengendara kendaraan roda dua maupun roda empat yang hendak bepergian ke Bukit Lambosir bersama pasangan, rekan, atau keluarga.

Perjalanan ke Bukit Lambosir dimulai dari masuk melalui Linggarjati kemudian memasuki gerbang Desa Setia Negara, Kecamatan Cilimus lalu dilanjutkan dengan melalui jalur desa yang sudah beraspal sekitar beberapa kilometer hingga naik ke gunung. Untuk mencapai , Anda bisa naik sepeda motor atau berjalan kaki dan menikmati rute trekking yang menanjak dan berkelok-kelok. Tak perlu khawatir, karena selain dapat dilewati motor, jalanan menuju Bukit Lambosir kabarnya juga dapat dilalui oleh mobil.

Lihat Juga:   Fasilitas Permainan, Penginapan, dan Acara di Taman Buah Mekarsari

Beberapa tahun lalu memang masih belum ada papan petunjuk yang mengarahkan Anda menuju Bukit Lambosir, namun kini sejak keberadaannya mulai nge-hits tampaknya pihak pengelola sudah menambahkan beberapa papan petunjuk arah yang dapat memudahkan Anda sampai di Bukit Lambosir.

Sekitar 10 menit Anda melewati jalur dari Desa Setia Negara, Anda akan bertemu dengan pertigaan, pilih jalur kanan. Beberapa kilometer kemudian Anda bisa menikmati langsung seperti apa indahnya pemandangan Bukit Lambosir. Jarak tempuh dari pemukiman warga jika menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4 menuju Bukit Lambosir sekitar 15 menit, tetapi jika Anda berjalan kaki, maka waktu tempuhnya akan lebih lama, sekitar 40 menit hingga 1 jam.

Harga tiket masuk Bukit Lambosir relatif terjangkau, hanya Rp 15 ribuan saja. Petugas Ciremai Green Lambosir biasanya akan menarik karcis masuk di pos pintu masuk. Namun tersebut berlaku untuk sampai ke bumi perkemahan Lambosir. Apabila Anda ingin masuk Villa Lambosir, Anda masih akan dikenai tambahan lagi. Di sana terdapat sebuah villa panggung yang terbuat dari kayu, lengkap dengan fasilitas umum layaknya toilet, kamar tidur, dan musala.

Bukit Lambosir - officialusachannel.blogspot.com

Bukit Lambosir – officialusachannel.blogspot.com

Menariknya, di Bukit Lambosir juga ada saung atau pendopo untuk Anda yang ingin sekadar bersantai sembari beristirahat, serta makan dan kumpul bersama keluarga. Pasalnya ukuran saung di sana cukup besar. Namun kabarnya untuk menggunakan fasilitas saung tersebut Anda masih harus membayar biaya Rp 25 ribuan untuk menginap.

Selain sudah ditunjang fasilitas-fasilitas pendukung yang cukup memadai, dari Bukit Lambosir Anda juga bisa menyaksikan panorama Kota Kuningan dan Cirebon secara jelas, serta pemandangan alam yang begitu menakjubkan layaknya Gunung Ceremai, bukit-bukit, perkebunan, hingga pematang sawah.

Lihat Juga:   Pesona dan Harga Tiket Masuk Danau Rawa Pening

Salah satu spot yang banyak difavoritkan untuk berfoto-foto di area Bukit Lambosir adalah spot bebatuan yang cukup besar dan juga menjadi ikon dari Bukit Lambosir. Menurut pihak pengelola, batu-batu yang ada di Bukit Lambosir mempunyai cerita tersendiri. Bahkan batu-batu tersebut memiliki nama masing-masing.

Misalnya saja Batu Macan yang konon dulunya kerap digunakan istirahat oleh seekor macan. Kemudian ada juga Batu Kembang yang konon biasa dipakai oleh perempuan cantik untuk istirahat. Dan yang terakhir adalah Batu Gajah yang mempunyai ukuran cukup besar sehingga dapat menampung beberapa orang sekaligus.

Tak hanya dapat digunakan untuk rekreasi atau sekadar berfoto-foto selfie, Bukit Lambosir juga dapat dijadikan medan yang tepat untuk berkemah alias camping. Yang lebih seru lagi, pihak pengelola juga mengizinkan para wisatawan untuk membuat api unggun di Bukit Lambosir. Oleh sebab itu, jika Anda memang benar-benar berjiwa petualang, pastikan Anda membawa tenda dan juga perlengkapan kemping saat hendak ke Bukit Lambosir. Apabila Anda bermalam di Bukit Lambosir, Anda bukan hanya mendapatkan bonus udara yang sejuk saja, tetapi juga berkesempatan untuk menyaksikan indahnya matahari terbit alias sunrise dari Bukit Lambosir.

Saat hari libur akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional, biasanya pengunjung Bukit Lambosir cukup ramai. Sebagian besar pengunjung Bukit Lambosir justru berasal dari luar wilayah Kuningan, seperti Cirebon, Majalengka, hingga Indramayu. Tempat satu ini sudah menjelma sebagai favorit keluarga lantaran jalanan menuju Bukit Lambosir sudah bagus dan cukup mudah dilalui. Jika Anda ingin merasakan suasana yang lebih tenang atau sepi, maka Anda bisa camping atau sekadar berkunjung ke Bukit Lambosir di luar hari libur atau saat hari kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>