7 Objek Wisata Wajib Kunjung di Pasuruan




masjid cheng hoo - www.skyscrapercity.com

Pasuruan merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Meski terkenal sebagai daerah industri dan pertanian, namun Pasuruan juga memiliki beberapa objek wisata menarik yang patut dikunjungi. Berikut tujuh objek wisata wajib kunjung di kabupaten yang berbatasan dengan Sidoarjo, Probolinggo, Malang, dan Mojokerto tersebut.

Safari Indonesia II

Kawasan ini merupakan salah satu objek wisata di Pasuruan. Selain Taman Safari Indonesia II, destinasi ini juga dikenal dengan nama Taman Safari Prigen, merujuk lokasinya yang berada di Taman Nasional Gunung Arjuna, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Di sini, pengunjung bisa melihat kawanan hewan liar seperti zebra, singa, harimau, gajah, banteng, beruang, orang utan, dan sebagainya. Selain itu, ada pula hewan liar jenis unggas seperti burung unta, pelikan, nuri, kasuari, dan elang.

Taman Safari Prigen buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 17.00 WIB. Dengan harga tiket sekitar Rp70.000 per orang, objek wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama .

taman safari indonesia 2 - id.wikipedia.org
taman safari indonesia 2 – id.wikipedia.org

 

Kebun Raya Purwodadi

Berbeda dengan Taman Safari Prigen yang menghadirkan beragam jenis satwa, Kebun Raya Purwodadi menampilkan koleksi tanaman koleksi LIPI yang ditujukan untuk kepentingan pertanian di Indonesia.

Setidaknya, ada sekitar 10.000 jenis tanaman yang tumbuh di kebun raya seluas 85 hektar ini. Di antaranya, 157 jenis polong-polongan, 319 jenis anggrek, 30 jenis bambu, 60 jenis tanaman paku, 1.896 palem, dan sebagainya.

Beberapa pendukung yang disediakan untuk pengunjung adalah kolam renang anak, taman bermain, lapangan bola, area camping, gazebo, hingga musala. Terletak di Jl. Raya Surabaya-Malang KM 65, Kebun Raya Purwodadi menarik sebesar Rp6.000 per orang.

kebun raya purwodadi - www.khoirurosida.com
kebun raya purwodadi – www.khoirurosida.com

 

Lihat Juga:   Punya Fasilitas Kolam Renang Private, Ini Harga Inessya Resort

Gunung Bromo

Selain Probolinggo, Lumajang, dan Malang, Anda juga bisa menikmati panorama Gunung Bromo dari Kabupaten Pasuruan. Area favorit menikmati Gunung Bromo dari Pasuruan adalah di Penanjakan, karena bisa menikmati matahari terbit serta pemandangan laut pasir yang luas sekaligus.

Penanjakan dapat ditempuh melalui Nongkojajar, yang berada 40 km dari pusat kota Pasuruan atau berjarak 85-90 km jika ditempuh dari Malang atau Surabaya. Selain panorama gunung yang indah, Anda juga bisa merasakan sensasi bersentuhan dengan kebudayaan Suku Tengger yang melegenda itu.

gunung bromo - bromotour.co.id
gunung bromo – bromotour.co.id

 

Danau Ranu Grati

Danau ini memiliki luas 107 hektar dan bisa ditempuh dengan berkendara selama 30 menit dari pusat kota Pasuruan. Highlight utama danau ini adalah memiliki latar belakang Pegunungan Tengger.

Ranu Grati dipenuhi keramba apung sebagai budidaya ikan air tawar. Ada banyak ikan yang dibudidayakan, sebut saja nila merah, gurami, wader, mujair, dan ikan lempuk. Kalau Anda berminat, Anda bisa membeli dari para penjual atau nelayan dengan harga yang terjangkau.

danau ranu grati - www.pegipegi.com
danau ranu grati – www.pegipegi.com

 

Coban Baung

Air terjun ini berada di Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Dari Surabaya, Coban Baung bisa ditempuh dalam waktu 90 menit berkendara. Sementara dari Malang, diperlukan waktu 45 menit berkendara untuk tiba di air terjun ini.

Coban Baung merupakan pertemuan dua aliran sungai, yaitu Sungai Beji dan Sungai Welang. Kawasan ini juga memiliki banyak tebing tinggi serta dikelilingi banyak pohon rindang, sehingga menjadi spot favorit untuk berkemah bagi para pencinta alam. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan merupakan bagian dari taman Gunung Baung.

air terjun coban baung - www.pergiberwisata.com
air terjun coban baung – www.pergiberwisata.com

 

Lihat Juga:   Alexis Hotel, Tempat Hiburan Malam & Surganya Kaum Lelaki di Jakarta Utara

Kawasan Tretes

Lokasi ini terletak di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuna. Karena berada di dataran tinggi, Tretes memiliki udara yang sejuk serta panorama yang mengagumkan, layaknya Puncak di Bogor atau Batu.

Karena menjadi destinasi wisata favorit, terutama di akhir pekan dan musim liburan, di kawasan ini juga banyak didirikan penginapan, mulai hotel berbintang, villa, hingga losmen bertarif . Beragam fasilitas penunjang pun disediakan seperti kolam renang, restoran, lapangan tenis, kebun anggrek, lapangan golf, hingga pacuan kuda.

kawasan tretes - www.booking.com
kawasan tretes – www.booking.com

 

Masjid Cheng Ho

Jika bosan dengan wisata alam, Anda pun bisa menikmati wisata budaya dan religi di Pasuruan, salah satunya Masjid Cheng Ho. Masjid yang terletak di sebelah utara pasar buah Kasri, Pandaan, Pasuruan ini didirikan untuk mengenang jasa Cheng Ho, laksamana Muslim Tionghoa.

Masjid ini memiliki desain arsitektur khas Tionghoa, dengan dominasi warna merah dan kuning, mirip peribadatan umat Kong Hu Chu. Selain itu, Masjid Cheng Hon juga menjadi tempat perkumpulan warga Tionghoa Indonesia yang berasal dari seluruh Jawa Timur.

masjid cheng hoo - www.skyscrapercity.com
masjid cheng hoo – www.skyscrapercity.com

 




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan