8 Lokasi AIR TERJUN Paling Mempesona di Probolinggo




air terjun umbulan - bromo-aladdintour.blogspot.com

Bosan dengan yang itu-itu saja? Cobalah untuk mengeksplorasi -tempat wisata yang masih sangat lekat dengan , misalnya. Mendengarkan gemericik suara air yang berpadu dengan pemandangan rimbun pasti membuat siapapun yang ada di sekelilingnya menjadi rileks.

Di Probolinggo, beberapa air terjun alami masih bisa Anda temukan di balik bebukitan. Kota ini bahkan menyimpan pesona air terjun yang dinobatkan sebagai air terjun paling indah di seantero nusantara.

Nah, supaya Anda tak kesusahan mencarinya, kami akan merangkumkan 8 air terjun di Probolinggo yang katanya “paling indah”, “paling mempesona”, dan “paling layak untuk dikunjungi”.

Air Terjun Madakaripura

Pesona Air Terjun Madakaripura memang tak ada duanya. Air terjun yang berada di Kecamatan Lumbang dan termasuk dalam kawasan Bromo – Tengger – Semeru ini memiliki bentuk yang sangat unik. Ia dikelilingi oleh -tebing yang hampir seluruh sisinya.

Kata Madakaripura sendiri, menurut penduduk setempat, berarti ‘tempat terakhir’ yangdiambil dari cerita pada jaman dahulu. Konon, Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di sebuah goa di dekat lokasi air terjun utama. Cerita ini diperkuat dengan adanya bukti arca Gajah Mada di tempat parkir area tersebut.

air terjun madakaripura - rahmaliza.weebly.com
air terjun madakaripura – rahmaliza.weebly.com

 

Lihat Juga:   Info Harga Tiket Masuk dan Wahana Permainan di Universal Studio Singapore

Air Terjun Umbulan

Di dekat Air terjun Madakaripura, terdapat air terjun yang tak kalah cantiknya, yakni Air Terjun Umbulan. Secara administratif, air terjun Umbulan terletak di Desa Sukapura, Probolinggo. Lokasinya hanya berjarak sekitar 500 meter dari Kantor Kecamatan Sukapura.

air terjun umbulan - bromo-aladdintour.blogspot.com
air terjun umbulan – bromo-aladdintour.blogspot.com

 

Air Terjun Watu Lawang

Air terjun yang satu ini dinamakan “Watu Lawang” karena adanya semacam pintu masuk (disebut “Lawang” dalam bahasa Jawa) di sisi kanan dan kiri tebing sebelum masuk ke air terjun. Air Terjun ini berada di Desa Ngepung, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

air terjun watu lawang - sinyoureh.blogspot.com
air terjun watu lawang – sinyoureh.blogspot.com

 

Air Terjun Triban

Masih di desa Ngepung, ada satu air terjun lagi yang tak kalah indah, bernama Air Terjun Triban. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini, Anda harus melewati jalur yang dilewati oleh kendaraan dari arah Terminal Bayuangga, Probolinggo.

Air Terjun Kedung Amis

Air terjun Kedung Amis terletak tepat sebelum masuk ke area Air Terjun Watu Lawang. Aliran air dari Air terjun Kedung Amis selanjutnya terbelah menjadi dua, yakni ke kiri yang mengarah ke Air Terjun Watu Lawang dan ke kanan yang mengarah ke Air Terjun Sumber Pakis II.

Air Terjun Sumber Pakis II

Air Terjun Sumber Pakis II lokasinya juga berada di Desa Ngepung, Kec. Sukapura, Kab. Probolinggo. Air terjun ini bersambungan langsung dengan Air terjun Kedung Amis di bagian hulunya.

Air Terjun Darungan (Hyang Darungan Bremi)

Air Terjun ini terletak di desa Bremi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Propinsi . Hyang Darungan Bremi memiliki ketinggian sekitar 15 m.

Air Terjun Kali Pedati

Lebih besar dari Air Terjun Darungan, Air Terjun Kali Pedati memiliki ketinggian sekitar 20 m. Air terjun ini berada tepat di lereng Argopuro. Air Terjun Ini Terletak di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*