Bujet Wisata JTP Group di Batu




Wahana permainan di Jatim Park (sumber: trivindo.com)
Wahana permainan di Jatim Park (sumber: trivindo.com)

Jawa Timur Park Group mendirikan theme park pertamanya pada tahun 2001, dan diberi nama Jatim Park 1. Kemunculan bermain tersebut langsung memberikan pengaruh besar pada perkembangan di . Kota yang dulunya lebih dikenal dengan objek alam, seketika populer sebagai destinasi keluarga dan anak yang menarik di Jawa Timur.

Dengan mengusung tema belajar dan rekreasi, Jatim Park 1 sukses menarik jutaan pengunjung untuk datang. Wahananya yang menarik namun tetap edukatif merupakan salah satu daya tarik utama dari theme park tersebut.

Setelah sukses dengan Jatim Park 1, Jatim Park Group kemudian terus melebarkan sayapnya. Kini, perusahaan yang didirikan oleh Paul Sastro Sendjojo tersebut setidaknya memiliki 12 theme park yang tersebar di Jawa Timur dan Jawa Barat.

Di Jawa Timur sendiri, Batu merupakan kota yang paling banyak dibangun theme park oleh JTP Group. Di kota berjuluk Little Swiss of Java ini, ada tujuh theme park yang bisa dikunjungi, antara lain Jatim Park 1, Eco Green Park, Batu Secret Zoo, BNS, Predator Fun Park, Museum Angkut, dan yang terbaru ada Dino Park (Jatim Park 3). Berikut akan diulas sedikit tentang theme park milik JTP Group yang ada di Kota Batu.

Jatim Park 1

Jatim Park (Jawa Timur Park) - www.malangrentalmotor.com
Jatim Park (Jawa Timur Park) – www.malangrentalmotor.com

Seperti sempat disinggung sebelumnya, Jatim Park 1 merupakan taman bermain pertama yang dibangun oleh JTP Group. Theme park yang mengusung tema bermain dan berekreasi tersebut memiliki beragam wahana yang menarik, di antaranya spining coaster, superman coaster, pendulum 360, rumah hantu, scientist center, dan waterboom. Berikut adalah daftar tiket masuk dan paket wisata di Jatim Park 1.

Tiket Jatim Park 1

TiketHarga
WeekdayRp75.000
WeekendRp120.000
Paket Musem TubuhRp120.000

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo
Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo merupakan salah satu theme park yang paling disukai oleh anak-anak. Di theme park yang diresmikan pada tahun 2010 ini, mereka bisa melihat berbagai macam jenis satwa bahkan bisa berinteraksi langsung dengan beberapa jenis satwa yang jinak seperti baby animal, kelinci, anjing, dan kucing.

Selain menjadi destinasi favorit wisata anak, Batu Secret Zoo juga menjadi kebanggan Jatim Park Group. Pasalnya, kebun binatang tersebut beberapa kali mendapatkan penghargaan, baik dari dalam maupun luar negeri. Salah satu penghargaan yang paling berkesan untuk mereka adalah dianugerahkan sebagai kebun binatang terbaik ke #5 se-Asia oleh TripAdvisor pada tahun 2014.

Selain koleksi hewannya yang lumayan lengkap, Batu Secret Zoo juga didukung dengan berbagai macam penunjang, seperti misalnya food court, shuttle, merchandise shop, dan juga e-bike edukasi yang bisa disewa dengan mulai Rp150.000/3 jam.

Kebun binatang ini memiliki beberapa zona yang dibagi berdasarkan kategori hewan. Misalnya, berbagai macam reptil yang dipajang di akuarium dengan penataan interior sesuai dengan habitat asli reptil yang bersangkutan bisa pengunjung temui di area New Reptile Garden.

Kemudian, saat berjalan ke zona Aquarium, berbagai koleksi binatang air tawar maupun air laut dijamin bakal membuat wisatawan terkesima. Salah satu yang unik adalah koleksi belut listrik. Saat keluar dari zona Aquarium, pengunjung bisa melihat hewan jaguar, puma, dan harimau sebelum menikmati zona Savannah. Zona ini berupa sebuah lorong kaca tempat pengunjung bisa menikmati hewan-hewan Afrika dengan kondisi habitat yang dibuat semirip aslinya. Pengunjung juga diajak untuk menambah wawasan dengan media interaktif tentang hewan di Savannah ini.

Zona selanjutnya adalah Fantasy Land dan Adventure Land. Di area ini, pengunjung anak-anak akan dimanjakan dengan berbagai macam wahana seru, termasuk kolam bermain air yang sangat menarik. Wisatawan juga bisa mencoba tur River Adventure sambil melihat replika Kapal Nabi Nuh dengan berbagai macam patung hewan di atasnya.

Lihat Juga:   Pantai Jembatan Panjang, Alternatif Wisata Alam di Malang Selatan

Untuk bisa berkunjung ke Batu Secret Zoo, pengunjung akan dikenai tiket masuk seharga Rp84.000 per orang ketika weekday atau Rp120.000 per orang jika berkunjung pada weekend. Jika ingin berhemat, pengunjung bisa membeli tiket Paket Kaget 2 dengan harga Rp105.000 per orang pada waktu weekday untuk bisa berkunjung ke seluruh area Jatim Park 2 plus Eco Green Park.

Eco Green Park

Eco Green Park (sumber: tfq.me)
Eco Green Park (sumber: tfq.me)

Eco Green Park memiliki setidaknya 37 wahana wisata yang memadukan konsep wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni. Untuk wahana gratis di Eco Green Park, di antaranya flamingo, insectarium, walking birds, music plaza, jungle adventure, silase dan hay, world of pheasant, hingga carnivore garden. Sementara, wahana berbayar adalah flying fox dengan biaya mulai Rp10.000.

Untuk wahana edukasi, terdapat pembelajaran biogas, pembelajaran hidroponik strawberry dan jamur, pembelajaran komposter, science center, silase dan hey, pembelajaran pengolahan susu, serta perkebunan sayur. Sementara, untuk wahana permainan, disediakan basmi hama, rumah terbalik, hingga water outbound.

Apabila Anda tertarik untuk bertamasya di Eco Green Park, Anda perlu membeli tiket dengan harga Rp70.000. Sementara, jika Anda ingin lebih hemat, Anda bisa membeli tiket terusan Eco Green Park dan Batu Secret Zoo dengan harga mulai Rp120.000.

BNS

BNS (Batu Night Spectacular) - www.traveloka.com
BNS (Batu Night Spectacular) – www.traveloka.com

Batu Night Spectacular (BNS) merupakan sebuah theme park yang asyik dikunjungi ketika malam hari. Salah satu theme park milik Jatim Park Group dengan angka kunjungan tertinggi tersebut menawarkan berbagai macam wahana, antara lain Sepeda Udara, Disco Bumper Car, Kursi Terbang, Marry Go Round, Ali Baba, Mini Boom-Boom Car, Mini Train, Rumah Kaca, Rodeo, Sepeda Gila, Trampoline, Playground, Fun House, Gravitron, Laser Mission, Joy Land, Jump Around, Monkey Jump, Rockin’ Tug, Mega Mix, dan Magic Bounce.

Setiap pengunjung yang hendak masuk ke lokasi wisata BNS, diwajibkan untuk membeli tiket. Untuk harga tiket masuk BNS sendiri berbeda-beda antara hari biasa dan hari libur atau weekend. Untuk hari biasa (Senin-Kamis), tiket dikenai tarif Rp30,000. Sementara itu, untuk hari libur atau weekend (Jumat-Minggu), dikenai tarif Rp40,000. Tapi harga lebih hemat bisa Anda dapatkan dengan membeli tiket terusan, karena pihak pengelola membanderolnya seharga Rp 100 ribu, baik di hari biasa maupun hari libur.

Predator Fun Park

Predator Fun Park (sumber: feryarifian.com)
Predator Fun Park (sumber: feryarifian.com)

Seperti namanya, Predator Fun Park merupakan wahana wisata yang menyajikan hewan-hewan pemangsa buas di dalamnya, seperti buaya dan berbagai ikan buas seperti ikan piranha, arapaima, giant mekong catfish, dan masih banyak lagi.

Predator Fun Park yang sarat akan nilai edukasi ini akan memberikan wawasan seputar pemeliharaan, penangkaran, dan pemanfaatan buaya. Terdapat sekitar 200 ekor buaya di dalam penangkaran milik Predator Fun Park, yang di antaranya berjenis buaya albino, buaya nova, buaya muara, buaya putih, buaya papua, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, Anda juga diperbolehkan berinteraksi dengan hewan-hewan buas tersebut dengan cara memberi makan, atau berfoto dengan buaya yang sudah dijinakkan.

Berbagai wahana hiburan yang dapat Anda dan si kecil nikmati di Predator Fun Park di antaranya Galeri Buaya, Aneka Buaya, Aneka Ikan Buas, Saung Angklung, Croco Train, Mancing Buaya, Extreme Trampolin, Family Fun House, Labyrinth Maze, Out Bond, Water Park, Playground, dan Pancing Selfie untuk Anda yang hobi memancing.

Hampir semua wahana di Predator Fun Park bisa Anda nikmati hanya dengan membeli satu tiket saja, terkecuali untuk wahana Playgound Anda diharuskan membayar tarif tambahan. Harga tiketnya pun tergolong cukup murah, yakni dibanderol Rp37.500 untuk hari Senin hingga Kamis (weekday) dan Rp50.000 untuk hari Jumat, Sabtu, dan Minggu (weekend).

Museum Angkut

Museum Angkut - www.pegipegi.com
Museum Angkut – www.pegipegi.com

Museum yang dibuka sejak Maret 2014 lalu ini memang mempunyai beragam koleksi moda transportasi, dari yang bernuansa tradisional atau belum menggunakan mesin, seperti becak, dokar, sepeda ontel, sampai kendaraan yang sudah memakai tenaga listrik. Yang lebih unik, koleksi alat transportasi yang ada di Museum Angkut tak hanya didominasi oleh transportasi dari Indonesia saja, melainkan dari segala penjuru dunia.

Lihat Juga:   Batu City View Villa, Akomodasi Kelas Atas dengan Tarif Relevan

Tak cukup sampai di situ, Museum Angkut memiliki landmark atau bangunan khas dari suatu negara yang menjadi latar belakang kendaraan yang diproduksi oleh negara tersebut. Karena itu, Anda nantinya seolah dapat merasakan sensasi seperti tengah berada di luar negeri. Pastikan bahwa kamera handphone Anda sedang dalam kondisi baterai terisi penuh agar Anda bisa berfoto-foto ria di Museum Angkut.

Mengapa kamera ponsel? Yup, di Museum Angkut memang menerapkan aturan yang cukup ketat soal dokumentasi. Apabila Anda membawa segala jenis kamera, baik itu kamera digital, pocket, DSLR, atau apa pun, maka Anda akan dikenai biaya tambahan untuk tiap kamera. Sementara itu, khusus untuk kamera HP, tidak akan ditarik biaya. Di samping itu, Museum Angkut juga melarang para pengunjung untuk membawa kamera drone. Sebab, segala pemotretan secara profesional harus berkoordinasi secara langsung dengan pihak marketing Museum Angkut.

Untuk melakukan sesi pemotretan alias photo session di Museum Angkut, Anda biasanya akan dikenai biaya sekitar Rp2,5 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk free entry untuk 5 orang dengan durasi pemotretan selama 5 jam (mulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB) dan dapat memilih 5 jenis angkutan yang hendak dijadikan objek foto.

Jatim Park 3 (Dino Park)

Jawa Timur Park 3 memiliki banyak wahana permainan edukatif yang menarik untuk dicoba, antara lain Dino Park yang terdiri dari Dino Museum, 5 Zaman, The Rimba-Live With Dino, Galeri Musik Dunia, Funtech, 6D Cinema, Virtual Arena, XD, The House of Zombie, Jurassic Action, Sniper Zone, Dino Bazar, Ice Age, Jembatan Akar, hingga Food Court Dino.

Masing-masing wahana yang ada di Jatim Park 3 membawa keunikannya tersendiri. Misalnya saat berada di Infinite World, Anda akan disambut deretan cermin-cermin serta terpaan lampu yang membuat wahana satu ini cukup difavoritkan para pengunjung untuk berfoto selfie. Kemudian, di Dino Park, Anda bisa melihat seperti apa replika makhluk zaman purbakala, yakni dinosaurus.

Sementara itu, di Fun Tech Plaza, Anda bisa bermain sekaligus belajar. Misalnya saja di Aqua Sketch, anak-anak berkesempatan untuk mewarnai gambar hewan-hewan laut sesuai imajinasi mereka. Nantinya, hasil karya tersebut akan dipindai dengan mesin scanner dan makhluk tersebut tampil di layar virtual. Berikut daftar tarif masuk Jatim Park 3.

Jawa Timur Park 3 - @Dheea Eyenhoen
Jawa Timur Park 3 – @Dheea Eyenhoen

Masuk Jatim Park 3 (Dino Park)

ZonaHarga (Weekday & Weekend)
Dino ParkRp100.000
The Legend StarRp100.000
Museum Musik DuniaRp50.000
Circus MagicRp20.000
FuntechRp40.000

Rekomendasi Hotel Dekat Jatim Park

Theme park kini memang menjadi pilihan objek wisata favorit di Kota Apel, tak heran jika akomodasi yang letaknya dekat salah satu taman bermain menjadi incaran banyak wisatawan yang ingin melancong ke Kota Batu. Berikut kami berikan beberapa rekomendasi penginapan yang letaknya dekat dengan theme park yang dikelola JTP Group.

Dekat Jatim Park

Nama PenginapanAlamatTarif
Pohon InnJl. Oro-Oro Ombo No. 9, Kota Batu, Jawa Timur.Rp1.350.000
Senyum World HotelJl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65236Rp900.000
Batu ParadiseJalan Diponegoro No.6, Sisir, Kecamatan Batu, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314Rp399.000 – Rp1.299.000
Batu WonderlandJl. Imam Bonjol No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315Rp499.000 – Rp1.020.000

 




Tentang M. Nur Fahmi897 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan