Wisata Populer dan Kekinian di Wajak, Malang

Hutan Pinus Semeru - malangstrudel.com

Wisata Kabupaten tidak hanya melulu seputar di Malang Selatan atau di Malang Timur. Anda pun bisa berkunjung ke kawasan Wajak. Pasalnya, salah satu kecamatan di Kabupaten Malang ini punya beberapa objek wisata menarik dan kekinian yang layak dijadikan spot rekreasi bersama maupun sahabat.

Wisata Kampung 6 (Wiken) Wajak

objek wisata ini terletak di Dusun Patok Picis, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Jika Anda berangkat dari Kota Malang, Anda bisa mengambil arah ke selatan melewati Jalan Raya Gadang, lalu belok ke kiri di pertigaan dekat Musala Baitur Rochim. Kemudian, lintasi Jalan Raya Tambak Rejo hingga bertemu pertigaan dekat pangkalan ojek, lalu belok kanan. Setelah itu, lurus terus lalu belok kiri di perempatan sesudah Pasar Krebet dan ikuti jalan hingga Pasar Wajak. Dari spot ini, Anda bisa bertanya ke warga setempat.

Kampung 6 Wajak sendiri bisa dikatakan sebagai destinasi wisata anyar, karena baru dibuka untuk umum pada tahun 2017 lalu. Memiliki bangunan iconic rumah pohon, Kampung 6 Wajak menawarkan suasana alam yang kental, lengkap dengan taman-taman hijau yang ditata sedemikian rupa (kebanyakan berbentuk lingkaran) sehingga menghadirkan latar belakang yang keren. Di sini, Anda bisa mengabadikan diri lewat lensa kamera, untuk kemudian disebarkan di akun media sosial Anda.

Lalu, berapa harga tiket masuk untuk berwisata di tempat ini? Dirangkum dari beberapa sumber, pengunjung tidak akan dikenakan masuk alias gratis jika ingin berwisata di tempat ini. Meski demikian, bagi wisatawan yang membawa sepeda motor, akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp5.000 per sepeda motor.

Sekadar tambahan informasi, ada cerita unik di balik pemberian nama Kampung 6. Konon, ada cerita beredar di masyarakat bahwa dulu hanya ada enam (enem, dalam bahasa Jawa) keluarga yang tinggal di dusun lokasi Wiken sekarang. Tinggal sejak tahun 1950 hingga 1970, keenam keluarga ini lalu transmigrasi ke luar Pulau Jawa. Kampung ini sempat kosong beberapa waktu hingga kemudian kembali terisi.

Wisata Kampung 6 (Wiken) Wajak - www.dakatour.com

Wisata Kampung 6 (Wiken) Wajak – www.dakatour.com

Hutan Pinus Semeru

Sama seperti Kampung 6, Hutan Pinus Semeru (biasa disingkat HPS) juga tergolong baru di Kecamatan Wajak. Baru resmi dibuka untuk umum sekitar tahun 2017 lalu, tempat ini berlokasi di Desa Arjosari, Sumberputih, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang, Anda bisa menuju Turen, lalu ke Masjid Tiban, Telaga atau Danau Andeman, dan berakhir di Hutan Pinus Semeru.

Lihat Juga:   Wajib Dikunjungi, Ini Tempat Wisata Hits di Poncokusumo, Malang

Seperti namanya, daya tarik utama yang disuguhkan tempat ini adalah hutan pinus dengan jumlah yang sangat banyak. Tidak hanya dibiarkan tumbuh ‘sendirian’, hutan pinus di tempat ini juga diberi aksesori, seperti payung-payung berwarna-warni yang bergantungan di antara pepohonan serta hiasan bunga dan tumbuhan hijau. Bagi wisatawan yang memiliki hammock, bisa membawa peralatan tersebut dan dipasang di antara pohon pinus.

Memiliki luas sekitar 1 meter persegi, Hutan Pinus Semeru memang menyajikan banyak spot foto yang Instagramable. Selain kehadiran payung-payung yang memberi warna tersendiri, wisatawan juga dapat berfoto di ayunan, rumah pohon, dan juga beberapa spot lainnya. Untuk berkunjung ke objek wisata ini, wisatawan hanya dikenakan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp5.000 per motor.

Hutan Pinus Semeru - malangstrudel.com

Hutan Pinus Semeru – malangstrudel.com

Wisata Blayu Lesti Lestari

Bagi mereka yang doyan berenang, di Wajak juga terdapat sebuah tempat wisata bernama Wisata Blayu Lesti Lestari. Sering disingkat WBL (bukan Wisata Bahari Lamongan), sesuai namanya, destinasi ini beralamat di Jalan Lesti RT 16 RW 4, Desa Blayu, Kecamatan Wajak. Dibuka pada tanggal 21 Maret 2015 lalu, Wisata Blayu Lesti Lestari secara umum bertujuan menyediakan sarana edukasi dan sarana liburan olahraga renang untuk semua golongan masyarakat.

Setidaknya, ada dua kolam renang yang telah disediakan di tempat ini. Kolam renang untuk anak-anak berukuran panjang 13,7 meter dan lebar 6,9 meter dengan kedalaman 30 cm. Sementara, kolam renang campuran memiliki panjang 19,8 meter dan lebar 17,2 meter, dengan kedalaman mulai 80 cm (untuk anak-anak), 130 cm (untuk dewasa), dan 160 cm (juga untuk dewasa).

Lihat Juga:   8 Lokasi AIR TERJUN Paling Mempesona di Probolinggo

Selain kolam renang, Wisata Blayu Lesti Lestari juga menyediakan satu kolam pancing dan juga kolam hias dengan ukuran yang identik, yaitu panjang 15 meter dan lebar 6 meter. Di tempat ini pun sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat parkir kendaraan dengan daya tampung 20 mobil dan 250 sepeda motor serta warung-warung makanan yang menyediakan menu-menu gurami goreng, gurami asam manis, gurami bakar, mujair goreng, mujair bakar, lele goreng, hingga aneka penyetan khas pedesaan.

Wisata Blayu Lesti Lestari - wisatablayulestilestari.blogspot.com

Wisata Blayu Lesti Lestari – wisatablayulestilestari.blogspot.com

Taman Keceh Wajak

Objek wisata ‘segar’ lainnya di Wajak yang patut disambangi adalah Taman Keceh. Tempat wisata ini beralamat di Jalan Raya Sukoanyar, Desa Sukoanyar, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Dari pertigaan tugu di Pasar Wajak, Anda bisa ambil arah ke kanan, lurus saja sampai bertemu dengan petunjuk arah ke Taman Keceh.

Seperti tempat wisata lain di Wajak, tiket masuk Taman Keceh juga bisa dikatakan sangat terjangkau. Untuk wisatawan yang ingin berkunjung, hanya perlu membayar tiket masuk dengan Rp5.000 per orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jika membawa sepeda motor, akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp3.000 per motor.

Meski punya harga tiket masuk yang , namun fasilitas yang disediakan di Taman Keceh bisa dibilang cukup memadai. Di tempat ini, wisatawan akan menemukan kolam renang anak, kolam renang remaja atau dewasa, toilet dan ruang ganti yang bersih, serta kantin dengan aneka menu seperti sosis bakar, makanan ringan, hingga nasi goreng dan tahu campur. Pada hari Minggu, pengelola juga terkadang mengadakan panggung hiburan yang berada di dekat kolam renang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>