Wisata Murah di Sekitar Pantai Anyer – Banten




Anyer membentang di propinsi , yakni salah satu propinsi yang terletak di ujung barat laut Pulau Jawa. Propinsi juga memiliki beberapa tempat wisata, cagar budaya, dan nasional yang lokasinya berdekatan dengan pantai anyer. Bagi Anda yang ingin menikmati eksotisnya dengan budget terbatas, berikut akan kami rangkumkan beberapa wisata yang tergolong murah di ,Taman Nasional Ujung Kulon

Ujung Kulon

Terletak di pulau Pulau Peucang, Taman Nasional Ujung Kulon merupakan sebuah ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah terluas yang masih tersisa di . Taman Nasional ini menjadi habitat yang tepat bagi kelangsungan hidup Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) yang bercula 1. Pada tahun 1991, Taman Nasional ini diresmikan sebagai Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Hingga kini, sudah ada sekitar 60 populasi badak jawa yang hidup di Taman Nasional ini.

Di dalam taman nasional ini terdapat 3 macam ekosistem, yakni ekosistem daratan, rawa, dan perairan laut. Jika Anda menjelajah ke dalamnya, Anda akan menemukan sungai-sungai dengan arus deras, sumber air panas, pantai berpasir putih, taman laut, hingga pada situs peninggalan jaman kerajaan.

Lihat Juga:   Update Tempat Wisata Terfavorit di Jogja Dengan Harga Tiket Murah

Situs Banten Lama

Banten dikenal kaya akan peninggalan sejarahnya, peninggalan sejak jaman prasejarah hingga pada masa penjajahan Jepang dapat Anda temukan di sini. Satu dari sekian banyak peninggalan sejarah tersebut adalah Situs Sejarah Banten Lama yang terletak di kecamatan Kasemen, kota Serang, Banten. Situs ini merupakan saksi bisu kejayaan Kerajaan Islam Banten pada abad ke-16. Museum, keraton, Masjid Agung, Menara, Benteng, Vihara, dan Istana Kaibon dapat Anda jelajahi dalam lokasi Situs bersejarah ini.

Desa Suku Baduy

Keberadaan Suku Baduy merupakan daya tarik tersendiri bagi Banten. Suku Baduy terbagi menjadi dua bagian yakni Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar. Kedua suku ini bermukim di areal seluas 5000 hektar di Desa Kanekes, Leuwidamar. Jika suku Baduy Dalam hanya mendiami 3 kampung (Cikeusik, Cikertawarna dan Cibeo), maka suku Baduy Luar bermukim di luar ketiga kampong tersebut dengan total seluruhnya ada 53 kampung. Suku ini dinilai unik karena menjalankan pemerintahan sendiri dengan hokum adat mereka yang sangat kuat. Tiap kampung memiliki kepala yang disebut Puun. Puun ini nantinya dibantu oleh para Jaro dalam menjalankan fungsi dan tugas pemerintahannya.

Lihat Juga:   Teluk Hijau, Pantai Eksotis di Banyuwangi

Pulau Sangiang

Berjarak 10 km dari pantai Anyer, Pulau yang terletak di Selat Sunda ini berperan sebagai Taman Wisata Alam di Propinsi Banten. Pulau yang sangat terkenal dengan wisata baharinya ini dihuni oleh sekita 50 kepala . Uniknya, mereka berkomunikasi menggunakan 3 bahasa, yakni bahasa Sunda, , dan Jawa. Menawarkan keindahan panorama pantai berpasir putih dengan terumbu karang yang berwarna-warni, Taman Wisata Alam Pulau Sangiang juga memiliki potensi flora dan fauna yang beragam dan masih asli. Anda juga dapat menemukan sebuah mercusuar peninggalan Jepang dan goa kelelawar yang sangat terkenal.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan