Jadwal dan Tarif Bus DAMRI Pantai Malang Selatan

  • Whatsapp
Bus DAMRI Pantai Malang Selatan (sumber: infopondokdadap.com)
Bus DAMRI Pantai Malang Selatan (sumber: infopondokdadap.com)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan DAMRI. Ini adalah salah satu perusahaan otobus yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya melayani antar kota besar, bus yang sudah beroperasi sejak tahun 1946 silam tersebut juga mengoperasikan ke kawasan-kawasan pesisir seperti ke kawasan pantai di Malang bagian selatan. Seperti dalam kota, tarif bus DAMRI ke daerah Malang sisi selatan juga cukup terjangkau.

Seperti diketahui, Malang telah menjadi salah satu tujuan utama banyak wisatawan untuk berlibur. Untuk mereka yang ingin berkeliling Kota Malang, ada sejumlah landmark yang dapat dikunjungi. Tidak jauh dari Stasiun Kota Baru, Anda bisa menuju Alun-Alun Tugu, salah satu tempat ikonik di Malang. Berjalan kaki sekitar 15 menit menuju arah selatan, ada Alun-Alun Kota Malang yang dikelilingi sejumlah pusat perbelanjaan populer dan dekat dengan kawasan Kajoetangan Heritage yang tengah hits.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, untuk pelancong yang hendak bermain air di pantai, bisa langsung menuju Kabupaten Malang sebelah selatan. Berjarak kurang lebih 60 km dari pusat Kota Malang, pantai-pantai elok sudah menanti, seperti Pantai Ngliyep, Pantai Balekambang, Pantai Goa Cina, Pantai Sendang Biru, Pantai Tiga Warna, Pantai Tamban, Pantai Teluk Asmoro, Pantai Ngantep, dan lain sebagainya.

Untuk menuju pantai-pantai tersebut, memang paling mudah menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa kendaraan seperti minibus apabila datang bersama rombongan. Alternatif lainnya, sekarang pelancong juga sudah bisa menumpang bus DAMRI karena perusahaan ini telah membuka trayek ke pantai di Malang selatan.

Lihat Juga:   Rumah Larasati, Akomodasi Ramah Backpacker di Sekitar Kawi, Malang

Sebagai salah satu transportasi darat, bus memang punya  peran sangat vital sebagai pengumpan atau feeder dalam sistem transportasi.[1] Dalam kondisi geografis bagaimanapun, moda darat ini dapat disesuaikan, tidak hanya kapasitasnya, melainkan juga saat perpindahan dari pulau ke pulau menggunakan bantuan kapal penyeberangan.[2]

Nah, demikian pula dengan bus DAMRI. Merupakan akronim dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia, DAMRI adalah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang berada pada sektor pelayanan transportasi darat yang sudah beroperasi sejak awal Indonesia merdeka. Walaupun termasuk angkutan umum jadul, bus DAMRI hingga sekarang masih diminati banyak masyarakat karena murah, hemat pengeluaran, dan waktu perjalanan yang relatif cepat.[3]

Di sejumlah kota besar, bus DAMRI melayani perjalanan yang menghubungkan sejumlah titik dengan membelah kemacetan kota. Di misalnya, Anda dapat menumpang bus DAMRI dari Terminal Purabaya atau Bungurasih menuju sejumlah . Sementara itu, di Jakarta, traveler dapat naik bus tersebut dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju banyak titik, bahkan hingga kawasan Jababeka di Bekasi.

Operasional Bus DAMRI di Malang

Lalu, bagaimana dengan di Malang? Bus tersebut memang tidak melayani perjalanan di dalam Kota Malang. Meski demikian, DAMRI sekarang sudah mengoperasikan armada menuju sejumlah destinasi liburan di kawasan Malang Raya, seperti Stasiun Kota Malang menuju Tosari, Bromo, kemudian Pool DAMRI menuju Pantai Sendang Biru dan Pantai Balekambang.

Armada bus DAMRI (sumber: malang-post.com)
Armada bus DAMRI (sumber: malang-post.com)

Dilansir dari berbagai sumber, rute DAMRI menuju pantai di kawasan Malang bagian selatan tersebut merupakan kerja sama antara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) bersama Dinas dan Kebudayaan Kabupaten Malang. Upaya ini dilakukan dalam rangka mendorong pariwisata Kabupaten Malang, khususnya pantai di daerah Malang bagian selatan.

Menurut keterangan di akun Facebook resmi DAMRI cabang Malang, rute menuju Pantai Sendang Biru dan Pantai Balekambang dioperasikan setiap hari oleh bus DAMRI, berangkat dari Pool DAMRI Malang di Jalan Letjen S. Parman No. 11, Kota Malang. Dari Pool DAMRI, bus berangkat setiap hari pukul 07.00 WIB. Sementara itu, untuk rute sebaliknya, bus bertolak dari Pantai Balekambang atau Pantai Sendang Biru setiap pukul 15.00 WIB.

Lihat Juga:   Alun-Alun Kota Malang, Objek Wisata Cantik & Murah Meriah

Jadwal DAMRI Pantai Malang Selatan

Rute Jadwal Berangkat Jadwal Pulang
Pool DAMRI – Pantai Balekambang 07.00 WIB 15.00 WIB (via Bantur)
Pool DAMRI – Pantai Sendang Biru 07.00 WIB 15.00 WIB (via Turen)

Sekadar informasi, sebelumnya keberangkatan rute menuju pantai di Malang selatan dilakukan di Terminal Arjosari. Namun, sejak November 2020, titik keberangkatan diubah dari Pool DAMRI. Selain itu, jika sebelumnya hanya bisa dilakukan langsung di tempat, sekarang wisatawan sudah dapat melakukan reservasi tiket DAMRI secara online di nomor 0812 2223 0922 atau lewat aplikasi DAMRI.

Tarif DAMRI Pantai Malang Selatan

Lalu, berapa harga tiket yang dikenakan apabila ingin menumpang bus DAMRI menuju pantai di Malang selatan? Menurut keterangan resmi pihak DAMRI, tarif dikenakan sebesar Rp25 ribu per penumpang sekali jalan. Jadi, apabila wisatawan ingin menumpang pergi dan pulang, maka bisa membayar harga tiket Rp50 ribu per orang. Jadi, tertarik berwisata ke pantai di Malang selatan menggunakan bus DAMRI?

[1] Putri, Vivi Ria dan Ritzky Karina M. R. Brahmana. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Transportasi Bus (Studi Kasus pada Perusahaan Otobus di ). Agora, Vol. 3(1): 168-176.

[2] Ibid.

[3] Puspitasari, Serly, Sri Suwitri, Aloysius Rengga. 2013. Kajian Pelayanan Transportasi Umum pada Bus DAMRI di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, Vol. 2(3).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan