Alun-Alun Kota Malang, Objek Wisata Cantik & Murah Meriah




Alun-Alun Kota Malang (sumber: kompasiana.com)
Alun-Alun Kota Malang (sumber: kompasiana.com)

Salah satu destinasi murah meriah yang dapat dikunjungi saat berlibur ke sebuah kota adalah alun-alun. Yup, sebagai pusat kegiatan warga, alun-alun memiliki beragam menarik, sehingga banyak masyarakat dari luar kota yang berminat untuk singgah.

Di hampir setiap kota di Indonesia, memang selalu terdapat alun-alun. Namun, dalam artikel kali ini yang akan dibahas adalah Alun-Alun Merdeka atau juga dikenal dengan Alun-Alun Kota . Tempat tersebut beralamat di Jalan Merdeka Selatan, Kelurahan Kiduldalem, Kota , Jawa Timur.

Alun-Alun Merdeka

Alun-Alun Kota Malang dibangun pada tahun 1882. Alun-alun ini dahulu sengaja dibangun pemerintah kolonial Belanda dengan maksud politis. Tujuannya adalah merepresentasi pergeseran kekuasaan Jawa kepada kekuasaan kolonial Belanda, sekaligus menandakan pusat Kota Malang telah dikuasai Belanda. Belanda menginginkan Alun-Alun Kotak berada di bawah kontrol mereka.

Aktivitas yang dilakukan oleh rakyat Malang di Alun-Alun Kotak kala itu amat kontras dengan aktivitas di salah satu bangunan di depannya. Bangunan yang kini menjadi Sarinah Plaza dulu merupakan Societeit Concordia, gedung tempat hiburan bagi kalangan Eropa dan Belanda. Di sana, terdapat tempat minum, berdansa, main bilyar, main kartu, dan sebagainya, sedangkan orang pribumi dilarang masuk.

Fasilitas di Alun-Alun Merdeka

Kursi untuk duduk pengunjung Alun-Alun Kota Malang (sumber: medcom.id)
Kursi untuk duduk pengunjung Alun-Alun Kota Malang (sumber: medcom.id)

Alun-Alun Kota Malang merupakan tempat favorit bagi warga Malang untuk bersantai bersama menikmati suasana kota. Di Alun-Alun ini, Anda dapat menikmati keindahan yang terletak tepat di tengah Alun-Alun. Bukan hanya keindahan , ratusan burung merpati selalu menemani langkah Anda ketika berada di Alun-Alun Kota Malang. Ratusan burung merpati tersebut memang ditempatkan dan dirawat di Alun-Alun Kota Malang untuk lebih memberikan nuansa yang asri dan indah. 

Di Alun-Alun Kota Malang ini juga terdapat fasilitas hotspot yang sengaja disediakan untuk layanan pelengkap bagi pengunjung yang datang ke sini. Tidak jauh dari Alun-Alun, juga terdapat beberapa pusat perbelanjaan keluarga yang dapat Anda singgahi misalnya saja Sarinah, Ramayana, Malang Plaza, Mitra 1 dan masih banyak pusat perbelanjaan lainnya yang berlokasi kurang lebih 100 m dari pusat kegiatan warga tersebut. Selain pusat perbelanjaan, tepat di depan Alun-Alun Kota Malang, ini berdiri kokoh Masjid Agung Jami Kota Malang yang terkenal akan keindahan arsitekturnya.

Nah, bagi Anda yang membawa anak kecil, di tempat ini juga terdapat taman bermain untuk anak. Di sana, buah hati Anda bisa menikmati berbagai macam seperti seluncuran, jungkat-jungkit, kids playground, ayunan, dan banyak lagi. Sekadar tambahan informasi, semua di Alun-Alun Kota Malang diklaim aman dan bisa dinikmati secara gratis.

Bagi Anda yang suka berswafoto, di Alun-Alun Merdeka juga terdapat beberapa tempat foto yang menarik, di antaranya adalah Logo Cinta di bagian selatan Alun-Alun, air mancur di bagian tengah, dan foto dengan background Masjid Jami di sebelah barat. Selain itu, Anda juga tidak boleh melewatkan foto dengan background tulisan ‘Alun-Alun Kota Malang’ yang letaknya di bagian utara.

Lihat Juga:   Harga Tiket & Paket Bhakti Alam Nongkojajar, Agrowisata Komplet di Pasuruan




Tentang M. Nur Fahmi1238 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan