Pantai Florida Binjai, Pemandian Air Alam Unik yang Memiliki Air Terjun di Binjai Sumatera Utara




Pantai dan Air Terjun Florida Binjai - (Sumber: salamsumu.blogspot.com)
Pantai dan Air Terjun Florida Binjai - (Sumber: salamsumu.blogspot.com)

adalah salah satu provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Sumatera bagian utara dengan ibukotanya di Medan. Dengan luas wilayah sekitar 72.981.23 kilometer persegi, banyak memiliki baik , wisata bahari, wisata sejarah maupun wisata seni dan budaya.

Beberapa tempat wisata terkenal yang ada di Sumatera Utara adalah Danau Toba, Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Batang Gadis, Pulau Berhala dan Pulau Simuk yang menjadi tempat wisata andalan dan wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai dan Air Terjun Florida Binjai - (Sumber: salamsumu.blogspot.com)
Pantai dan Florida Binjai – (Sumber: salamsumu.blogspot.com)

Namun ternyata, selain terdapat tempat wisata fenomenal tersebut, Sumatera Utara nyatanya juga masih menyimpan sejuta tempat wisata dengan keindahan lainnya.

Hampir di setiap daerah atau kabupaten di Sumatera Utara ini memiliki tempat wisata yang tersembunyi namun memiliki keindahan bagi setiap pengunjungnya.

Masih satu kabupaten dengan panorama Danau Toba, nyatanya Kabupaten Dairi juga memiliki tempat wisata unggulan lain di antaranya Panorama Puncak Sidiangkat, Hutan Wisata Lae Pondom, Rumah Adat Pakpak, Panorama Lae Nauli, Air Terjun Lae Basbas, Danau Diatas Gunung Kempawa, Panorama Letter ‘S’ dan Taman Iman Wisata Sitinjo, Gua Dalam atau Panjang Kendet Liang, Air Terjun Lae Pendaroh, dan lain lain. Meskipun tidak seterkenal panorama Danau Toba, tempat wisata tersebut juga wajib dikunjungi seorang traveler.

Selain kabupaten Dairi, di Sumatera Utara juga terdapat Kabupaten Langkat.

Daerah ini memilik ibukota kabupaten bernama Stabat yang menyimpan pesona alam dan budaya yang luar biasa. Langkat adalah daerah yang cocok bagi Anda yang merupakan seorang pencinta alam dan petualang karena inilah tempat yang tepat untuk melihat bagaimana ekosistem yang luar biasa.

Kabupaten Langkat hanya berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Medan. Letaknya yang strategis menjadi suatu point tambahan dari daerah tujuan wisata yang satu ini. Terdapat banyak panorama dan tempat wisata andalan yang bisa dikunjungi di Kabupaten Langkat seperti Bukit Lawang, Tangkahan, Masjid Azizi, Pantai Florida Binjai, dan Air Terjun Florida yang sedang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Lihat Juga:   Puncak Lolai Toraja, Negeri di Atas Awan yang Cantik
Pantai Florida Binjai - (Sumber: salamsumu.blogspot.com)
Pantai Florida Binjai – (Sumber: salamsumu.blogspot.com)

Pantai dan air terjun Florida Binjai adalah salah satu tujuan wisata yang digemari di Sumatera Utara, utamanya di daerah Binjai, Langkat.

Binjai merupakan satu dari sekian daerah di Kabupaten  Langkat, Provinsi  Sumatera Utara yang mempunyai 7 Kelurahan Yaitu Kwala Begumit, Perdamaina (perdamean), Sabi/Sambi Rejo, Sendang Rejo, Sido Mulyo, Suka Makmur, Tanjung Jati.

Setiap akhir pekan, tempat wisata pantai dan air terjun Florida Binjai selalu diramaikan oleh warga, baik itu dari Langkat, Binjai sampai Medan. Adanya air terjun di pemandian ini menjadi keunikan yang membuat orang tertarik untuk berkunjung. Untuk sampai ke tempat wisata tersebut, dari Kota Medan ke pemandian memakan waktu dua jam setengah.

Pemandian air alam yang ada di Kecamatan Sei Bingai ini terlihat mulai ramai mulai pukul 12.00 siang. Harga yang relatif nampaknya lebih digemari dengan membawa anggota keluarga. Suasana tempat wisata yang ekonomis tampaknya menjadi daya tarik daerah ini. Di mana warga bisa memesan pondok untuk tempat beristirahat jika lelah bermain air.

Untuk menyewa pondok dan tikar warga harus mengeluarkan Rp35 ribu. Sedangkan untuk biaya masuk, untuk masuk ke pantai atau air terjun Florida Binjai ini, pengguna roda empat dikenakan biaya Rp40 ribu, sedangkan roda dua harus mengeluarkan Rp20 ribu. Tarif tersebut, sudah termasuk parkir dan uang masuk ke lokasi pemandian tersebut.

Air terjun Florida Binjai juga disebut dengan nama Pemandian Air Namu Ukur. Namu Ukur adalah nama sebuah desa letak pantai dan air terjun florida ini. Di Desa Namu Ukur, Sumatera Utara, terdapat wisata pemandian Alam Namu Ukur yang dapat dijelajahi dengan harga terjangkau. Ban, pondok yang disewakan bersama dengan jajanan di sekitarnya melengkapi kenikmatan berwisata di sini. Selain itu, tersedia juga aktivitas seperti cliff-jumping yang jarang ditemukan di tempat lain. Keamanan yang dijaga oleh tim penyelamat pun menjadi salah satu keunggulan tempat ini.

Lihat Juga:   Daftar Lengkap Alamat dan Tarif Hotel Murah di Kawasan Nagoya, Batam

Terkenal dengan wisata alam yang mempesona menjadikan Binjai, Langkat daerah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Selain banyaknya tempat wisata alam dan bahari, Binjai juga menyediakan beberapa tempat untuk memenuhi keinginan wisatawan.

Pemandian Air Namu Ukur - (Sumber: vshop9.info)
Pemandian Air Namu Ukur – (Sumber: vshop9.info)

Beberapa tempat tersebut antara lain:

  1. Kampung adalah Food Court yang terletak 0.69 KM dari Binjai, yaitu di JL.Soekarno Hatta No.53 Binjai Sumatera Utara.
  2. Bangkatan Binjai Food Centre adalah Food Court yang terletak 1.42 KM dari Binjai, di Bangkatan Binjai Sumatera Utara.
  3. Cafe House adalah Café yang terletak 2.03 KM dari Binjai, tepatnya di Jalan Ahmad Yani Komplek GWBC, Binjai, Sumatera Utara.
  4. Dunkin’ Donuts adalah Donut Shop yang terletak 0.95 KM dari Binjai, terletak di Binjai Super Mall Jalan Soekarno Hatta, Binjai, Sumatera Utara.
  5. Binjai 21 adalah Multiplex yang terletak 0.99 KM dari Binjai, lebih tepatnya beralamat di Binjai SUPERMALL, 1st Floor Jalan Soekarno Hatta No. 14 Binjai Sumatera Utara.

Selain tempat wisata Air Terjun Florida Namu Ukur, masih banyak wisata air terjun lainnya yang tersimpan di Kabupaten Langkat, diantaranya adalah pesona Air Terjun Tongkat, Air Terjun Teroh-teroh, Air Terjun Siluman, Pemandian Alami Kolam abadi Langkat, Air Terjun Jodoh, Air Terjun Saringgana, dan lain sebagainya.

 




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan