Keindahan Pantai Kedu Kalianda, Lampung yang Gratis




Pantai Kedu Kalianda Lampung - www.pakadi.com

Menelisik keindahan tidak hanya dari wisata kulinernya saja. Ada banyak sekali alam yang bisa menjadi rekomendasi menarik bagi Anda yang saat ini sedang berlibur ke provinsi di ini. Nah, salah satu daerah di yang menyimpan banyak wisata alam menarik, yaitu Kalianda. Di sini, Anda bisa mencoba mengunjungi sebuah bernama Kedu.

Lokasi Pantai Kedu Kalianda

Pantai Kedu merupakan salah satu jenis pantai berpasir putih yang halus dan salah satu pantai yang biasa dijelajahi oleh para nelayan. Sudah banyak wisatawan yang mengeksplorasi Pantai Kedu membuat pantai ini menjadi lebih terawat. Lokasi Pantai Kedu sendiri berada di Desa Way Urang, Kec. Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Letaknya yang strategis membuat Pantai Kedu tidak pernah sepi dari pengunjung. Rata-rata pengunjungnya adalah wisatawan lokal dan beberapa penduduk sekitar, walaupun tak jarang ditemui wisatawan mancanegara. Untuk menuju Pantai Kedu dari Bandar Lampung, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 1 hingga 2 jam menggunakan kendaraan bermotor, sedangkan dari pusat Kabupaten Lampung bisa ditempuh dalam waktu 5 hingga 7 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Bagi Anda yang datang dari arah bandara, Anda tidak perlu bingung untuk menuju pantai karena sudah terdapat petunjuk arah untuk menuju Pantai Kedu dengan jarak tempuh sekitar 15 menit hingga 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Anda juga bisa menggunakan taksi atau kendaraan online agar lebih cepat dan praktis.

Pantai Kedu Kalianda Lampung - travelingyuk.com
Pantai Kedu Kalianda Lampung – travelingyuk.com

Keindahan Pantai Kedu Kalianda dan Fasilitasnya

Setibanya di pantai, Anda akan disambut dengan suasana pantai yang ramai. Tak jarang para penjaga pantai menyalakan sound system dengan lagu-lagu bernuansa Melayu. Ini menambah suasana pantai semakin meriah. Di pinggir pantai, Anda bisa menyewa tikar atau duduk di bangku pantai sambil menikmati segarnya udara pantai dan pemandangan . Tak jarang beberapa ekor burung camar terlihat menghiasi awan pantai.

Jika Anda bosan, Anda juga bisa berenang atau bermain air di bibir pantai. Pemandangan Pantai Kedu Kalianda akan semakin indah saat senja tiba. Kebanyakan orang akan berkumpul untuk menunggu waktu senja. Anda bisa mengabadikan momen bersama atau teman dengan background senja di Pantai Kedu. Ini juga akan membuat momen Anda semakin seru.

Di Pantai kedu, Anda juga bisa menikmati beragam yang ada seperti gazebo dan pondokan kecil. Kedua tempat ini bisa ditempati secara gratis, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya. Sembari menikmati indahnya pantai, Anda bisa piknik dengan keluarga atau teman. Jika Anda ingin piknik, Anda bisa membawa beragam menu hidangan dari rumah.

Di pinggiran pantai, juga terdapat stand-stand makanan yang menjual beraneka ragam hidangan khas Lampung, seperti tempoyak, gulai taboh, gabing, keripik pisang, durian kopi luwak, dan aneka macam makanan dengan bahan dasar seafood segar. Bumbu yang digunakan pada menu hidangan tersebut beragam dan rata-rata memiliki rasa rempah yang kuat. Bagi Anda yang suka dengan rempah dan seafood, makanan ini akan cocok di lidah Anda.

Jika Anda bosan berpiknik dan mulai mengantuk, Anda bisa mencoba sensasi tidur di atas hammock yang disediakan oleh pihak pengelola pantai. Dari atas hammock, Anda juga bisa menikmati sejuknya udara pantai diiringi keindahan pemandangan pantai yang semakin larut. Kebanyakan orang menyewa hammock untuk keperluan berfoto, namun Anda juga bisa menggunakannya untuk bersantai sepanjang hari.

Di Pantai Kedu juga telah disediakan fasilitas berkeliling menggunakan ATV. Untuk menyewa ATV, Anda perlu melakukan reservasi dan membayar tarif mulai Rp20 ribu per orang. Menggunakan ATV, Anda bisa berkeliling dan menikmati keindahan suasana pantai. Sementara, bagi Anda yang ingin nuansa tradisional, Anda bisa menggunakan delman. Delman atau kereta kuda dapat Anda temui di luar Pantai Kedu. Delman ini parkir di tempat khusus dengan jarak sekitar 100 m hingga 300 m dari area pantai.

Pantai Kedu Kalianda Lampung - www.kaliandanews.com
Pantai Kedu Kalianda Lampung – www.kaliandanews.com

Anda bisa menyewanya terlebih dahulu untuk menuju pantai hingga mengelilingi Pantai Kedu. Ukuran delman berbeda-beda, ada delman dengan ukuran besar yang muat dinaiki hingga 7 orang dan ada pula delman berukuran kecil yang hanya bisa dinaiki oleh 3 hingga 4 orang. Padatnya pengunjung pantai juga membuat sebagian wisatawan harus antre dan menunggu ada delman yang kosong penumpang. 

Banyak wisatawan lebih suka menikmati panorama pantai menggunakan delman daripada ATV. Hal ini karena nuansa yang berbeda bisa Anda rasakan dengan menggunakan delman, Anda bahkan bisa berinteraksi dengan kuda. Biasanya para wisatawan juga diperbolehkan berfoto, memberi makan, dan mengusap kepala kuda delman. Momen seperti inilah yang disukai oleh wisatawan.

Untuk bisa menikmati semua fasilitas di Pantai Kedu Kalianda, dan bagi Anda yang ingin berlibur dan menikmati keindahan tempat wisata Pantai Kedu Kalianda, tidak perlu mengeluarkan tarif untuk masuknya. Pantai ini gratis dan bisa dinikmati siapa saja, namun Anda juga perlu membayar parkir jika membawa kendaraan. parkir ini sebagai salah satu sumber penghasilan bagi penjaga keamanan pantai dan biaya perawatan pantai. Tarif parkir di pantai variatif, tergantung dari jenis kendaraan yang Anda bawa. 

Harga Tiket Masuk Pantai Kedu

Jenis TiketHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Kendaraan Roda 2Rp2 ribu
Parkir Kendaraan Roda 4Rp5 ribu
Sewa DelmanRp10 ribu

Harga tiket di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan pengelola Pantai Kedu Kalianda.

Lihat Juga:   Tiket Masuk Ujung Aspal Wanayasa, Spot Adventure Anyar di Purwakarta




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan