Pantai Amanda Ratu, Objek Wisata Eksotis di Sukabumi Mirip Tanah Lot

Pantai Amanda Ratu - www.lihat.co.id

Sukabumi rupanya menyimpan banyak daya tarik wisata yang mempesona. Jika Anda bepergian ke daerah Ujung Genteng, sempatkanlah untuk mampir menikmati pemandangan eksotis di sebuah yang cukup populer di sana bernama Amanda Ratu.

Pantai Amanda Ratu berlokasi di Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, . Jarak Pantai Amanda Ratu sendiri hanya sekitar 8,5 km dari pusat Ujung Genteng. Pantai satu ini termasuk objek wisata recommended di sebelah selatan Kabupaten Sukabumi. Bahkan Pantai Amanda Ratu juga disebut-sebut sebagai Tanah Lot-nya Sukabumi. Wah, kira-kira kenapa ya?

Pantai Amanda Ratu - www.lihat.co.id

Pantai Amanda Ratu – www.lihat.co.id

Pantai Amanda Ratu sebenarnya merupakan pantai yang terletak di area sebuah resort mewah bernama Amanda Ratu. Setiap hendak mengunjungi Pantai Amanda Ratu, para harus melewati resort mewah Amanda Ratu terlebih dahulu. Oleh sebab itu, pantai tersebut lebih dikenal dengan Pantai Amanda Ratu.

Lalu kenapa sih Pantai Amanda Ratu dijuluki Tanah Lot-nya Sukabumi? Rupanya alasannya sederhana. Seperti yang Anda ketahui, Pantai Tanah Lot di Dewata Bali terkenal dengan sebuah pura megah di tengah laut yang menjadi ibadah para pemeluk agama Hindu di Bali. Pura tersebut ditumbuhi beberapa pepohonan rimbun yang membuat pemandangan Tanah Lot terasa begitu unik.

Nah, rupanya pemandangan yang ada di Pantai Amanda Ratu pun tak jauh berbeda. Meski tidak ada pura layaknya di Tanah Lot, Pantai Amanda Ratu memiliki sebuah pulau kecil yang terpisah di tengah pantai. Bila diperhatikan sepintas nuansanya terasa seperti Tanah Lot. Oleh sebab itu, masyarakat sekitar dan para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Amanda Ratu kerap menyebutnya seperti Pantai Tanah Lot-nya Sukabumi. Sangat menarik bukan?

Untuk menuju Pantai Amanda Ratu sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda dapat berwisata dengan menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta menuju Sukabumi, lalu dilanjutkan dengan berkendara ke arah Surade. Nantinya Pantai Amanda Ratu atau Villa Amanda Ratu bisa Anda temui sebelum plang Ujung Genteng. Selebihnya Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang ada. Apabila kebingungan dengan rute atau jalan menuju Pantai Amanda Ratu, Anda bisa bertanya ke warga sekitar.

Lihat Juga:   Tips Liburan Hemat Biaya ke Kota Malang

Tetapi bila Anda menyukai tantangan, Anda juga dapat mencoba berkunjung ke Pantai Amanda Ratu dengan naik moda umum. Anda dapat membeli kereta api dari Jakarta ke Stasiun Sukabumi. Lalu lanjutkan perjalanan ke Terminal Lembur Situ. Sesampainya di Terminal Lembur Situ, Anda dapat menumpang Elf atau bus jurusan Surade. Nah, saat tiba di Terminal Surade Anda bisa beralih menaiki angkutan umum atau angkot tujuan Ujung Genteng dan berhenti di arah masuk Pantai Amanda Ratu.

Walaupun bisa naik angkot ke Pantai Amanda Ratu, Anda lebih disarankan untuk naik kendaraan pribadi atau menyewa mobil. Pasalnya daerah Ujung Genteng kabarnya mempunyai banyak tempat wisata yang lokasinya saling berjauhan dan jarang dilalui oleh angkutan umum. Oleh sebab itu menggunakan kendaraan pribadi justru akan lebih memudahkan Anda di perjalanan. Pastikan bahwa kendaraan Anda dalam kondisi sudah terisi bahan bakar penuh dan kondisinya prima, sebab jalanan menuju Pantai Amanda Ratu cukup terjal, menanjak, dan berliku.

Pantai Amanda Ratu - www.jejakpiknik.com

Pantai Amanda Ratu – www.jejakpiknik.com

Pantai Amanda Ratu bisanya cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan pada hari libur maupun hari-hari biasa. Untuk dapat menyaksikan langsung seperti apa pulau kecil yang menyerupai miniatur Tanah Lot tersebut, Anda harus memasuki wilayah resort. Pulau kecil di tengah-tengah Pantai Amanda Ratu memang cukup unik. Sepintas mirip seperti bongkahan batu besar yang ditumbuhi oleh rumput-rumput hijau.

Lihat Juga:   Villa Kamaran Ariyan, Penginapan Murah & Nyaman di Prigen-Pasuruan

Tidak jauh dari bagian pesisir pantai juga terdapat pulau kecil yang dihiasi dengan tebing berupa karang. Saat berada di Pantai Amanda Ratu, Anda dapat memandang langsung seperti apa deburan ombak di sana serta sejuknya semilir angin. Tak hanya merasakan semilir angin dan memandangi deburan ombak saja, di Pantai Amanda Ratu Anda juga bisa melihat indahnya pemandangan matahari terbenam atau sunset di tepi pantai sembari berfoto-foto ria dengan rekan atau keluarga Anda.

Apabila Anda ingin menginap atau berlama-lama di Pantai Amanda Ratu, Anda bisa mampir ke Resort Amanda Ratu. Namun sayangnya saat ini kondisi Villa Amanda Ratu kabarnya kurang terawat dan masih belum diketahui apakah masih disewakan untuk umum atau tidak. resort itu sendiri tidak jauh dari pesisir pantai. Sebenarnya jika Anda menginap di sana, Anda bisa mendapatkan spot terbaik untuk memandangi pantai dan sekelilingnya.

Resort tersebut memiliki desain yang cukup mewah, tetapi kabarnya interior dalam villa tersebut sudah banyak yang rusak tak terawat. Kolam renang yang ada di resort juga bisa dibilang terbengkalai karena banyak daun yang dibiarkan saja berguguran di mana-mana, sehingga terlihat begitu kotor. Bahkan beberapa pengunjung mengaku harus membuka portal sendiri karena tak ada petugas yang berjaga di sana.

Sempat beredar isu yang menyebutkan bahwa Villa Amanda Ratu penuh misteri dan angker. Namun terlepas dari itu semua, Pantai Amanda Ratu benar-benar termasuk objek wisata yang terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Terlebih karena Pantai Amanda Ratu ditunjang beberapa fasilitas yang cukup memadai seperti area parkir kendaraan yang cukup luas, kamar mandi, musala, dan penginapan yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Jika ingin sekadar bersantai sembari bercengkerama dengan keluarga, Anda juga bisa memanfaatkan saung atau gazebo yang disediakan di tepi Pantai Amanda Ratu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>