Pelesir ke Riau? Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Duri




Harationica Waterpark - www.goriau.com
Harationica Waterpark - www.goriau.com

Kota Duri, mungkin sebagian dari Anda belum terlalu familiar dengan wilayah ini. Namun, apabila kebetulan Anda sedang berencana melakukan perjalanan ke Riau, jangan lupa mampir ke ibukota Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis tersebut. Pasalnya, ada sejumlah tempat wisata menarik yang sangat sayang jika tidak Anda jamah dan eksplorasi keindahannya, mulai alam hingga belanja.

Jika dibandingkan dengan Medan, Padang, atau Palembang, gaung Riau sebagai destinasi wisata di Pulau Sumatera memang kurang begitu terdengar. Padahal, provinsi yang berada di bagian tengah Sumatera dan terletak di sepanjang pesisir Selat Malaka tersebut memiliki potensi wisata yang besar. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian pemerintah setempat gencar melakukan promosi dengan branding ‘Riau the Homeland of Melayu’ untuk menarik lebih banyak pelancong.

Dari sekian banyak daerah di provinsi tersebut, salah satu kawasan yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah Kecamatan Mandau di Kabupaten Bengkalis. Menurut Pemerintah Kabupaten Bengkalis, wilayah Kecamatan Mandau setidaknya memiliki tiga tempat wisata unggulan. Anda bisa memilih berwisata alam, mengeksplorasi kekayaan budaya Riau, atau berbelanja. Sebagai referensi, berikut deretan spot liburan yang dapat ditemukan di Duri.

Danau Kualo Mudo

Ini adalah salah satu destinasi favorit dan menjadi unggulan Duri. Anda bisa menemukan Danau Kualo Mudo di Jalan Lintas Duri-Dumai, KM 6, Desa Balai Makam, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Jika Anda bertolak dari Kota Pekanbaru, memerlukan waktu sekitar tiga hingga empat jam berkendara untuk tiba di tempat ini atau berjarak sekitar 132 km.

Danau Kualo Mudo sendiri merupakan arena liburan yang pas didatangi bersama keluarga. Pasalnya, selain dapat menikmati pemandangan danau dengan air yang cukup jernih serta udara yang masih segar, ada beragam wahana permainan yang dapat Anda coba bersama saudara atau anak-anak Anda. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian kawasan ini selalu ramai ketika hari-hari libur.

Bagi Anda yang suka berenang, tersedia yang dijamin dapat membuat tubuh Anda segar. Wahana permainan air pun disiapkan, di antaranya bebek dayung dan sepeda air. Tidak berhenti di situ, pengunjung juga berkesempatan menjajal permainan motor ATV berkeliling danau atau menantang adrenalin dengan bermain flying fox yang melaju di atas danau. Jika sudah lelah atau perut sudah kosong, sudah tersedia warung dengan aneka kuliner enak.

Untuk bisa bermain wahana-wahana tersebut, wisatawan akan dikenakan sejumlah . tiketnya bervariasi, namun relatif murah, berkisar Rp15 ribu hingga Rp20 ribuan per orang per wahana. Wahana flying fox misalnya, mengenakan sebesar Rp20 ribu untuk sekali meluncur. Jadi, sudah siapkah Anda berkunjung ke Duri dan mengeksplorasi panorama Danau Kualo Mudo?

Danau Kualo Mudo - www.riaumagz.com
Danau Kualo Mudo – www.riaumagz.com

Harationica Waterpark

Selain wisata alam, Duri juga menghadirkan theme park. Bernama Harationica Waterpark, arena bermain ini bisa dibilang masih anyar karena baru diresmikan pada tahun 2018 lalu. Hadirnya Harationica Waterpark, yang dilengkapi dengan wahana kolam renang dan waterboom, dipastikan menjadi salah satu pilihan bagi warga Duri dan sekitarnya untuk melepas penat.

Terletak di Jalan Stadion No. Ujung, Air Jamban, Kecamatan Mandau, Harationica Waterpark setidaknya sudah menyediakan lima buah kolam renang dan beberapa slide atau papan seluncur, seperti Racer Slide setinggi 14 m, Vertical Slide setinggi 12 m, Big Jump Slide setinggi 12 m, serta Boomerang Slide dengan ketinggian 12 m. Selain itu, Harationica juga memiliki sejumlah wahana yang menantang adrenaline, termasuk kolam arus (Lazy Pool) dengan luas 2.547 meter persegi dan dapat menampung sedikitnya seribu orang. 

Tidak hanya wahana bermain yang mengasyikkan, tempat wisata ini pun sudah dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung, seperti aula, hall, food court, musala, loker, gazebo, hingga ruang bilas. Untuk bisa berlibur ke kawasan ini, pengunjung akan dikenakan tiket masuk seharga Rp60 ribu per orang pada weekday ata Rp70 ribuan per orang ketika weekend dan hari libur.

Harationica Waterpark - www.goriau.com
Harationica Waterpark – www.goriau.com

Ara Duri

Waterpark lainnya yang juga dapat ditemukan di Duri adalah Ara Resort Duri. Tempatnya dapat Anda temukan di Jalan Nusa Indah, Duri, Mandau, Bengkalis, Riau. Selain kolam renang yang dijamin bikin segar, Ara Resort Duri juga telah menyediakan sport center untuk mereka yang ingin selalu bugar, kafe, hingga bermain yang cocok didatangi keluarga.

Untuk kolam renangnya, Ara Resort Duri menyediakan kolam dengan ukuran yang cukup luas. Kolam ini sudah dilengkapi dengan sejumlah papan seluncur. Jika pengunjung tidak cukup nyali, bisa mencoba meluncur di papan lurus dengan ketinggian dan panjang tidak seberapa. Sementara, apabila ingin menantang adrenalin, sudah disediakan papan seluncur berbentuk spiral yang akan mengantarkan Anda terjun di tengah kolam.

Lalu, berapa harga tiket yang dikenakan apabila wisatawan hendak liburan ke tempat ini? Dengan fasilitas yang ada, ternyata tiket masuk ke Ara Resort Duri sangat , cuma Rp20 ribu per orang, sudah mendapatkan gratis akses Wi-Fi, gazebo, dan karaoke. Yang lebih mengasyikkan, wisatawan juga diperbolehkan membawa makanan sendiri dari luar.

Ara Resort Duri - @Ikbal abrar
Ara Resort Duri – @Ikbal abrar

Wisata Belanja Duri

Berkunjung ke suatu daerah, memang tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh ketika pulang. Nah, Duri sendiri sudah disiapkan pemerintah setempat sebagai salah satu tempat wisata belanja bagi pelancong. Ada sejumlah tempat berbelanja yang cukup memadai untuk mencari berbagai oleh-oleh serta kebutuhan lainnya, termasuk pakaian, sepatu, sandal, hingga tas. 

Ada beberapa mall yang dapat Anda kunjungi untuk memuaskan hasrat berbelanja Anda. Satu yang relatif masih baru adalah Tanah Abang Department Store Duri di Jalan Jenderal Sudirman, dekat Simpang Tiga Babussalam, Duri. Seperti namanya, produk-produk di sini memang didominasi barang dari Tanah Abang, Jakarta. Meski demikian, konsumen juga akan menemukan produk branded lainnya.

Alternatif lainnya adalah Mal Mandau City yang berlokasi di Komplek Duri Indah Raya, Jalan Babussalam. Dengan area gerai tidak kurang dari 4.500 m2, pusat perbelanjaan ini diklaim menyuguhkan suasana belanja dan rekreasi, serta pencahayaan yang ekslusif dan diisi dengan beragam merk produk ternama yang dapat menjadi pilihan bagi Anda dan keluarga. Tenant-nya sudah tersebar mulai basement hingga lantai tiga.

Lihat Juga:   Asri dan Murah, Ini Rekomendasi Wisata Kece di Tempuran Blora




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan