Bosan Berenang? Beragam Kegiatan Pariwisata Ini Dapat Dinikmati di Pantai Sanur!




Keindahan Pantai Sanur dari ketinggian (sumber: anywhere.com)
Keindahan Pantai Sanur dari ketinggian (sumber: anywhere.com)

Jika mempunyai kesempatan untuk berlibur, berliburlah ke Pulau Cinta, di mana lagi kalau bukan Bali. Terlebih, usai film Eat Pray Love yang dibintangi oleh Julia Roberts pada 2010 silam yang mengambil latar . memang terus melejit menjadi destinasi turis mancanegara. Setidaknya, hampir 6,3 juta orang per tahun berlibur ke .

Bicara soal Bali, pantai pasti langsung terbesit menjadi objek yang wajib dikunjungi. Terdapat 10 pantai terkenal yang kerap menjadi destinasi utama para pelancong, belum lagi jumlah pantai-pantai tersembunyi lainnya yang tak kalah menakjubkan. Satu pantai yang dekat dengan pusat kota yakni Pantai yang terletak di bagian timur. Untuk menuju pantai, Anda hanya perlu berkendara sekitar 15 menit dari Kota . Letaknya yang strategis menjadikan Pantai Sanur menjadi salah satu pantai terfavorit untuk keluarga. 

Para pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Matahari Terbit Sanur selama 24 jam. Ombaknya yang cukup tenang tentu membuat tubuh tak sabar menikmati deburannya. Bagi Anda yang membawa anak-anak dapat menyewa alat bantu berupa ban maupun pelampung untuk meningkatkan rasa aman selama bermain ombak. 

Selama menikmati indahnya Pantai Sanur, para pengunjung hanya dipungut parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Tak ada salahnya jika mengeksplor keindahan pulau lain dekat Pantai Sanur, seperti Pantai Mertasari, Semawang, Batu Jimbar, Karang, Segara Ayu, hingga Sindhu. Para pengunjung dapat menyewa fast boat untuk menuju ke pulau lain di antaranya Nusa Lembongan dan Nusa Penida. Untuk tiket fast boat dapat diperoleh di loket-loket yang sudah tersedia.

Saat berada di Pantai Sanur, tentu tak cukup berenang saja bukan? Berikut sejumlah kegiatan seru yang dapat dinikmati selama berada di Pantai Matahari Terbit.

Menikmati Suasana Pantai Sambil Olahraga

Tak cukup berenang dan bermain ombak, Anda dapat melakukan aktivitas lainnya seperti menyewa sepeda gayung. Lalu menikmati suasana pantai dengan bersepeda di jalanan pinggir pantai. Nah, bagi yang gemar berolahraga, rasanya melakukan jogging menjadi pilihan yang tepat. Jika ingin lebih mengeluarkan keringat, olahraga beregu seperti voli juga asyik dilakukan di Pantai Sanur loh!

Bersepeda di pantai (sumber: akansanur.com)
Bersepeda di pantai (sumber: akansanur.com)

Bermain Kano

Selain olahraga, masih banyak kegiatan lainnya yang dapat dilakukan untuk menghabiskan waktu di Pantai Sanur seperti bermain kano. Tak perlu bingung menyewa di mana, karena warung di pinggir pantai juga menyediakan persewaan kano dari ukuran kecil untuk 1 orang, sedang untuk 2 orang, sampai ukuran yang paling besar untuk 3 orang. sewanya terbilang terjangkau, yakni Rp50 ribu per 2 jam. 

Snorkeling Sambil Memberi Makan Ikan di Laut

Kegiatan lainnya yang patut dieksekusi saat berada di Pantai Sanur Bali yakni snorkeling. Anda dapat berenang santai atau mengapung untuk melihat ikan-ikan dan terumbu karang dari atas permukaan laut, tentunya dengan peralatan lengkap mulai dari kacamata dan selang khusus snorkeling. Sebelumnya, para pengunjung yang hendak snorkeling perlu menyewa boat untuk menuju tempat yang banyak terdapat ikan dan terumbu karang. Anda diperkenankan memberi makan ikan-ikan dengan biskuit atau roti yang telah disiapkan instruktur.

Menjadi Petualang dengan Sea Walker

Jika ingin melakukan kegiatan yang lebih menantang lagi, rupanya seawalker dapat dijadikan pilihan untuk menikmati sensasi berpetualang di dasar laut. Wisata air satu ini cukup menjadi favorit para pengunjung karena berkesempatan melihat berbagai jenis ikan sambil berjalan di dasar laut. Pasti ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan di Pantai Sanur. 

Untuk meningkatkan keamanan, bagi Anda yang ingin mencoba sea walker harus mengikuti panduan dari para instruktur. Alat bantu yang wajib dikenakan berupa helm kaca untuk mudah bernapas di dalam laut selama 30 menit. Usia minimum yang diperbolehkan untuk melakukan Seawalker adalah 9 tahun, sebab tubuh akan dibawa sampai ke dalam 3-7 meter dari atas permukaan laut. Untuk menikmati semua sensasi ini, Anda harus merogoh kocek cukup besar mulai dari Rp800 ribu per orang.

Pantai Sanur (sumber: pinterest)
Pantai Sanur (sumber: pinterest)

Pacu Adrenalin Lewat Diving

Bagi Anda yang ingin lebih memacu adrenalin, boleh mencoba diving di Pantai Sanur Bali. Olahraga air tersebut memang tergolong ekstrem karena mengarungi dasar laut dengan peralatan yang super lengkap. Tak boleh sembarangan karena untuk mencobanya dibutuhkan skill berenang yang baik. Para pengunjung akan dipandu oleh para instruktur sebelum melakukan diving. Kelengkapan peralatan harus sesuai standar mulai dari pemakaian pakaian khusus diving, tabung oksigen, kacamata diving, dan sepatu katak. 

Di kedalaman 5-7 meter, Anda dapat mengarungi dasar laut. Mata akan dimanjakan dengan view dasar laut khususnya biota laut yang siap menyapa. Faktor alam menjadi penentu diving dapat dilakukan atau tidak. Jika cuaca kurang memungkinkan tentu saja para pengunjung tidak akan diperbolehkan. Perlu diketahui, usia minimum yang diijinkan untuk diving adalah 8 tahun dan maksimum 65 tahun. Untuk 30 menit diving, Anda akan dikenakan charge sebesar Rp500 ribu per orang.

Nah, itu tadi deretan aktivitas yang dapat dicoba saat liburan di Pantai Sanur. Tentu saja, berenang menjadi agenda utama, tetapi tak ada salahnya mencoba kegiatan lain yang lebih menantang untuk sebagai pengalaman pertama dan tak terlupakan selama liburan. Siapa tahu nanti, Anda justru ketagihan.

Lihat Juga:   Info Fasilitas, Wahana, & Harga Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII)




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan