7 Spot Wisata Menarik dan Populer di Kaliurang, Yogyakarta




goa jepang - jogjapetualang.com

Jika Anda sedang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa juga untuk mampir ke kawasan Kaliurang. Pasalnya, daerah yang terletak di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, atau sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta ini memiliki banyak spot wisata menarik, mulai wisata alam hingga wisata sejarah. Berikut beberapa spot wisata menarik dan di Kaliurang, Yogyakarta.

Taman Wisata Plawangan Turgo

Ini merupakan daerah wisata alam yang memiliki hutan tropis yang tertata rapi. Di sini juga terdapat bebatuan hasil letusan Merapi, salah satu berapi paling aktif di Indonesia. Selain itu, juga dapat menyaksikan area atau kawasan yang pernah diterpa awan panas Merapi pada tahun 1994 silam. Terkadang, ditemui juga kawanan monyet liar di kawasan ini.

Wisata Kaliadem

Masih di seputaran Gunung Merapi, terdapat wisata Kaliadem yang terletak sekitar lima kilometer dari Gunung Merapi. Dulunya, Kaliadem merupakan rekreasi bagi para pelancong untuk berkemah, diklat, outbound, hingga pendakian. Sayangnya, setelah erupsi besar Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2006 silam, Kaliadem menjadi timbunan material letusan gunung tersebut.

Air Terjun Tlogomuncar

Lihat Juga:   Mau Gratis ke Dufan Selama Setahun? Ini Caranya!

Air terjun ini masih berada di salah satu lereng Gunung Merapi. Air Terjun Tlogomuncar memiliki ketinggian sekitar 30 meter hingga 45 meter dan mempunyai suhu udara yang sejuk, berkisar 20 hingga 25 derajat Celcius. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda empat atau bus wisata dan hanya berjarak 28 km dari pusat kota.

air terjun tlogomuncar - pewartaekbis.com
air terjun tlogomuncar – pewartaekbis.com

 

Goa Jepang

Selain wisata alam yang indah, Kaliurang juga memiliki sejarah yang menakjubkan, yaitu Goa Jepang. Dulunya, goa ini dijadikan tempat perlindungan para tentara Jepang dari serangan tentara Sekutu pada Perang Dunia II. Keunikan goa ini adalah memiliki 25 pintu di dalamnya yang saling berhubungan. Dibutuhkan waktu 45 menit dengan trekking untuk mencapai goa ini dari Nirmolo Kaliurang.

goa jepang - jogjapetualang.com
goa jepang – jogjapetualang.com

 

Gardu Pandang

Ini merupakan pos pengamatan Gunung Merapi dan harus dicapai dengan perjalanan mendaki selama 50 menit. Namun setiba di puncak, rasa lelah karena mendaki langsung terbayar dengan pemandangan berupa pegunungan yang masih asri serta udara yang segar. Waktu terbaik untuk menyaksikan pemandangan Gunung Merapi dari spot ini adalah ketika sore hari.

Tlogo Putri

Lihat Juga:   Wahana, Fasilitas, dan Harga Tiket Orchid Forest Cikole

Ini merupakan di Kaliurang yang memadukan wisata air dan alam. Tlogo Putri menyediakan beberapa fasilitas bermain, seperti becak air, kano, hingga flying fox. Beberapa waktu, di tempat ini juga kerap disajikan pentas seni seperti campur sari, topeng ireng, dan kubro siswo yang bisa dinikmati secara gratis. masuk Tlogo Putri sebesar Rp2.500 per orang.

Vulkanik Merapi

Tidak lengkap rasanya jika ke Kaliurang tanpa berkunjung ke museum ini. Diresmikan pada tahun 2010, Museum Vulkanik Merapi menyajikan replika sebaran awan panas dari tiga letusan Gunung Merapi pada tahun 1969, 1994, dan 2004. Di ruangan lain, pengunjung akan menemukan tipe letusan gunung api, batuan Gunung Merapi, dan potret gunung tersebut dari masa ke masa. Tiket masuk ke museum ini hanya Rp3.000 per orang.

museum vulkanik merapi - www.initempatwisata.com
museum vulkanik merapi – www.initempatwisata.com

 




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan